5 Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023-2024 Untuk Android an iPhone

Bingkaiberita.com – Tinggal menunggu hari waktu bulan Ramadhan  akan segera tiba, Sesuai dengan jadwal bulan hijriyah setiap akhir bulan tanggal 29 sya’ban akan dilaksanakan penetapan hasil sidang isbat sebagai bentuk salah satu umat beragama di seluruh dunia untuk memantau apakah awal puasa ramadhan jatuh dikeesokan harinya atau lusa. Yang mana seluruh umat muslim di Dunia wajib untuk menjalankan ibadah wajib di Bulan Ramadhan yaitu Puasa.

Aplikasi Jadwal Imsakiyah

Sebagai penunjang berpuasa dan kelancaran berpuasa biasanya umat muslim di dunia sejak dini untuk mencari jadwal imsakiyah atau jadwal imsak dan buka puasa yang nantinya mereka akan gunakan untuk dimulainya beribadah dengan dukamandangkannya sholat subuh. Sedangkan jadwal buka puasa yang dimaksud disini waktu berakhirnya aktivitas puasa dalam menahan lapar dan dahaga yang ditandai dengan berkumandangan adzan magrib. Dan setiap muslim penting untuk mengetahui jadwal imsakiyah agar tak sampai lengah ketika menjalankan ibadah puasa tersebut.

Saat ini, umat muslim di Indonesia dan dibelahan dunia sudah bisa mengunduh jadwal imsakiyah dalam bentuk aplikasi ponsel Android Maupun Iphone yang lebih lengkapnya akan diulas dibawah ini:

1. Athan Pro

Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap untuk penunjang ibadah shalat, selain itu ada Qiroatul Qur’an, penunjuk arah kiblat dan notifikasi dalam bentuk suara adzan yang tentunya langsung digunakan untuk meminimalisir dalam hal ibadah shalat agar tidak ketinggalan rukuk dan sujud.

Selain itu Fitur yang lengkap ini didugung dengan jadwal ibawah waktu imsak dan buka puasa sebagai penentu awal dan akhir berpuasa yang disesuaikan dengan lokasi terkini anda. Anda bisa langsung unduh di google playstroe untuk android dan Appstore untuk ponsel iPhonenya.

2. Muslim GO

Sama halnya seperti aplikasi diatasnya yang juga menyediakan jadwal sholat sekaligus jadwal imsakiyah sesuai dengan lokasi terkini anda dengan menggunakan sebuah notifikasi yang berbentuk suara adzan.

Fitur lainnya yaitu pada niat sholat sunnah, artikel fiqih ibadag, aqidah yang bakalan diperbaharui dan beberapa kumpulan doa dan niat shalat yang lengkap

Selain itu ada sebuah fitur alqur’an yang terverifikasi sumbernya langsung dari tanzil.net yang menyediakan ayat alqur’an secara internasional sehingga anda bisa langsung unduh pelantun ayat suci alqur’an dari Syeikh Musyari Rasyid.

3. Umma

Selain dua Aplikasi Jadwal Imsakiyah diatas ada sebuah aplikasi yang cukup menarik selain dari tampilan jadwal ibadah shalat sekaligus bisa menenutkan notifikasi imsak dan buka puasa yaitu sebuah fitur video live streaming siraman rohani yang diambil dari para ustadz.

Selain itu pengguna aplikasi Umma juga menyedian sebuah panduan seorang muslim yang ingin belajar alqur’an dengan fitur baca alqur’an dan pengguna bisa menandai ayat, menyimpan ayat, membaca sekaligus mendengarkan lantunan yang disukainnya

Fitur lainnya yang tak kalah menarik ada pada fitur tanya jawab ustadz mengenai perilaku dan problematika yang terjadi setiap hari sampai dengan gaya hidup dalam pandangan islam.

4. Alqur’an Indonesia

Selain itu juga ada aplikasi canggih lainnya selain bisa dijadikan mushaf, penanda bacaan, lantunan ayat suci dari qori internasional Alqur’an Indonesia memiliki fitur utama dalam bacaan Alqur’an dan dilengkapi dengan jadwal ibadah Shalat yang mana jika telah masuk waktu sholat maka akan diberi sebuah pertanda atau notifikasi yang bisa diseeting di layar ponsel waktu imsak dan waktu buka puasa dengan notifikasi suara adzan

Alqur’an Indonesia juga menyediakan sebuah fitur dalam penunjuk arah kiblat hingga dilengkapi dengan suara adzan yang dapat diunduh secara gratis melalui google playstore untuk Android dan App Store untuk iPhone.

5. Muslim Pro

Salah satu aplikasi yang memungkinkan para pengguna untuk dapatmenjalankan ibadah shalat dan puasa dengan sangat baik ini seperti empat aplikasi diatas yang dilengkapi dengan sebuah fitur canggih selain dari aplikasi penunjuk arah, kalender hijriyah dan penanda waktu imsak dan buka yang bisa disetting.

Fitur tersebut adalh aplikasai peta dalam menentukan lokasi rumah atau restauran yang halal dan juga sebuah lokasi peta yang menandai di mana Masjid terdekat sesuai dengan lokasi anda saat ini.

Lima aplikasi diatas dapat membantu aktivitas anda dalam menjalankan ibadah puasa terutama dalam bangun sahur karena memiliki notifikasi jadwal Imsakiyah ramadhan dalam bentuk suara adzan sehingga anda bisa lebih mudah bangun dengan adanya notifikasi yang dibuat. Terimakasih semoga bisa membantu anda dalam menjalankan aktivitas ibadah puasa ramadhan.

5 Aplikasi Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023-2024 Untuk Android an iPhone | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5