Jadwal Lengkap Pendaftaran Akpol Ta 2023-2024

Bingkaiberita.com – Pendaftaran akpol diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA sederajat yang diumumkan melalui website penerimaan.polri.go.id sesuai dengan jadwal pendaftaran akpol yang telah ditentukan oleh mabes atau panitia pusat.

Jadwal Pendaftaran Akpol

image instagram.com from @taruna_akpol

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Jadwal pendaftaran Akpol setiap tahunnya dibuka untuk umum khususnya untuk lulusan SMA sederajad. Biasanya pendaftaran akpol ini, pendaftarannya selalu bersamaan dengan pendaftaran bintara polri. Akpol yang merupakan satu-satunya akademi yang dimiliki oleh polri yang berada di bawah naungan kepolisian republik Indonesia.Telah banyak meluluskan dan mencetak banyak kadernya diberbagai daerah seluruh Indonesia.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pendaftaran akpol adalah dengan memperhatikan syarat masuk akpol beberapa jadwal kegiatan dalam proses penerimaan sebagai calon taruna. Dan dalam pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Dan sebelumnya anda harus mengetahui Kapan pendaftaran akpolnya.

Pembukaan Pendaftaran Akpol

Pembukaan Pendaftaran akpol sampai saat ini belum dibuka. Anda yang memiliki keinginan untuk menjadi taruna akpol akan lebih baik selalu mengecek jadwal dan tanggal pendaftaran di website resmi penerimaan.polri.go.id. Sejauh ini para calon taruna harus mempersiapkan dan mengetahui informasi sedetail mungkin dalam pendaftaran ini.

Akademi kepolisian yang mengacu pada ilmu kepolisian ini mempersyaratkan untuk mengenyam pendidikan selama 4 tahun lamanya, yang lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Kepolisian. Pendaftaran akpol sendiri dilakukan secara online di website resmi polri.

Berapa Lama Pendidikan di Akpol?

Lama pendidikan di Akpol selayaknya pendidikan di Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia. Akademi Kepolisian ini mencetak para sarjana yang memiliki ilmu kepolisian yang dibutuhkan oleh masyarakat yang lama pendidikanya selama 4 tahun yang lulusannya mendapatkan gelar sarjana ilmu kepolisian atau S.ik dengan pangkat inspektur polisi dua (ipda).

Kapan Pendaftaran Akpol dibuka?

Pendaftaran Akpol dibuka setelah dilaksanakannya pendaftaran sipss polri, dan biasanya pendaftaran akpol ini bersamaan dengan pendaftaran brigadir pada bulan maret sampai dengan april.

Namun, anda harus memperhatikan lebih jauh informasi lengkap terkait dengan pendaftaran akpol dan tanggal pendaftarannya diwebsite resmi polri. Dan selama ini jadwal pendaftaran sebelumnya dapat dijadikan patokan ataupun refrensi untuk pendaftaran kedepannya.

Jadwal Pendaftaran Akpol

Nah, bagi siswa-siswi kelas 3 SMA yang akan lulus tahun ini, bisa menggunakan raport terlebih dahulu atau surat keterangan lulus dari kepala sekolah jika seandainya ijazahnya belum diterima. Untuk Jadwal pendaftaran tahun ini belum dapat kami sampaikan dan kami memiliki jadwal pendaftaran akpol tahun lalu yang dapat dijadikan refrensinya sebagai berikut:

 

No KegiatanJadwal
1Kampanye, pendaftaran online dan verifikasi + ukur tinggi dan berat badan di polres / ta / tabes / metro dan polda selaku Panbanrim19  Maret s/d 15 April
2Giat verifikasi awal di polres / ta / tabes / metro dan polda selaku panbanrim dan pengumuman19 Maret s/d 16 April :
3Penandatangan pakta Integritas ukur tinggi badan dan berat badan16-Apr
4Rikmin awal, ukur tinggi dan berat badan oleh tim rikmin, tim rikkes dan tim uji jasmani. Pengumuman Rikmin Awal18 s/d 22 April
5Rikes tahap 1, Peng & kirim hasil23 s/d 26 April
6Pmeriksaan Psikologi, Peng & kirim hasil27 s/d 30 April
7Uji Kemampuan Jasmani + Anthropometri & Pengumuman17-21 Mei
8Sidang terbuka menuju Rikes 2 di tingkat Panda23 Mei
9Rikes 2, Peng & kirim hasil25 s/d 31 Mei
10Penulusuran Mental Kepribadian2 s/d 7juni
11Pemeriksaan administrasi akhir, peng, hasil akhir  8 s/d 11 juni
12Sidang terbuka kelulusan Tingkat Panda15 juni
13Seleksi Tingkat Pusat6 juli s/d 6 agustu
Tingkat Pusat

 

No KegiatanJadwal
1Penandatanganan pakta integritas, pengukuran tinggi dan berat badan, dilanjutkan pengisian MMPI)7  s/d 17 Juli
2Sidang Pemulangan Hasil Pemeriksaan Administrasi dan Kesehatan (Pemulangan Tahap I), Isi Inventory Psikologi & Isi Data PMK18 juli
3Pemeriksaan Psikologi Wawancara & PMK Wawancara19 s/d 22 Juli
4Sidang Pengumuman Hasil Pemeriksaan Psikologi & PMK (Pemulangan Tahap II)23 Juli
5Uji Kesamaptaan Jasmani (A, B & renang) & Anthropometri24 s/d 27 Juli
6Sidang Pengumuman Hasil Uji Kesamaptaan Jasmani (A, B & renang) & Anthropometri (Pemulangan Tahap III) 28 Juli
7 Gladi Uji Akademik29 Juli
8Uji Akademik (TPA & TOEFL dengan Sistem CAT). Pengumuman Hasil Uji Akademik30 Juli s/d 1 Agustus
9Gladi Pemeriksaan Penampilan 2 Agustus
10Pemeriksaan Penampilan3 s/d 4 Agustus
11Sidang Kelulusan Akhir 6 Agustus

 

Demikianlah informasi terkait dengan Jadwal dan tanggal pendaftaran akpol yang dapat kami sampaikan kepada anda yang sedang mempersiapkan cita-cita anda masuk menjadi taruna akpol sejak dini.

Jadwal Lengkap Pendaftaran Akpol Ta 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5