Pendaftaran Penerimaan Masuk Mahasiswa Baru Universitas Gajah Mada (PMB UGM) Ta 2023-2024

Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM–  Penerimaan Mahasiswa baru di universitas-universitas besar biasanya menggunakan media online sebagai alat untuk pendaftarannya, apalagi sekarang ugm sudah membuat website untuk Ujian Masuk Atau UM Ugmnya secara resmi. Hal ini akan mempermudah setiap lulusan SMA kelas 3 untuk melanjutkan di perguruan tinggi yang sudah diinginkan sejak dahulu baik Universitas Indonesia maupun Universitas Gajah Mada.

Universitas Gajah Mada adalah salah satu universitas tertua yang ada di Yogyakarta dan menjadi universitas terbaik versi webometric dan 4 aicu se Indonesia, Lulusan dari Universitas Gajah Mada banyak diterima dibeberapa perusahaan besar dan beberapa universitas besar di luar negri bagi yang melanjutkan program pascasarjana.  Universitas Gajah Mada menjadi ujung tombak bagi universitas lainnya.

Fasilitas lengkap dan memadai menjadi faktor pendukung dan menjadi daya tarik mahasiswa yang akan masuk mengikuti program kuliah diploma tiga, sarjana dan program pascasarjana. lebih dari itu mahasiswa lulusan dari universita ternama ini juga dibekali beberapa ketrampilan yang di dapat dari Unit Ketrampilan Mahasiswa atau disingkat dengan UKM.

Bagi yang akan akan mengikuti test ataupun pendaftaran ini silahkan anda mempersiapkan beberapa test potensi akedemiknya dan beberap test yang mengacu pada keilmuan anda atau disebut dengan tes keilmuan bidang, jika dasar keilmuan anda dari Ilmu Pengetahuan Alam, maka yang akan diujikan adalah sekitaran Matematika, Biologi, Geografi dan beberapa ilmu yang menjurus ke Ilmu Alam.

Dalam website Pendaftaran Mahasiswa Baru  2020 di website UGM atau universitas Gajah Mada memberikan informasi pendaftaran mulai dari Info Masuk SNMPTN  untuk jenjang S1, Untuk Pascasarjana S2 dan S3 dan Sekolah Vokasi Diploma atau disebut dengan Diploma 3. Secara garis beras Universitas  Gajah Mada (UGM) telah memberikan informasinya secara detail diwebsite resminya  dari UGM.

http://um.ugm.ac.id/snmptnugm2012/index.php?pModule=info_um&pSub=info_um&pAct=view anda dapat melihat Display website tersebut seperti dibawah ini:

Pendaftaran Mahasiswa Baru UGM

Anda harus mengetahui beberapa informasinya seperti diatas, sebelum anda mendaftar ujian masuk universitas  ke website resminya, ketika informasi yang sudah diterima sudah lengkap, anda tidak perlu kawatir tentang beberapa dokument yang harus dipersiapkan. Apabila anda memiliki prestasi tinggi dan nilai yang bagus disekolah, ada program pendidikan dari dikti untuk mempermudah anda menjadi mahasiswa yang rencannya akan dibiayai selama anda kuliah dari semester pertama sampai dengan semester terakhir,  silahkan anda simak informasinya  di Bidik Misi dan anda juga dapat melihat info penting lainnya yang berkaitan dengan pendaftaran masuk universitas yang biasa diadakan pada bulan-bulan januari dan februari melalui SNMPTN .

