Pendaftaran Sensus Penduduk di bps.go.id/sp2020/

Advertisement

Bingkaiberita.com – Sensus Penduduk dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali yang dilakukan oleh Biro Pusat Statistik (BPS). Pada pendaftaran Sensus penduduk kali ini dilaksanakan secara online di website resmi yang ada di bps.go.id/sp2020, sehingga sangat memudahkan masyarakat yang memiliki mobilitas yang tinggi karena mereka dapat sewaktu-waktu mengisi formulir sensus penduduk secara online, kapanpun dan dimanapun mereka tinggal.

Sensus penduduk merupakan salah satu hal yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data kependudukan yang tercatat dalam suatu wilayah yang dihitung secara menyeluruh. Sehingga tidak ada satupun yang tidak terdaftar sebagai seorang warga negara Indonesia. Menurut data statistik bahwa hasil sensus penduduk pada bulan Agustus 2010 jumlah penduduk di seluruh wilayah Indonesia sebanyak 237.556.363 yang mana jumlah perempuan dan laki-laki hampir sebanding yaitu untuk wanita sebanyak 118.048.783 dan unuk pria sebanyak 119.507.580

Pendaftaran Sensus Penduduk

image from: https://sensus.bps.go.id/login

Pendaftaran Sensus Penduduk 2020

Pendaftaran sensus penduduk akan dilaksanakan dalam dua tahap, pertama adalah sesnsu penduduk dilakukan secara online yang dimulai pada tanggal 15 februari 2020 dan berakhir pada tanggal 31 Maret 2020. Dan untuk yang kedua adalah pencatatan kependudukan atau Sensus penduduk dilakukan secara serentak dengan mendatangi ke rumah-rumah atau dengan cara manual yang terjadwal pada tanggal 1 sampai dengan 31 juli 2020. Sehingga BPS sebagai salah satu instansi yang bertanggung jawab harus mencari petugas sensus penduduk.

Sensus penduduk secara online merupakan salah satu langkah besar yang diambil oleh BPS karena memang memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah memberi kesempatan masyarakat yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi untuk berpartisipasi dengan mudah denga mengisi formulir secara online. Tujuan Kedua diadakan sensus penduduk secara online ini supaya masyarakat memiliki tanggung jawab dan kesadaran untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk secara online.

Tujuan Sensus Penduduk 2020

Sensus Penduduk Online

Tujuan Sensus Penduduk pada tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dan hakikat dari Tujuan kegiatan sensus penduduk ini untuk mengetahui jumlah penduduk di seluruh wilayah Indonesia, namun dengan perkembangan teknologi dan informasi bahwa masyarakat yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi dapat mudah mengisi sensus penduduk secara online sehingga berperan aktif dan berpartisipasi dalam suksesnya kegiatan sensus penduduk. Selain itu tujuan yang kedua agar tumbuh dalam setiap masyarakat kesadaran dan tanggung jawab dalam partisipasinya dalam pengikutsertaan kegiatan sensus penduduk.

Link Pendaftaran Sensus Penduduk 2020

Sensus penduduk yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali dilakukan secara online pada portal resmi BPS (biro Pusat Statistik) sehingga memudahkan BPS dalam mengumpulkan data sehingga jumlahnya sesuai dengan data yang diperoleh dari kegiatan sensus yang dilakukan secara manual.

Ada dua hal dalam pendaftaran online sensus penduduk yang perlu anda ketahui, yang masing-masing akan dibahas seperti dibawah ini

Pertama, link https://sensus.bps.go.id/cek
untuk mengetahui apakah Nomer Induk Kependudukan (NIK) Pada Kartu tanda Penduduk dan Nomer Kartu Keluarga NIK sudah tercatat pada sistem pedaftaran online di link tersebut.
Kedua, link https://sensus.bps.go.id/ Untuk pengisian formulir secara online dapat menggunakan link tersebut sehingga anda, keluarga, teman kerja, tetangga, lingkungan komunitas tercata dalam sistem kepundudukan secara akurat.

Formulir Pendaftaran Sensus Penduduk 2020

Formulir pendaftaran sensus penduduk dapat diisi melalui pendaftaran online yang ada di https://sensus.bps.go.id pada tahap awal pendaftaran, namun untuk langkah sensus penduduk dengan wawancara atau cara manual akan dilaksanakan pada Bulan Juli. Nah, karena BPS masih kurang petugas untuk menghitung jumlah statistik penduduk di seluruh wilayah Indonesia, maka BPS akan membuka lowongan petugas sensus penduduk dalam jumlah yang besar.

Macam-Macam Sensus Penduduk

Sensus penduduk ini terdiri dari dua macam yaitu sensus penduduk secara de jure dan de facto, apa itu semua? yuk kita simak penjelasannya dibawah ini:

1. Sensus De facto atau sensus penduduk yang dilakukan oleh petugas secara proses pencacahan atau setiap orang yang ditemui maka mereka akan disensus
2. Sensus De Jure atau sensus penduduka yang dilaksanakan dalam suatu wilayah kependudukan berdasarkan Kartu tanda penduduk.

Cara Mengisi Sensus Penduduk Secara Online

Untuk melakukan pendataan atau pengisian sensus penduduk secara online dapat diakses langsung ke website sensus.bps.go.id dalam waktu pengisian hanya 5 menit saja yang anda butuhkan untuk pengisiannya adalah Kartu Keluarga, KTP, Buku nikah, Surat cerai, surat kematian dan surat kalau ada anggota keluarga tambahan.

Semua informasi akan terjaga kerahasiaanya dalam keikutsertaan pada sensus penduduk tahun 2020 online, Anda telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan sensus penduduk dan semua kerahasiaan telah dijamin dalam UU nomer 16 tahun 1997 tentang statistik

Pendaftaran Petugas sensus penduduk 2020

Karena kebutuhan dalam menyelenggarakan sensus penduduk, BPS akan merekrut tenaga lepas hingga ratusan ribu di seluruh Indonesia. Petugas sensus akan mendatangi rumah ke rumah penduduk pada bulan Juli nanti untuk melakukan wawancara dan Pendaftaran petugas sensus penduduk masih akan dilaksanakan pada awal bulan april nanti secara serentak seluruh Indonesia.

lowongan petugas sensus penduduk 2020

Lowongan petugas sesus penduduk ini bertujuan untuk menyukseskan kegiatan sensus penduduk di setiap daerah di kota masing-masing. Dengan proses rekrutment yang dilaksanakan secara transparan. Dan rencananya akan dibuka pada bulan april dengan jumlah 390 ribu petugas lepas di Biro Pusat Statistik seluruh Indonesia untuk menyiapkan petugas yang kredibel.

Syarat Petugas Sensus Penduduk 2020

Untuk menjadi tenaga lepas pada sensus penduduk 2020, mereka harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal yaitu SMA yang berdomisili sesuai dengan pelaksanaan pendaftaran sensus atau tempat sensus dilaksanan. Mereka yang lolos akan menerima trainning secara singkat terkait dengan pengetahuan dasar atau pedagogik pada data kependudukan dan pengisian kuisioner.

Nah, bagaimana dengan yang telah melakukan sensus penduduk secara online, bagi yang sudah mengikuti sensus penduduk online mereka juga akan didatangi petugas untuk dilakukan wawancara dengan menggunakan kuisioner yang berbentuk kertas atau menggunakan tablet.

Sumber: bps.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Pendaftaran Sensus Penduduk di bps.go.id/sp2020/ | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5