Jadwal Pendaftaran Penerimaan Polri/Polisi TA 2020, 2021

Advertisement

Bingkaiberita.com –  Jadwal Pendaftaran Polri  yang akan dilakukan setiap tahunnya untuk beberapa pendaftaran seperti pendaftaran tamtama, pendaftaran brigadir, pendaftaran akpol dan pendaftaran SIPSS.

endaftaran dilakukan tiap tahunnya untuk menambah personel angkatan kepolisian yang sudah tidak bekerja atau pensiun, dalam hal ini biro SDM polda di seluruh indonesia memberikan informasi yang selengkapnya dengan menyediakan pendaftaran online polriUntuk Adik- adikdan kakak lulusan sarjana  yang dapat mendaftarkan diri secara langsung di web resmi dari Polri yang berada di http://www.penerimaan.polri.go.id. 

Bagi adik-adik dan kakak-kakak yang sudah mendaftarkan diri secara online dapat verifikasi langsung dengan membawa seluruh dokument ke Polres yang berada di Kabupaten masing-masing  di seluruh Indonesia.

jadwal pendaftaran polri

 

Kapan Jadwal Pendaftaran Penerimaan Polri/Polisi 2020

Nah, berikut akan kami sampaikan informasi terkait dengan jadwal pendaftaran atau penerimaan polri dari pendaftaran sumber sarjana atau sipps polri, akpol, bintara dan tamtama yang dapat anda jadikan refrensi dan informasi berikutnya.

Jadwal Pendaftaran Polri/Polisi ( SIPSS)

15 Januari- 31 Januari 2020

Pendaftaran SIPSS merupakan salah satu pendaftaran khusus yang diberikan kepada para lulusan Sarjana Strata Satu yang lulusannya akan berpangkat Inspektur Dua Polisi atau yang disebut dengan IPDA.

Jadwal Pendaftaran Polri/Polisi Akpol

7 Maret-  23 Maret 2020

Jadwal Pendaftaran AKPOL merupakan salah satu sekolah tinggi kepolisian yang berada di Semarang, Banyak dilamar oleh siswa lulusan SMA yang berprestasi karena mereka yang mendaftarkan diri di taruna akpol adalah orang-orang yang memiliki kelebihan khusus dan unggul dari pada teman-temannya. Bagi yang mendaftar akpol dan lulus akpol mereka akan dididik selama 4 tahun lamanya seperti dalam perkuliahan dengan mendapatkan gelar sarjana ilmu kepolisian setingkat S1. Mereka lulus akan berpangkat seperti lulusan S1 yaitu Inspektur Dua Polisi atau disebut dengan IPDA.

Jadwal Pendaftaran Polri/Polisi Bintara POLRI

7 Maret- 23 Maret 2020

Jadwal Pendaftaran Bintara Polri  atau sering disebut dengan brigadir polisi ini adalah salah satu pendaftaran yang dapat dilakukan oleh lulusan setingkat SMA, MA sederajat. Mereka mendaftarkan diri di website resmi seperti pendaftaran lainnya. Mereka yang lolos pendaftaran dan uji test mendapatkan gelar kepangkatan Brigadir Satu

Jadwal Pendaftaran Polri/Polisi TAMTAMA POLRI

7 Maret- 23 Maret 2020

Jadwal Pendaftaran Tamtama Polri merupakan salah satu kepangkatan di kepolisian republik Indonesia yang paling rendah, dahulu tamtama ini dapat didaftar untuk lulusan SMP. Sebagai salah satu prajurit yang sering disebut dengan pangkat kopral.

Kapan Pendaftaran Polisi tahun 2020-20021

Biasnya pendaftaran polri dilaksanakan pada Bulan Maret Sampai dengan Bulan Juliuntuk Brigadir dan tamtama. Kemungkinan besar setiap prediksi setiap tahunnya untuk pendaftaran polri untuk kepastian kapan pembukaan pendaftaran polri  belum dipastikan. Jadwal dan perubahan masih  bisa sewaktu-waktu sesuai dengan ketetapan dari Mabes Polri sebagai salah satu info resmi pendaftaran polri.

