Simak Cara Pendaftaran Tamtama Polri TA 2021-2022

Advertisement

Bingkaiberita.com – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pada tahun ini akan menambah kekuatan personel Polri melalui penerimaan Tamtama Polri. Akan diterima sejumlah 700 tamtama yang terdiri dari 500 tamtama brimob dan 200 tamtama polair.

Pendaftaran Tamtama Polri dan seleksi akan dilaksanakan oleh seluruh polres/polda di seluruh wilayah Indonesia. Pendaftaran dibuka dari tanggal 19 Maret 2021 hingga 1 April 2021. Sementara untuk proses pendidikan Tamtama Polri akan dilaksanakan selama 5 bulan, antara 2 Agustus 2021 hingga 29 Desember 2021.

Pendaftaran Tamtama Polri 2021

Pendaftaran Tamtama Polri dapat dilakukan secara online. Berikut langkah- langkah pendaftaran online Tamtama Polri:

  1. Buka browser Anda, kemudian masuk ke laman penerimaan.polri.go.id
  2. Jika sudah masuk pada halaman utama website, cari bagian pendaftaran Tamtama, kemudian klik “selengkapnya”. Kemudian pilih salah satu yang akan didaftar, Tamtama Brimob atau Tamtama Polair, klik “Daftar”. (Jika dalam pendaftaran online Anda menghadapi kendala atau kesulitan, Anda dapat meminta tolong panitia daerah untuk membantu proses pendaftaran).
  3. Selanjutnya akan muncul formulir registrasi. Isilah formulir tersebut dengan lengkap sesuai dengan formatnya. Formulir tersebut berkaitan dengan identitas pendaftar.
  4. Cek kembali data pada formulir pendaftaran untuk memastikan data yang Anda masukkan benar. Kemudian klik “Simpan”.
  5. Selanjutnya Anda akan mendapatkan nomor registrasi online, username, dan password. Ketiganya dapat digunakan untuk membuka dashboard pendaftar. Dalam halaman tersebut, Anda dapat mengupload berkas pendaftaran dan dapat mengakses perkembangan tahap seleksi dan nilai setiap tahapan seleksi.
  6. Cetak formulir registrasi online yang telah diisi untuk digunakan dalam verifikasi ke polres/polda.
  7. Lakukan verifikasi ke polres/polda dalam waktu maksimal 4 hari sejak pendaftaran online dilakukan. Sistem data pendaftar akan otomatis terhapus pada pukul 24.00 hari keempat setelah pendaftaran dilakukan. Apabila terjadi hal demikian, Anda dapat mengulang kembali pendaftaran secara online dan segera melakukan verifikasi selama masa pendaftaran belum ditutup.

Berkas Verifikasi Tamtama Polri 2021

Berkas administrasi untuk keperluan verifikasi pendaftaran Tamtama Polri sebagai berikut:

  1. Kartu identitas berupa KTP asli dan fotokopi rangkap 2.
  2. Kartu Keluarga (KK) asli dan fotokopi rangkap 2. Fotokopi KK yang belum ada barcodenya harus dilegalisasi di Disdukcapil setempat.
  3. Akta kelahiran asli dan fotokopi rangkap 2. Fotokopi akta kelahiran yang belum ada barcodenya harus dilegalisasi di Disdukcapil setempat.
  4. Ijazah SD, SMP, dan SMA/ sederajat dan transkrip nilai dari sekolah/ perguruan tinggi asli dan fotokopi rangkap 2. Fotokopi ijazah yang tidak ada barcodenya harus dilegalisasi sekolah. Fotokopi transkrip nilai juga harus dilegalisasi instansi penerbit.
  5. SKCK asli dan fotokopi rangkap 2 yang telah dilegalisasi polres setempat.
  6. Pas foto berwarna dengan latar belakang merah berukuran 4 x 6 sebanyak 10 lembar.
  7. Surat yang menunjukkan persetujuan orang tua/wali dengan format yang diunduh di penerimaan.polri.go.id yang telah diisi dan ditandatangani orang tua/wali dan difotokopi rangkap 2.
  8. Surat permohonan menjadi anggota Polri dengan format sesuai dengan yang diunduh di penerimaan.polri.go.id dan ditulis tangan kemudian difotokopi rangkap 2.
  9. Surat pernyataan belum menikah secara hukum/ agama/ adat sesuai dengan format yang diunduh pada penerimaan.polri.go.id dan difotokopi rangkap 2.
  10. Daftar riwayat hidup berupa formulir pendaftaran online yang dicetak dan difotokopi rangkap 2.
  11. Surat perjanjian ikatan dinas pertama anggota polri sesuai dengan format yang diunduh pada penerimaan.polri.go.id dan difotokopi rangkap 2.
  12. Surat yang menyatakan bekas dari ikatan instansi lain sesuai dengan format yang diunduh pada penerimaan.polri.go.id dan difotokopi rangkap 2.
  13. Surat pernyataan yang diisi oleh orang tua/wali yang menyatakan bahwa keterangan dan dokumen yang diberikan adalah asli dan benar sesuai dengan format yang diunduh pada penerimaan.polri.go.id dan difotokopi rangkap 2.
  14. Surat pernyataan yang berisi tentang ketidak ikut sertaan dan tidak mendukung dalam organisasi atau paham yang tidak sesuai atau bertentangan dengan Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika difotokopi rangkap 2.
  15. Surat pernyataan yang berisi tentang pernyataan tidak berbuat sesuatu yang melanggar norma hukum, sosial, dan kesusilaan difotokopi rangkap 2.

Verifikasi Pendaftaran Tamtama Polri 2021 di Polres/Polda

  1. Verifikasi pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui dashboard pendaftar atau secara offline dengan datang ke polres/ polda setempat.
  2. Verifikasi online dilakukan dengan mengunggah berkas dokumen melalui dashboard pendaftar kemudian menunggu verifikasi oleh panitia. Peserta yang melakukan verifikasi online juga harus menyerahkan berkas verifikasi Tamtama Polri ke polres/ polda setempat.
  3. Jika verifikasi panitia secara online dirasa cukup lama prosesnya, Anda dapat datang langsung ke polres/ polda untuk melakukan verifikasi secara offline.
  4. Jadwal verifikasi offline di polres/ polda dibuka pada pukul 07.00 – 16.00 waktu setempat.
  5. Untuk melakukan verifikasi offline Anda dapat mendatangi polres/polda dengan membawa formulir pendaftaran online yang telah dicetak dan berkas administrasi yang ditetapkan.
  6. Mengukur tinggi badan dan berat badan untuk disesuaikan dengan persyaratan Tamtama Polri.
  7. Jika seluruh proses verifikasi telah selesai, Anda akan mendapatkan nomor ujian untuk mengikuti seleksi.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Simak Cara Pendaftaran Tamtama Polri TA 2021-2022 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5