Beberapa Sekolah Kedinasan di Jogja

Advertisement

Bingkaiberita.com – Jogja selain sebagai destinasi tempat wisata juga menjadi tujuan para pelajar lulusan SMA untuk menimba ilmu, masuk sekolah ikatan dinas atau kedinasan merupakan pilihan tepat bagi para pelajar yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Pertimbangan yang tepat jika anda memilih sekolah kedinasan di Jogja ketimbang harus menentukan pilihan ke jenjang perguruan tinggi negeri karena memang untuk mendapat pekerjaan sekarang ini tidak semudah seperti dahulu, banyaknya orang bertitel sarjana (S1), pascasarjana (S2) maupun S3 membuat lulusan perguruan tinggi kesulitan mendapatkan pekerjaan karena banyaknya saingan dan kurangnya lapangan pekerjaan bagi mereka.

Jogja menjadi salah satu kota yang dikenal sebagai kota pelajar yang memiliki biaya hidup yang murah sehingga menjadi daya tarik para pelajar dari luar daerah untuk mencari kehidupan dan belajar di Jogja. Apalagi jika lolos di perguruan tinggi kedinasan maka biaya semseter kualiahnya sudah ditanggung oleh negara. Nah berikut ada beberapa sekolah kedinasan di Jogja yang harus anda ketahui.

Daftar Sekolah Kedinasan di Jogja

1. Poltekkes Kemenkes Yoyakarta

Politeknik Kesehatan kementerian Yogyakarta ini berada tepat di sebelah sekolah kedinasan pertanahan. Perguruan tinggi kedinasan ini berada dibawah naungan Kementerian Kesehatan. Sekolah kedinasan ini didirikan sejak tahun 2001 yang membuka program dari jenjang pendidikan diploma tiga sampai diploma empat dengan beberapa jurusan pendidikan. Adapun program studi yang dibuka di poltekes kemenkes adalah sebagai berikut

Program Studi DIII dan D IV Analis Kesehatan
Program Studi DIII dan DIV Gizi
Program Studi DIII dan DIV Kebidanan
Program Studi DIII dan DIV Keperawatan
Program Studi DIII dan DIV Keperawatan Gigi
Program Studi DIII dan DIV Kesehatan Lingkungan

Poltekes Kemenkes ini berlokasi di Jalan Tatabumi No 3 Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta. Anda bisa akses lokasinya dibawah ini:

2. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

STPN merupakan salah satu sekolah kedinasan yang ada di Jogja yang didirikan sejak tahun 1963 yang awalnya bernama Akademi Agraria. Perguruan tinggi kedinasan ini berada dibawah naungan Badan pertanah nasional yang membuka program pendidikan dari jenjang pendidikan diploma tiga sampai diploma empat.

Dalam hal ini perguruan tinggi kedinasan yang berfokus pada jurusan pertanahan dan pemetaan ini berada di sebelah selatan dari Poltekkes Kemenkes ogyakarta yang lokasinya juga berada di Jalan Tata Bumi No.5 Banyuraden Gamping Sleman Yogyakarta yang dapat anda akses lokasinya sebagai berikut:

3. Poltek ATK ( Politeknik Akademi Teknologi Kulit)

Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta telah melahirkan lulusan mahasiswa yang kreatif bisnis dengan menjual berbagai macam produk tas, sepatu yang terbuat dari kulit. Perguruan tinggi ini berada dibawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang didirikan pada tahun 1958 yang membuka beberapa program pendidikan.

Adapun program jurusan program studi pilihannya adalah pada teknologi pengolahan kulit dan desain dan teknologi kulit dengan masing-masing jurusannya. Lokasi ATK Yogyakarta sendiri berada di area ringroad selatan yang lengkapnya Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188 Telepon: (0274) 383727

4. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP)

Sekolah kedinasan yang ada dibawah naungan kementerian pertanian Memiliki tugas dalam mengembangkan program pendidikan dan pelatihan dalam bidang penyuluhan pertania yang berdiri sejak 1942 yang bernama SPMT yang selanjutnya berubah menjadi diklat ahli Penyluhan pertanian. Saat ini kurang lebih sudah mencetal 15 angkatan daru berubahnya menjadi sekolah tinggi.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian ini berlokasi di Jl Kusumanegara nomer 2,Tahunan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta Email : info@stppyogyakarta.ac.id dan Telp : 0274-373479 anda bisa cek lokasinya seperti dibawah ini:

5. Sekolah Tinggi Multimedia MMTC Jalan Magelang Yogyakarta

MMTC merupakan salah satu sekolah tinggi Multimedia Yogyakarta yang berada dibawah naungan kementerian komunikasi dan Informatikan yang berdiri pada tahun 1985 yang awalnya bernama Diklat Ahli Multimedia. MMTC sendiri awalnya merupakan salah satu badan diklay ang dipersiapkan untuk pegawai negeri sipil untuk perwakilan dari RRI dan TVRI, dan karena perkembangan zaman MMTC membuka program untuk lulusan SMA dengan jenjang Diploma sampai dengan sarjana pada bisa produk siaran, Animasi Manajemenin Teknik dan lainnya.

MMTC ini berlokasi di Jalan Magelang Kilometer 6, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)

Sekolah tinggi teknologi nuklir ini berada dibawah naungan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang berdiri sejak tahun 1985 yang buka dalam program pendidikan mulai dari diploma sampai dengan Sarjana strata satu. Adapun program yang ditawarkan adan program jurusan teknofisikan nuklir dan jurusan teknokimia

Sekolah tinggi teknologi nuklir ini berlokasi di Jl. Babarsari Kotak POB 6101/YKKB, Ngentak, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Nah, anda bisa langsung lihat mapsnya seperti dibawah ini:

7. Akademi Angkatan Udara (AAU)

Akademi angkatan udara ini adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah naungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara yang lulusannya setara dengan sarjana strata satu dengan pangkat perwira angkatan udara yang dibuka pada tahun 1965 yang berada di daerah bandara adisucipto.

Akademi angkatan udara ini berlokasi di Jalan laksda Adi sucipto KM 10, Yogyakarta. Dengan tingkat jenjang pendidikan yang berbeda-beda dan berperan untuk mencetak perwira awal dengan pangkat letnan dua. Nah, untuk lokasi anda bisa lihat maps dibawah ini:

8. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan atau disebut dengan STTKD yang berdiri pada tahun 1994 dibawah Tentara Nasional Indonesia angkatan Udara yang bergerak dibidang penerbangan. Sekolah ini berfokus pada penyelenggaran pendidikan pada kosentrasi Aircraft, Desain pesawat tanpa awak, dan lanyya dengan jenjangan pendidikan diploma dan sarjana S1 teknik Kedirgantaraan dan Diploma manajemen transportasi udara.

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan ini berlokasi di Jl. Parangtritis No.Km, RW.5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143 anda bisa dapatkan rute mapsnya dibawah ini:

Semoga dengan informasi singkat terkait dengan daftar sekolah kedinasan di Jogja ini menjadi salah satu refrensi bagi anda yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Beberapa Sekolah Kedinasan di Jogja | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5