Syarat dan Cara Pendaftaran Mandiri ITB

Advertisement

Bingkaiberita.com – Ujian Seleksi Jalur Mandiri untuk Perguruan Tinggi Institut Teknologi Bandung akan dijadwalkan pada 10 juni 2021, masih ada beberapa bulan dari sekarang. Penerimaan jalur mandiri di ITB merupakan salah satu program masuk untuk calon mahasiswa kesarjanaan yang berlangsung tanpa subsidi biaya.

Jika anda tidak lolos pada jalur UTBK SBMPTN, dapat mengikuti seleksi jalur mandiri pendaftaran ITB dengan melengkapi beberapa persyaratan dan membaca bagaimana cara pendaftaran mandiri ITB.

Syarat Pendaftaran Mandiri ITB

1. Pendaftaran Masuk ITB jalur Mandiri diperuntukkan bagi lulusan SM/MA serta paket C dengan jurusan IPA maupun IPS dan untuk SMA sederajad harus memiliki nilai raport lengkap dari semester awal sampai akhir.
2. Pendaftar memiliki nilai UTBK SBMPTN
3. Pendaftar mengunggah nilai rapor pada semester awal sampai akhir.
4. Pendaftar memiliki nomor induk siswa nasional (NISN)
5. Pendaftar tidak buta warna, baik buta warna total maupun parsial
6. Pendaftar tidak diterima calon mahasiswa ITB jalur SBMPTN dan lainnya.

Cara Pendaftaran Mandiri ITB.

1. Pendaftaran Mandiri ITB dilaksanakan secara online di laman admission.itb.ac.id/home
2. Setelah itu harus melengkapi data diri dengan menggunakan nama lengkap (sesuai akta kelahiran), tanggal lahir sesuai dengan akta kelahiran, NISN, NPSN, serta alamat email aktif
3. Pendaftar harus mengisikan NISN, NPSN Sekolah, Nomor Peserta UTBK SBMPTN yang harus sesuai dengan penulisan yang ada di akun LTMPT
4. Setelah mengisi formulir pendaftaran secara online, maka ITB akan mengirimkan nomor peserta dan passwordnya ke email yang anda daftarkan.
5. Masing-masing peserta hanya diperbolehkan memiliki 1 account saja.
4. Apa saja formulir dan data yang harus diunggah?
– Formulir data pribadi, data asal sekolah sesuai dengan yang sebenarnya
– Mengisi nilai rapor dengan mengunggah hasil SCAN Raport dari semester awal sampai dengan akhir yang dinggah dalam 1 file pdf dengan ukuran maksimal 5 MB.
– Mengisikan nomor peserta seperti yang telah diberikan kemudian ITB akan meminta NIlai UTBK SBMPT secara langsung dengan memastikan NISN, NPSN, nomor peserta UTBK SBMPTN.
-Mengunggah kartu peserta UTBK SBMPTN dan memilih fakultas ataupun program studi yang dituju ITB dan calon pendaftar memilih maksimum 2 pilihan program stufi.
– Mengunggah hasil SCAN Akta kelahiran dalam format pdf.
-Mengunggah foto yang terbaru bukan selfie, foto sosial media dalam format jpg
– Mengunggah hasil SCAN Bukti surat keterangan lulus semestara yang ada tanda tangan kepala sekolah
– Mengunggah surat keterangan bebas buta warna:
– Melakukan pelunasan biaya seleksi ke nomor rekening virtual yang tercanyum pada laman pendaftaran masing-masing calon peserta
– Melakukan finasliasi pendaftar dengan melakukan pencetakan kartu peserta seleksi Mandiri ITB bagi yang sudah dinyatakan selesi melakukan tahap seleksi mandiri.
– Jika peserta tidak mengunggah dokument dan tidak melakukan penyelesaian finalisasi maka tidak dapat melaukan cetak kartu peserta dan tidak dapat mengikuti proses seleksi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda yang sedang akan mencari kampus pilihan seperti pendaftaran mandiri ITB sebagaimana yang telah diuraikan diatas.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Syarat dan Cara Pendaftaran Mandiri ITB | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5