Mengenal Apa Itu NFT yang Membuat Pemuda Untung Milyaran, Dan Hal Apa saja Yang perlu diketahui

Bingkaiberita.com – Baru-baru ini muncul sebuah berita besar seorang anak muda mengkoleksi foto selfieny yang berjumlah 933 foto selfie yang dijual selama lima tahun berhasil meraup untung hingga milyaran rupiah di Open Sea.

Koleksi foto 1 selfie tersebut sebesar 45 ribu atau 0.001 ETH Karena memang selama lima tahun koleksinya tersebut bisa benar-benar laku dipasaran. Nah, apa itu NFT dan hal apa saja yang perlu diketahui

Apa Itu NFT?

NFT merupakan singkatan dari Non -Fungible Token atau barang digital yang dapat diperjualbelikan menggunakan sebuah teknologi atau platform khusus layaknya sebuah cryptocureency. Selain dalam bentuk gambar, NFT juga bisa dalam bentuk tanah virtual seperti Decentraland dan The Sandbox. seperti yang dilansir oleh kompas.

NFT sendiri merupakan sebuah barang digital yang dapat ditukar dengan barang yang setara yang disimpan di Blockchain sebagai aset digital yang unik.

Cara Berdagang Aset Digital?

Seperti NFT ini dapat diperdagangkan di OpenSea jika seorang pelukis menjual lukisannya maka yang berpinda tangan bukan gambar lukiasannya tersebut.

Untuk penjua lukisan maka yang dapat dijual adalah sertifikat kepemilikan NFT yang terdaftar pada Blockchain setelanya maka sertifikat yang didapat sebagai aset digital dan disimpan dalam sebuah dompet digital.

Adapun dompet digitanya bisa diakses dalam perangkat fisik yang aman yang tak mudah dibobol oleh seseorang.

Mengapa NFT bisa sangat Mahal?

Mengapa bisa sebegitu mahal karena kerasi digital yang dijual memang banyak peminat namun sedikit barang yang tersedia. Meskipun semua orang bisa melihat gambar online secara gratis dan mereka bisa screenshot gambar dengan mudahknya namun beberapa orang rela untuk menghabiskan jutaan dolarnya untuk gambar tersebut.

Larena memang NFT memiliki sertifikasi dan otentikasi bawaan sebagai bukti kepemilikan sebuah gambar bahwa pembeli melihat barang tersebut asli atau bukan.

Barang Apa saja yang bisa dijual NFT?

Adapun beberapa barang yang bisa dijual pada aset digital ini adalah seperti item dalam sebuah game, video, musik, seni hingga beberapa benda yang dijual secara online

Meskipun sudah lama dirilis pada 2014 silam untuk menjual karya seni digital yang mana ada seorang seniman populer digita bernama Mike Winkleman membuat gabungan 5 ribu gambar harian yang dijual dengan harga mencapai 991 milyar rupiah.

Dan kini NFT menjadi sesuatu yang sangat populer karena seorang pemuda dengan foto selfienya menjual NFT hingga ratusan gambar selfie miliknya.

Mengenal Apa Itu NFT yang Membuat Pemuda Untung Milyaran, Dan Hal Apa saja Yang perlu diketahui | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5