Wilayah Indonesia Mana Saja yang Sudah Masuk di Musim Hujan September- Desember

Nampaknya, kemarau yang terjadi di Indonesia tidak dapat diprediksi, sejumlah daerah yang harusnya sudah masuk di musim penghujan atau dikenal dengan September Rain ternyata belum saja terjadi apalagi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan tahun ini akan mundur

Dan beberapa wilayah di Indonesia sudah masuk musim penghujan secara bertahap sepanjang bulan September hingga Desember. Lalu wilayah mana saja yang memang akan memasuki musim penghujan apalagi diprediksikan curah hujan yang turun akan normal meskipun awal musim hujan nampaknya akan mundur.

Dan prediksinya, awal musim hujan di Indonesia akan terjadi pada bulan November karena beberapa faktor yang mempengaruhinya kenapa datangnya awal musim hujan ini mundur, salah satunya adalah berkaitan dengan peralihan monsun Australia menjadi Monsun Asia.

Dan Monsun Australia ini akan tetap aktif sampai November sedangkan untuk Asia akan datang lebih lambat dari perkiraan biasanya.

Dan beberapa wilayah Indonesia yang terkonfirmasi akan memasuki musim penghujan adalah pada wilayah sebagian Aceh Besar, Sebagian Sumatera Utara, Riau, Suamtera Bagian Tengah dan sebagian kecil Kepualauan Riau

Kemudian ada beberapa wilayah yang juga akan masuk di musim hujan adalah Sumatera bagian tengah dan selatan, Kalimantan, Jawa, kemudian secara bertahap akan didominasi pada wilayah indonesia pada tahun depan pada bulan Maret hingga bulan april

Dan berikut data lengkap dari rincian jumlah ZOM yang dipaparkan terkait dengan musim hujan pada bulan september hingga sampai dengan Desember.

1. September: Wilayah yang masuk musim penghujan adalah Sumatera Barat Riau bagian selatan.

2. Oktober: Wilayah yang masuk musim penghujan adalah Jambi Sumatera Selatan bagian utara Jawa Tengah bagian selatan Sebagian wilayah Kalimantan Barat Kalimantan Tengah bagian barat Sebagian besar Kalimantan Timur.

3. November: Wilayah yang masuk musim penghujan adalah Sumatera Selatan Lampung Sebagian besar Banten Jakarta Jawa Barat Sebagian besar Jawa Tengah Sebagian Jawa Timur, Bali Sebagian kecil NTB Sebagian kecil NTT Sulawesi Utara Gorontalo Sebagian Sulawesi Tengah Sebagian besar Sulawesi Selatan Maluku Utara bagian utara Papua Selatan bagian selatan.

4. Desember: Wilayah yang masuk musim penghujan adalah Jawa Timur bagian utara Sebagian wilayah NTB Sebagian NTT Sebagian besar Sulawesi Tenggara Sebagian Maluku.

Kesimpulan

Mungkin kita bertanya-tanya, mengapa sudah bulan september di wilayah jawa belum musim penghujan? dan ternyata di daerah jawa mulai akan memasuki turun hujan pada bulan November. Tunggu dua bulan lagi ya!

Wilayah Indonesia Mana Saja yang Sudah Masuk di Musim Hujan September- Desember | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5