Waktu Makan Yang Tepat, Ideal dan Baik Viral, Tanya pakar?

Bingkaiberita.com – Sebuah unggahan waktu makan ideal, baik dan tepat viral di media sosial twitter. Dalam unggahan yang telah dibagikan tersebut telah mendapatkan tanda suka sebanyak lebih dari seribu pengguna yang dibagikan ke beberapa ratus akun.

Waktu Makan

Unggahan tersebut menyinggung waktu makan yang dibagi menjadi 3 yaitu untuk waktu sarapan, makan siang hingga makan malam. Maksudnya apakah waktu makan ini adalah waktu makan yang baik, tepat dan ideal bagi seseorang melakukan aktivitas mengenyangkan perut. Dan apakah waktu tersebut bisa dijadikan acuan atau refrensi makan.

Dalam sehari seorang makan sebanyak tiga kali, namun ada juga yang dua kali makan hanya sarapan menjelang siang dan makan malam menjelang tidur saja. Bagi yang memang teratur dan terpenuhi hidupnya bisa beberapa kali makan sampai tidak ada aturan makan tiga kali.

Unggahan tersebut menyebutkan bahwa waktu makan pagi hari atau disebut dengan sarapan ini dilakukan 30 menit setelah bangun tidur, atau bisa lebih dengan waktu makan sekitar mulai dari jam 7 pagi sampai jam 9 pagi.

Kemudian untuk makan siang dilakukan selang waktu makan pagi setelah 4 jam selesai sarapan yang kira-kira dilakukan mulai dari jam 12 siang sampai dengan jam 14 atau 2 siang

Sedangkan untuk makan malam dilaksanakan maksimal 2 jam sebelum waktu tidur, Jika anda tidur jam 10 malam maka harus makan jam 20.00 atau diantara jam 18.00 sampai dengan 20.00.

Bagaimana dengan penjelasan dari Pakar?

Sesuai dengan petunjuk dari pakar gizi yang bernama Mochtar Riady dari Klinik Siloam Hospital Jakara bahwa waktu tersebut bisa dijadikan acuan atau refrensi, namun perlu diperhatikan lagi aktivitas yang dijalaninya.

Selain itu secara perinsip makan besar dilakukan sebanyak tiga kali, namun anda bisa mengkonsumsi snack diantara jarak jam makan tersebut bisa dua sampai dengan tiga kali di waktu pertengahan hendak memulai makan. Bila jarak makannya 6 jam makan anda bisa makan snack dan camilannya dipertengahan makan sekitar tiga jam

Sebagai contoh jika anda makan jam 7 pagi, untuk makan siang dilakukan di jam 1 siang maka anda harus menyantap makan snack. Semenatara itu jika anda hendak makan malam jam 7 malam anda bisa memulai makan snack jam 4 sore.

Sementara itu anda bisa makan snack sebelum tidur yang berupa susu, buah ataupun lainnya. Dan pemilihan menu snack ini sesuai dengan kondisi tubuh anda. Misal jika anda berada ditempat yang dingin anda bisa mengkonsumsi susu hangat untuk snacking dan untuk yang memiliki masalah kesehatan disarankan mengkonsumsi buah.

Penyesuaian Waktu Makan

Sesuai dengan yang dianjurkan bahwa sarapan itu memang penting namun hal itu disesuaikan dengan kondisi tubuh dan penyesuaian kebutuhan karena ada seseorang yang melewatkan sarapan dan langsung makan di siang hari. Sebenarnya waktu makan tersebut bukan rekomendasi karena memang itu terserah dari pengaturan diri saja. Ada yang memang seseorang yang menyantap sarapan sekaligus diakhiri dengan menyantap sncak sehingga tidak ada jarak makan snack

Pentingnya Mengatur Makan

Dalam hal ini kita sebagai orang yang ingin sehat penting rasanya untuk mengatur waktu makan khususnya untuk makan siang akan kondisi tubuh agar lebih baik Karena memang waktu makan ini berkoeralasi atau berhubungan dengan ritme sirkadian yaitu siklus mengatur pola tidur yang mana seseorang dalam 24 jam dan para peneliti meyakini bahwa ada hubungan yang signifikan terhadap risistensi insulis status berat badan dan faktanya orang yang tergangu ritme sirkadian akan meningkatkan resiko pada metabolisme tubuh.

Waktu Makan Yang Tepat, Ideal dan Baik Viral, Tanya pakar? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5