IPDN Diusulkan Jadi Perguruan Tinggi Swasta

Advertisement

Bingkaiberita.com- Banyaknya animo masyarakat terkait perguruan tinggi kedinasan terutama Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Anggota komisi 2 DPR Fraksi Demokrat mengusulkan IPDN untuk berubah menjadi perguruan tinggi swasta dan tidak lagi dibawah kementerian dalam negeri.

Jikalau IPDN berubah menjadi PTS maka lulusannya tidak lagi menjadi calon pegawai negeri sipil terlebih IPDN menyerap anggaran yang besar hingga Rp 539 miliar dari Anggara Pendapatan Belanja Negara. Apalagi dengan anggaran yang begitu banyak tersebut bisa dialokasikan ke beberapa project baru dari pemerintah sendiri  khususnya untuk  kementerian dalam negeri.

Masyarakat juga tidak keberatan jika IPDN beralih status apalagi seperti yang diungkap oleh anggota komisi dua ini pelayanan kemendagri akan lebih optimal dan leluasa jika mereka tidak melakukan pengawasan ke perguruan tinggi tersebut.

Apalagi jika pemerintah seperti mengistimewakan lulusan IPDN yang diterima langsung menjadi aparatur sipil negara karena untuk menjadi ASN sendiri merupakan hak semua warga negara. Dan setiap warga negara berhak menjadi aparatur sipil negera.

Jumlah pelamar IPDN yang banyak ini membuat wahyu optimis untuk merubah IPDN menjadi sekolah swasta yang tidak digratiskan lagi, mereka harus membayar uang semster seperti perguruan tinggi swasta lainnya dan mereka lulusannya juga harus mendaftarkan diri saat ada pendaftaran cpns dan harus bersaing dengan masyarakat dan mahasiswa lulusan dari perguruan tinggi lainnya.

Kuota CPNS setiap tahunnya untuk IPDN sendiripun  sudah banyak, lantas untuk lulusan dari perguruan tinggi lainnyapun bagaimana nasibnya. Memang dalam tahap pembinaan dan pendaftaran ipdn diawal pertama masuk begitu sulitnya dari tahap awal pendaftaran masuk, tes TKD, tes Kesahatan, tes fisik dan lainnya. Namun, apakah semua sekolah kedinasan memang harus dibedakan karena mereka mendapatkan pendidikan yang berbeda dengan sekolah dari perguruan tinggi pada umumnya.

Hal ini harus menjadi salah satu pembahasan yang mendalam terkait dengan sekolah kedinasan yang lulusannya nantinya menjadi Aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan kementerian maupun dilingkungan pemerintah daerah di Seluruh Indonesia yang notabene mereka siap untuk ditempatkan dimanapun mereka berada sesuai dengan arahan dari kampus.

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
IPDN Diusulkan Jadi Perguruan Tinggi Swasta | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5