Ujian Masuk Universitas Gajah Mada harus diperispakan seak dini, sebelum anda mendaftarkan akan lebih baik anda belajar dengan sungguh-sungguh, Baik dari materi yang akan diujikan atau beberapa materi lainnya yang dirasa telah anda perhatikan sebelumnya, Dalam website Ujian Masuk ugm, ada sebuah informasi untuk Pascasarjana untuk Hasil seleksi Ujian Masuk  Pasca sarjana bisa anda lihat diwebsite secara langsung di http://um.ugm.ac.id/2014/idx.php  seperti display dibawah ini:

Ujian Masuk UGM

Jadwal Utul UGM 2019

Ujian Tulis Masuk UGM yang diselenggarakan oleh UGM dapat memilih tiga kelompok ujian yaitu pada kelompok Ujian Saintek, Soshum dan Campuran yang ditujukan kepada calon Mahasiswa sesuai dengan jurusan yang dipilihnya dan Anda bisa melakukan pendaftaran secara online dengan melihat jadwalnya sebagai berikut ini:

 

KegiatanTanggal
1. Pendaftaran Online Utul UGM 11 juni s/d 1 juli 2019
2. Pembayaran Sesuai dengan Jadwal sesuai jadwal kode registrasi
3. Cetak Kartu Test 5 juli 2019
4.  Test Tertulis14 Juli 2019
5. Pengumuman Utul UGM 23 Juli

 

Materi tes tertulis:

1. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Soshum terdiri atas: Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi;
2. Tes Potensi Akademik (TPA);
3. Tes Kemampuan Dasar (TKD) Saintek terdiri atas: Matematika IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia;
4. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris.

Persyaratan PMB UM (Ujian Masuk) UGM

– Pendaftar adalah warga Negara Indonesia yang lulus dari SMA sederajad.
– Pendaftar memiliki sertifikat hasil UTBK dan Memiliki Ijazah bagi lulusan SMA
– Pendaftar Memiliki jasmanai dan rohani yang bagus.

Cara Mendaftar um UGM

  • Pendaftaran PMB UGM mengunakan cara daftar online di website portal resmi kampus https://um.ugm.ac.id/admisi/index.php/akun/auth/login/
  • Lengkapi data diri mulai dari Email aktif, nama lengkap, alamat lengkap, nama ibu kandung, tempat tanggal lahri dan lainnya.
  • Setelah itu anda persiapkan seluruh dokument yang hendak diupload
  • seperti Ijazah SMA, SKHUN maupun Surat keterangan Lulus
  • Sertifikat dari hasil UTBK yang telah di scan
  • KTP dan Kartu Keluarga yang telah di Scan
  • Masing-Masing berukuran maksimal 800 KB dan dokument harus dapat dibaca secara jelas.

Biaya Awal Masuk Kuliah UGM

Bagi yang hendak mendaftar di UGM harus mengetahui Biaya Kuliah UGM Pembayaran di UGM ini menggunakan sistem pembayaran UKT atau Uang Kuliah Tunggal sesuai dengan penghasilan dari Orang Tua Bekerja dengan UKT sewsuai dari beberapa Golongan:

KelompokKriteria penghasilan
(penghasilan kotor+penghasilan tambahan)
UKT 0Peserta Bidikmisi
UKT 1Penghasilan ≤ 500.000
UKT 2500.000 < Penghasilan ≤ 2.000.000
UKT 32.000.000 < Penghasilan ≤ 3.500.000
UKT 43.500.000 < Penghasilan ≤ 5.000.000
UKT 55.000.000 < Penghasilan ≤ 10.000.000
UKT 610.000.000 < Penghasilan ≤ 20.000.000
UKT 720.000.000 < Penghasilan ≤ 30.000.000
UKT 8Penghasilan > 30.000.000

Dan selengkapnya anda bisa lihat Biaya Kuliah UGM

Semua pendaftaran yang berlangusung di UGM secara resmi dibuka untuk 3 jalur masuk yaitu melalui SNMPT, SBMPTN dan Ujian masuk UGM dan segala tindak penipuan dan kriminal dalam pendaftaran, UGM tidak bertanggung jawab. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang mendaftar di Universitas Gajah Mada di Yogyakarta , Kalau dana anda tidak cukup silahkan untuk mengikuti Program Bidik Misi dari dikti

Pendaftaran Penerimaan Masuk Mahasiswa Baru Universitas Gajah Mada (PMB UGM) Ta 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5