Namun, hanya gambaran saja untuk pendaftaran polri ini kemungkinan besar akan dipercepat mulai bulan februari maupun bulan lainnya, tinggal menunggu waktu saja kapan pendaftaran akan dibuka.  Yang terpenting dari sekarang adalah mempersiapkan hal-hal yang akan diujikan pada saat pendaftaran karena dalam penerimaan polri ini dilakukan secara bertahap mulai dari tahap pemberkasan, tahap pemeriksaan kesehatan, test fisik, test kemampuan akedemik dan test lainnya yang harus ditempuh untuk memenuhi standar minimum menjadi seorang polisi.

Berkas Apa Saja Untuk Masuk Polisi?

Nah, setelah kita mengetahui kapan jadwal pendaftaran polri, maka yang harus kita ketahui adalah beberapa berkas yang harus dibutuhkan ketika melakukan pendaftaran baik itu akpol, tamtama, sipss, ataupun bintara. Adapun berkas wajib yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut

  1. Berkas KTP dan KK yang difotokopi ataupun dibawa saat melakukan pendaftaran Ulang
  2. Berkas Ijazah asli yang difotokopi ataupun dibawa saat melakukan pendaftaran Ulang
  3. Berkas SKCK yang difotokopi ataupun dibawa saat melakukan pendaftaran Ulang
  4. Berkas Surat Keterangan Sehat yang difotokopi ataupun dibawa saat melakukan pendaftaran Ulang
  5. Berkas Surat Pernyataan yang difotokopi ataupun dibawa saat melakukan pendaftaran Ulang

Syarat Pendaftaran Polri

Untuk tinggi minimal juga harus diperhitungkan, untuk tinggi minimal wanita dan pria berbeda.  Adapun untuk tinggi minimal polwan  adalah 155 cm dan untuk tinggi minimal polisi adalah 163  cm. Jika anda belum memenuhi tinggi badan minimalnya mulai dari SMA kelas 1 ataupun kelas 2 diusahakan untuk selalu berolahrga untuk menambah tinggi badan seperti berenang dan lari karena olahraga tersebut juga akan digunakan ketika test ujian fisik Polri.

Penerimaan Polri membuka pendaftaran bagi para santri yang hafal alqur’an khususnya untuk Polda Jawa Tengah, bahwa bila mereka bersedia mndaftarkan diri mereka akan mendapatkan point tambahan hal itu disampaika oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono ketika berkunjung ke Pondok Pesantren Al Anwar Serang, Kabupaten Rembang. Kesempatan ini berikan oleh semua santri penghafal Al-Qur’an dan mendapatkan nilai tambahan atau nilai khusus dengan emberikan poin plus ketika pendaftaran polri dan pendaftaran polwan Mereka nantinya akan digembleng dan diberikan pelatihan dan nantinya akan dijadikan anggota Babinkamtibmas sehingga mereka sudah dapat menyesuaikan diri dilingkungan masyarakat karena sudah dapat menyeusaikan diri dilapangan dengan ilmu pondok pesantren. Nah, kapolda jawa tengah mengaku siap merekomendasikan santri yang berniat menjadi polri dan siap diganggu santri ketika meminta rekomendasi pendaftaran calon polri.

Pembukaan Pendaftaran Polri 2020

Pembukaan pendaftaran polri akan dibuka setiap tahun karena memang setiap tahun banyak prajurit polri yang sudah masuk pada masa pensiun dan harus digantikan dengan para prajurit yang baru sesuai dengan kuota penerimaan polri dimasing-masing daerah.

sumber: penerimaan.polri.go.id

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Jadwal Pendaftaran Penerimaan Polri/Polisi TA 2020, 2021 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5