Tata Cara Layanan Login Portal Layanan Program GTK Kemdikbud SIMPKB

Bingkaiberita.com – Berkenaan dengan informasi terbaru, bahwasanya Portal Layanan Program GTK Kemdikbud SIMPKB menjadi layanan pintas program pengembangan guru dan tenaga kependidikan dengan menggunakan single sign on (SSO) atau satu akun simpkb dapat digunakan berbagai layanan di portal gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Layanan Login Portal Layanan Program GTK Kemdikbud SIMPKB

Adapun layanan portal program GTK di GTK Belajar Kemdikbud menginduk ke akun SIMPKB yang menjadi aplikasi inti dalam pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. Nah, Single Sign ON atau satu akun simpkb anda bisa digunakan untuk beberapa platform diantaranya adalah seperti berikut+

1. SIMPKB

sistem informasi manajemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan ini sebagai salah satu aplikasi sistem inti, dari berbagai layanan informasi untuk pengembangan guru kedepannya. Dengan login simpkb anda bisa akses ke semua portal layanan kemdikbud

2. Guru Belajar

Program ini digunakan untuk para guru dan tenaga kependidikan dalam membantu penerapan pembelajaran jarak jauh sebagai salah satu e leraning yang berisi tentang pembelajaran di Masa Pandemi Covid, Pendidikan Ketrampilan Hidup, Pendidikan Inklusif dan Asesmen Kompetensi Minimum.

PORTAL ; https://gurubelajar.kemdikbud.go.id/

3. PPG Prajabatan Dan Dalam Jabatan

Layanan aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi penunjang dalam kegiatan pendidikan profesi guru yang mana akan dilaksanakan setiap tahunnya.

Dengan adanya program Pendidikan profesi guru guru, instruktur dan pamong ini agar mendapatkan guru yang berkualitas yang dilaksanakan sesuai dengan prinsip objektif, adil dan transparan.

PORTAL ; https://ppg.kemdikbud.go.id/

4. Guru berbagi

Sebuah aplikasi platform yang digunakan untuk berbagai materi, media, keilmuan yang berkolaborasi antara pemerintah, pengegrak dan komunitas ,elalui berbagai praktik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran RPP yang bisa diakses dimana saja.

portal; https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/

5. Guru Penggerak

Sistem aplikasi untuk pendampingan calon guru penggerak yang akan menciptakan pembelajar yang berfokus pada sisiwa dalam menggerakan sistem pendidikan di Indonesia yang lebih baik.

Portal; https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

6. Sekolah Penggerak

Program Sekolah penggerak merupakan salah satu sistem program kemdikbud yang bertujuan untuk mewujudkan Indonesia yang memiliki fokus pada pengembangan pembelajaran holistik yang mencakup kompetensi pada literasi, numerasi dan karakter yang unggul, sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang daulat mandiri dan tercipta pelajar pancasila.

RADMORE; https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/

7. Organisasi Penggerak

Program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam melibatkan peran organisasi yang berkelanjutan dengan ,emhkolaboarasikan kepada komunitas penggerak untuk aktif dalam organisasi penggerak sehingga mendapatkan peningkatan pada kualitas guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan dan hasil belajar siswa.

PORTAL https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/organisasipenggerak/

8. Diklat GPK- guru Pembimbing Khusus

Guru pembimbing khusus ini memiliki tujuan untuk memajukan pendidikan inklusif yang ada di Indonesia karena memang banyak guru pembimbing khusus yang tidak berkualifikasi akademik pendidikan khusus.

portal+ https://gpk.gtk.kemdikbud.go.id/

9. UpSkilling dan Reskilling Guru Kejuruan (Vokasi)

Untuk guru yang mengajar di Sekolah Menengah kejuruan mereka akan mendapatkan upgrade keilmuan dan bantuan pemerintah dalam bidang kemitraan dan penyelarasan dudi dengan masuk

Portal https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/gtk

10. Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Dalam meningkatkan mutu kepala sekolah maka, kemdikbud memberikan pendidikan dan latihan kompetensi kepemimpinan dalam peningkatan kualitas dan mutu melalui diklat penguatan kepala sekolah.

