Jurusan yang Paling Banyak Diminati SBMPTN 2023-2024, Dengan Peluang Kerja Besar

Bingkaiberita.com – Kuliah kini menjadi pilihan yang banyak diminati lulusan SMA. Namun, biasanya memilih jurusan dalam kuliah menjadi beban tersendiri bagi beberapa orang. Ada yang sudah mantap memilih suatu jurusan, ada yang dipilihkan orang tua, ada yang mengikuti teman, ada pula yang masih bingung dalam memilih jurusan.

Jurusan yang paling Diminati

Jurusan yang Paling Banyak Diminati SBMPTN

Memilih jurusan dalam kuliah penting untuk dipertimbangkan dengan matang. Pasalnya, ketika nanti menjalani masa kuliah pilihan jurusan ini akan menentukan seberapa konsisten dan seriusnya Anda dalam belajar. Semakin senang dengan jurusan itu, semakin senang pula mempelajarinya. Tentu saja tidak hanya berdasarkan kesenangan, tetapi juga mempertimbangkan bagaimana prospek kerja ketika lulus nanti dan tentu saja kebutuhan biayanya. Pertimbangkan dengan matang sebelum memilih.

Ada beberapa jurusan kuliah yang selama ini banyak sekali peminatnya dan sejalan dengan prospek kerjanya yang bagus. Berdasarkan jurusan yang dipilih pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN),  Kompas.com  pada 28 Januari 2021 membagikan beberapa jurusan yang paling banyak diminati. Berikut ulasannya:

Jurusan Kedokteran/ Pendidikan Dokter

Sejak dulu jurusan kedokteran memang terkenal sebagai jurusan yang ramai peminat. Jurusan kedokteran di berbagai universitas negeri selalu diminati oleh banyak calon mahasiswa. Padahal jurusan ini tergolong sulit ditembus. Tantangan masuk jurusan ini sangat tinggi, siapapun yang memilih jurusan kedokteran semestinya mempunyai pengetahuan dan pemahaman dalam bidang biologi, fisika, kimia, dan matematika.

 

Dalam menjalani perkuliahan, jurusan kedokteran akan membawa Anda mempelajari fisiologi, biokimia, histologi, dan tentu saja anatomi tubuh manusia dan cara kerjanya.

Sejalan dengan sulitnya tembus menjadi mahasiswa jurusan kedokteran, nantinya banyak pekerjaan yang bisa dilakukan setelah lulus. Diantaranya adalah menjadi dokter di rumah sakit, klinik, atau membuka praktek sendiri. Bisa juga menjadi tenaga pengajar atau bekerja di perusahaan kesehatan.

Agroteknologi

Sekilas jurusan ini tidak begitu sering terdengar. Namun, peminat jurusan ini banyak sekali. Jurusan agroteknologi mempelajari tentang produksi pertanian dengan teknologi yang canggih agar efisien. Hal- hal yang dipelajari tentunya erat kaitannya dengan pertanian antara lain: tumbuhan, pengelolaan lahan, budidaya, hama, hingga ekosistem. Anda akan mempelajari cara mengoptimalkan sektor pertanian agar bisa menghasilkan produk unggul.

Ketika lulus nanti, pekerjaan yang bisa dilakukan antara lain menjadi petani modern, ahli bioteknologi, surveyor lahan, bisa juga menjadi dosen.

Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini masih satu frekuensi dengan jurusan kedokteran. Pada jurusan ini Anda akan mempelajari ilmu untuk peningkatan kesehatan publik. Namun agak berbeda dengan kedokteran, pada jurusan ini pendekatan sosial budaya juga diperlukan misalnya untuk melakukan pengorganisasian dengan pendekatan yang tepat. Jadi tidak hanya belajar tentang medis saja, tetapi juga belajar upaya mewujudkan tingkat kesehatan masyarakat agar bisa sesuai dengan standar yang ada.

 

Pilihan pekerjaan setelah lulus jurusan kesehatan masyarakat cukup banyak. Anda bisa menjadi konsultan K3 di perusahaan, penyuluh kesehatan, pengajar, peneliti, dan tentu saja bisa bekerja di rumah sakit.

Teknik Kimia

Jurusan ini merupakan penerapan dari jurusan kimia murni. Dalam jurusan ini Anda akan mempelajari rekayasa kimia agar bisa menciptakan suatu produk dengan nilai jual yang tinggi. Jurusan Teknik kimia tentu saja tidak jauh dari aktivitas kimia yang berkaitan dengan bahan- bahan sintetis, rancangan molekular, dan segala kegiatan sejenis. Anda dapat membantu melestarikan bumi dengan menemukan suatu produk yang ramah lingkungan.

 

Prospek kerja jurusan teknik kimia cukup beragam. Bisa bekerja di industri migas, bidang engineering, procurement, construction, and comissioning (EPCC), atau bisa menjai tenaga pengajar.

Peternakan

Sekilas bisa diketahui jurusan ini akan banyak berkutat dengan hewan. Segala sesuatu mengenai budidaya hewan ternak dipelajari pada jurusan ini. Mulai dari manajemen, pakan, teknologi produksi, sampai pengolahan hasil.

 

Ketika lulus dari jurusan peternakan, Anda dapat berwirausaha menjadi peternak, atau berkontribusi di industri pakan, dinas peternakan, dan pengolahan limbah ternak.

Hukum

Bagi penyuka jurusan ilmu sosial, jurusan hukum ini tentu menarik. Jurusan hukum berhubungan dengan aturan negara yang wajib dipatuhi masyarakat. Pemahaman dan kemampuan menganalisis tulisan, argumen, pernyataan, dan opini akan dipertajam dan didalami di jurusan hukum. Termasuk membaca, menulis, dan membuat argumen yang sesuai dengan landasan hukum.

 

Bidang pekerjaan yang relevan dengan jurusan hukum antara lain: advokat, konsultan hukum atau HRD di korporasi negeri atau swasta, atau menjadi hakim dan jaksa setelah melalui pendidikan khusus.

Komunikasi

Jurusan komunikasi terdengar tidak asing. Banyak sekali peminat jurusan ini. Berbagai konsentrasi minat yang sejalan dengan jurusan komunikasi bisa dipilih seperti komunikasi pemasaran, public relation, desain komunikasi visual, atau yang lainnya.

 

Setelah lulus jurusan komunikasi Anda bisa bekerja di media penyiaran atau menjadi bagian dari humas di perusahaan swasta ataupun instansi pemerintah.

Manajemen

Sesuai dengan namanya, jurusan ini bergulat dengan pengorganisasian aktivitas korporasi, perusahaan, instansi, lembaga, dan lain lain. Erat kaitannya dengan perusahaan memang. Manajer dituntut bisa merancang dan memastikan jalannya perusahaan secara lancar dan mencapai tujuan. Tentu saja dengan memperhatikan berbagai faktor seperti produksi, ketenagakerjaan, marketing, strategi, dan yang lainnya.

Berbagai prosper kern yang mungkin bagi lulusan manajemen antara lain: staf HRD, konsultan bisnis, bagian operasional perusahaan, atau konsultan keuangan.

 

Jika berminat dengan jurusan yang diminati tersebut, Anda bisa mulai belajar dengan giat agar mampu bersaing dengan yang lain. Mampukan diri, tingkatkan kualifikasi, dapatkan mimpi.

Jurusan yang Paling Banyak Diminati SBMPTN 2023-2024, Dengan Peluang Kerja Besar | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5