Mengenal Apa Itu Skimming, Cara Kerja dan Bahayanya Bagi Nasabah

Bingkaiberita.com – Skimming merupakan salah satu tindak kejahatan didunia maya yang menjadi momok bagi para nasabah bank di seluruh Indonesia karena memang mereka bertindak sesuai dengan pencurian data dengan menyalin data strip pada kartu ATM.

Apa Itu Skimming?

Skimming adalah suatu metode dalam pencurian data dengan menggunakan alat khusus yang cara kerjanya menyalin data atau menduplikasi kartu ATM ataupun kartu kredit para nasabah bank di seluruh dunia

Arti Skimming dalam bahasa inggris merupakan pembacaan sepintas dengan alat skimmer yang umumnya dilengkapi dengan spy camera yang gunannya untuk merekam tangan korban saat memasukkan kode pin.

Modus penyalinan data dengan menggunakan alat khusus yang bernama skimmer ini sering terjadi di Mesin EDC atau mesin pembayaran gesek, dan mesin ATM. Pelaku mencari tempat yang benar-benar sepi dengan memodifikasi perangkat tersebut dan biasanya modus ini biasanya mengincar para pengguna ATM dan kerugian yang didapatkan adalah kehilangan saldo secara tiba-tiba yang terjadi pada bank anda dengan riwayat jejak transaksi yang minim.

Cara Kerja Skimmer ATM

Nah, bagaimana cara kerjanya alat skimmer yang dilakukan oleh pencuri data ini? bagi masyarakat awam pastilah tidak sadar bahwa ada yang bisa menyalin kartu ATM yang disebut dengan alat skimmer ini. Kartu ATM yang bisa digunakan untuk menarik uang di mesin ATM dan membayar di mesin EDR ini bisa disalin datanya dengan menggunakan alat skimmer ini.

Alat skimmer akan merekam dan membaca data yang ada di kartu ATM baik itu dari strip magnetik pada kartu yang berwarna hitam panjang maupun pin korbannya. Ketika kartu ATM sudah digeseeka pada alat skimmer maka data akan terekam dan pelaku akan mendapatkan semua data pada kartu ATM korban, yang mana digunakan pelaku untuk menarik uang ATM si Korban tanpa ada kecurigaan sama sekali.

Pembobolan jenis skimming inilah yang harus diwaspadai oleh korban karena akan sulit melacak pelaku dan masyarakat wajib hati-hati dalam penggunaan kartu ATM saat bertransaksi, Usahakan anda bisa menggunakan cara lain pembayarannya untuk menghindari itu terjadi

Cara Menghindari Skimming ATM Bank

Tidak hanya BCA saja yang memang bisa dibobol, semua bank bisa di bobol dengan cara skimming ini, namun pihak bank BCA memberikan sedikit tips untuk mencegah kejahatan skimming ini sesuai yang diinformasikan oleh Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn sebagaimana berikut:

1. Ganti Pin Secara Berkala

Karena memang modus kejahatan ini adalah menyalin data kartu atam termasuk data PIN ATM maka diharapkan seorang nasabah bisa melakukan penggantian PIN setiap seminggu sekali setiap harinya.

2. Memeriksa Alat Tansaksi

Dan biasanya modus skimming ini terjadi saat penggunaan transaksi pembayaran baik itu pada kartu kredit maupun kartu ATM. Silahkan anda cek kondisi alat transaksi yang digunakan apabila ada kejanggalan silahkan anda laporkan pada pihak yang berwajib

3. Menutup Tangan Saat Ketik Kartu PIN

Nah, selanjutnya anda bisa menutup tangan ketika hendak mengetikkan kartu PIN untuk mencegah terjadinya kejahatan ini. Baik itu anda menarik uang di ATM ataupun anda bisa menggunakan cara ini saat melakukan pembayaran di mesin EDC

Dengan menutup tangan anda maka skimmer akan kesulitan untuk merekam gerakan tangan anda saat menekan pin ATM anda dan juga spy cam yang dipasang untuk melihat pin kartu ATM anda ini bisa diminimalisasikan.

4. Gunakan Kartu Berbasis Chip

Saat ini kartu debit yang masih menggunakan strip diwajibkan untuk diganti dengan aplikasi teknologi terbaru yang terenkripsi datanya dengan teknologi chip atau chip-based yang lebih aman.

Dengan adanya enkripsi ini, maka alat skimmer yang memang sudah merekam data anda hanya akan mengidentifikasi sebuah kode atau simbol yang tak bisa diartikan

Nah, itu saja yang bisa kami sampaikan kepada anda, dan anda harus tahu dan wajib tahu akan bahaya skimming ini, dan kedepannya para pelaku tindak kejahatan akan mengintai setiap nasabah yang memang memiliki keinginan kuat untuk menguras isi rekening anda dengan cara apapun meskipun teknologi sudah canggih.

Mengenal Apa Itu Skimming, Cara Kerja dan Bahayanya Bagi Nasabah | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5