Jenis Pekerjaan yang akan Hilang di 2030, Apa ada pekerjaanmu?

Bingkaiberita.com – Sejumlah pekerjaan akan hilang seiring dengan perubahan dan perkembanga teknologi yang begitu cepat. Seperti yang diungkapkan Menteri BUMN Bahwa ada studi di 3 negera seperti Amerika, Australia, Jerman yang mengkalin ada 6,1 juta orang telah hilang pekerjaanya. karena dampak dari digitalisasi, jenis usaha yang kian berubah dan kemajuan teknologi yang begitu cepat berkemabang saat memaparkan kuliah umum kebangsaan di Universitas Pendidikan Indonesia.

Jika berbicara tentang Infrastrutur dan digitalisai memang Indonesia cukup sukses menjadi negara yang maju dibidangnya namun untuk skill labour memang Indonesia masih tertinggal jauh. Da tidak ada linkmatch atau integrasi antara perguruan tinggi dengan pesantren siapa yang nanti lulus dan mendapatkan pekerjaan namun ada potenis 9 jenis pekerjaan yang akan hilang antara lain sebagai berikut

1. Tenaga jasa penyiapan makanan.
2. Tenaga administrasi perkantoran.
3. Tenaga jasa transportasi.
4. Tenaga produksi manufaktur non-auto.
5. Construction and extraction (konstruksi dan ekstraksi).
6. Traditional farming, fishing and forestry (pertanian, perikanan dan kehutanan yang masih tradisional)
7. Sales dan bidang terkait.
8. Social media manager.
9. Jasa pengamanan.

Disamping itu agar terus berkembang untuk menghadapi kondisi yang semacam itu kedepannya, maka perguruan tinggi harus didorong untuk melakukan pesiapan untuk 17 juta pekerjaan baru dibidang teknologi kedepannya karena memang akan ada perubahan teknologi mulai dari bidang pendidikan, pertanian hingga pertambangan yang diperlukan untuk mendorong dan memenuhii kebutuhan SDM bidang industri teknologi.

Sekarang era sudah berubah dan berbeda dan perlu adanya beberapa bidang keilmuan baru seperti AI Expert, Data Scientiest, game developer dan masih banyak lagi pekerjaan yang menyangkuti industri digital di masa depang dengan pekerjaan yang akan ada dimasa depan seperti

Penulis Ayunda Pininta Kasih | Editor Ayunda Pininta Kasih “Ini era yang berbeda. Kita perlu yang namanya data scientist, AI expert dan game developer,” ujarnya. Erick juga menyebutkan sejumlah pekerjaan lain yang paling banyak mencari tenaga kerja atau talenta digital di masa depan, yakni:

1. Data Scientist dan Data Analysts.
2. Spesialis artificial intelligence (AI).
3. Software dan game developer.
4. Analis Big Data.
5. Block chain developer.
6. Market research.
7. Digital Marketing.
8. Biotechnology.
9. Digital content (Youtuber, TikTok)

Pekerjaan diatas memang perlu adanya wadah dan pengembangan untuk dorongan dari perguruan tinggi. Namun, masih banyak lagi pekerjaan yang bakalan ada ditahun mendatang seiring perkembangan dunia teknologi kedepannya.

Jenis Pekerjaan yang akan Hilang di 2030, Apa ada pekerjaanmu? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5