Portal; https://sim.tendik.kemdikbud.go.id/penguatanks/

11. Diklat Calon Pengawas

Untuk calon pengawas anda bisa masuk ke portal diklat untuk calon kepsek atau pengawas sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan yang dimiliki oleh calon pengawas.

portal https://sim.tendik.kemdikbud.go.id/penguatanks/

12. Diklat Calon Kepala Sekolah

Program Peningkatan Kompetensi kepemimpinan bagi calon kepala sekolah dalam meningkatan mutu pendidikan.

portal https://sim.tendik.kemdikbud.go.id/penguatanks/

13. Studi lanjut Guru – bantuan pemerintah

Untuk meningkatkan kualifikasi guru yang belum sampai pendidikan Starta Satu, para pendidik yang lulus dari Sekolah Menengah Atas akan diberikan kesempatan untuk diberi bantuan Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi untuk Diploma empat atau strata Satu

portal+ https://p3gtk.kemdikbud.go.id/laman/peningkatan-kualifikasi-guru

Tata Cara Layanan Login Portal Layanan Program GTK Kemdikbud SIMPKB

Pencarian Nomor UKG

Untuk dapat login ke simpkb anda harus memiliki Nomor UKG. Bagi yang kelupaan tidak menyimpan nomer UKG maka mereka harus mencari informasi nomer UKG, sebelum itu anda pastikan sudah menghubungi operator dapodik siapa tau ia menyimpannya atau paling tidak anda sudah terdaftar di dapodik sekolah secara aktif dengan melakukan pencarian sendiri dengan tutorial berikut

1. Silahkan anda menuju ke portal resmi layanan program GTK kemdikbud yang beralamat di gtk.belajar.kemdikbud.go.id kemudian anda lakukan Pencarian data GTK pada menu

Pencarian Data GTK SIMPKB

2. Silahkan anda masukkan nama GTK yang dicari, alamat provinsi anda, dan kota anda saat ini kemudian anda cari GTK pasti akan ketemu.

pencarian GTK simpkb

3. Nah, anda akan ketemu beberapa nama yang sesuai dengan nama anda di dapodik sekaligus nomer UKG yang diminta, nomer tersebut yang digunakan untuk menjadi username anda.

Cari Nomer UKG SIMPKB

 

Registrasi Akun SIMPKB

Nah, selanjutnya anda yang sudah menemukan akun gtk untuk mengikuti program bantuan pendidikan S1 dengan menggunakan Akun PKB, jika anda ingin masuk ke program layanan diatas anda bisa sedikit melakukan langkah-langkah berikut+

1. Silahkan anda akses portal gtk.belajar.kemdikbud.go.id dan silahkan anda klik registrasi akun GTK

registrasi akun simpkb

2. Selanjutnya setelah anda melakukan proses pendaftaran jangan lupa untuk melengkapi nomer peserta UKG dan tanggal lahir anda dan pastikan anda conteng anda bukan robot kemudian tekan menu register yang warna biru.

registrasi GTK SIMPKB

3. Silahkan anda konfirmasi akun untuk setuju dan cetak atau save dokument

Save password simpkb

4. Maka anda akan langsung mendapatkan penyimpanan dokument tadi dalam bentuk lembaran jika anda sudah menyimpan username dan password yang nantinya dapat anda gunakan untuk login.

Username Password SIMPKB

CARA LOGIN SIMPKB

Simpkb merupakan salah satu layana yang digunakan untuk melakukan manajemen pengembangan keprofesian guru dan tenaga kependidikan. Yang digunakan untuk berbagai layanan portal informasi diatas. Nah, siapkan username dan password yang telah anda daftar dan login simpkb

1. Silahkan anda akses ke portal resmi yang beralamat di gtk.belajar.kemdikbud.go.id

Portal Layanan Program GTK Kemdikbud

2. Silahkan anda pilih menu paling atas yang bertuliskan simpkb dan masuk ke laman portal karena disamping laman diatas terdapat beberapa layanan simpk lainnya seperti porgram PPG dalam Jabatan, Guru penggerak, guru berbagi dan lainnya , Jangan lupa gunakan username yang telah anda simpan dengan  menggunakan NOMER UKG + guruku.id

login simpkb

3. Jika username dan password sudah sesuai maka anda akan diarahkan ke menu dashboard pada laman simpkb, di kategori paling atas ada beberapa pengumuman yang dapat anda ikuti sekarang seperti pengumuamn informasi menjadi guru penggerak ataupun pengumuman lainnya seperti pendaftaran PPG dalam jabatan.

dashboard simpkb

4. Selanjutnya anda bisa melihat beberapa menu hak akses yang bisa anda lihat seperti pengajuan PPK, guru berbagi, guru pengegrak dan lainnya.

Akses Layanan SIMPKB

Selamat untuk mencoba Layanan Login Portal Layanan Program GTK Kemdikbud

Tata Cara Layanan Login Portal Layanan Program GTK Kemdikbud SIMPKB | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5