Tampilan Jumlah Dislikes Video Youtube dihilangkan, Ada Apa?

Bingkaiberita.com – Hari ini Jumlah dislike di tampilan Youtube tak dapat dilihat oleh pengunjung, namun tombol dislike tidak akan hilang begitu saja dan hanya dapat dilihat dari para content creator

Channel yang kami buat tidak terlihat dislikenya lagi karena dengan menghilangkan tampilan jumlah dislike ini berguna untuk melindungi para koneten kreatpr daro penyalahgunaan dislike. Sehingga nantinya dengan adanya perubahan ini pembuat konten akan lebih baik dari pelecahan yang terjadi.

Selain itu dengan adanya penghilangan tombol dislike ini maka tidak akan ada lagi para konten kreator yang dilecehkan dan dihina apalagi diserang dengan serangan jumlah dislike yang banyak seperti video yang mereka buat. Karena banyak sekali youtuber yang memang tidak suka dengan konten atau kesuksessan seseorang sehingga memberikan dislike ke konten yang mereka buat.

Pada eksperimen ini, seorang penonton bisa menggunakan tombol dislike namun jumlahnya tak terlihat oleh mereka sehingga dengan adanya eksperimen ini akan meningkatkan penurunan serangan dislike yang terjadi nantinya.

Sementara itu dengan menghilangkan tampilan dislike ini, secara tidak langsung akan melindungi bagi konten kreator pemula yang baru terjun ke dunia digital apalagi mereka baru memulai dan ditargetkan secara tidak adil oleh perilaku ini dan biasanya serangan dislike ini terjadi pada proporsi yang lebih tinggi di konten yang baru mulai.

Selanjutnya para konten kreator akan tetap melihat jumlah dislike yang mereka terima pada sebuah video yang mereka buat dan menjadi masukan secara pribadi oleh pembuat konten nantinya.

Dengan adanya eksperimen yang telah dilakukan ini, bahwa penonton telah menggunakan tampilan dislike ini sebagai acuan menentukan bahwa video ini apakah memiliki kelayakan untuk ditonton yang sebenarnya sudah direncanakan sejak berbulan bulan lamanya sebagai kebijakan Youtube yang akan diambil di masa mendatang untuk melindungi para pembuat konten.

Beberapa orang menanggapi bahwa untuk mencegah banyak trolling dan orang -orang yang kejam dengan menggunakan serangan dislike ini apalagi mereka dengan menghapus dari serangan dislike ini akan membantu mencegah kesehatan mental para pembuat konten kedepannya.

Selanjutnya jumlah dislike juga memiliki manfaat nyata dimana sebuah konten dengan adanya tampilan jumlah dislike ini, akan membantu pengguna untuk terhindar dari bahaya clickbait dan anda tidak harus percaya dengan judul dan thumbnailnya dan anda bisa melihat aspek intimidatif dari serangan dislike atau bomb dislike yang terjadi. Setidaknya youtube sudah merilis sebuah alat atau fitur yang digunakan untuk menghentikan bullying online atau ujaran kebencian yang mana komentar harus ditinjau dan tidak ditayangkan kecuali dengan mengklik secara manual.

Sumber Kompas.com

Tampilan Jumlah Dislikes Video Youtube dihilangkan, Ada Apa? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5