Kalender Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja)

Bingkaiberita.com – Kalender Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditetapkan oleh kepala dinas pendidikan, pemuda dan olahraga Daerah Istimewa Yogyakara ini sesuai dengan pertimbangan mewujudkan sinkronisasi dalam penyelenggaraan pendidikan yang nantinya dijadikan sebagai pedoman untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun pelajaran baik di sekolah swasta maupun sekolah negeri untuk mewujudkan efektifitas proses pembelajaran yang nantinya diterapkan di masing-masing.

Kalender Pendidikan Jogja atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menetapkan awal mulai pembelajaran yang dimulai pada hari senin tanggal 11 juli sampai dengan berakhir pada hari jumat tanggal 7 juli 2023 yang sebeluknya pihak sekolah diharapkan untuk menyusun program kerja pada awal tahun pendidikan, program tahunan satuan pendidikan, jadwal pembelajaran dan pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan.

Pada waktu pertama kali peserta didik baru masuk sekolah diharapkan sekolah memberikan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah selama lima hari, sedangkan peserta didik pada kelas atas wajib melakukan proses pembelajaran yang diselenggarakan mulai dari pukul tujuh pagi.

Penerapan Libur Sekolah

Penetapan libur sekolah juga ditetapkan dalam kalender pendidikan yang akan dilaksanan sesuai dengan kalender libur semester ganjil dan genap, libur keagamaan yang menyesuaikan hari liburan ramadhan dan idul fitri

Libur semester satu akan dilaksanakan pada tanggal 24 desember 2022 sampai dengan tanggal 2 januari 2023

Libur semester dua atau semester genap akan dimulai pada minggu ke empat bulan juni

Libur keagamaan seperti awal ramadhan akan dilaksanakan setelah penetapan menteri agama dan pelaksanaan idul fitri menyesuaikan keputusan menteri agama.

Sedangkan untuk liburan khusus akan dilaksanakan oleh gubernur, walikota dan bupati. Dalam pelaksanaan libur tersebut pendidik dan tenaga kependidikan harus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan profesionalnya.

Sedangkan penyusunan dalam rangka penilaian semester akan dilaksanakan dua kali ketikan pada semester awal dan akhis semester.

Penilaian di awal semester akan dilaksanakan paling lambat pada bulan desember

Sedangkan penilaian akhir tahun akan dilaksanakan paaling lambat minggu kedua bulan juni.

Anda bisa lihat jadwal kalender pendidikan jogja dibawah ini sebagai refrensi dalam menjalankan aktivitas pembelajaran

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kepada anda yang sedang mencari kalender pendidikan sebagai pedoman aktivitas kegiatan proses pembelajaran

Kalender Pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5