Integrasikan 24.700 Aplikasi, Pemerintah Bakalan Kembangkan Super Apps

Bingkaiberita.com – Pemerintah bakalan mengembangkan proyek aplikasi integrasi milik pemerintah pusat dan daerah. Layanan Super Apps ini sebagai salah satu bentuk dukung pemerintah agar seluruh aplikasi yang telah dibuat sebanyak 24 ribuan tersebut menjadi ringkas dengan merangkum seluruh aplikasi yang ada.

Pembuatan Super Apps tersebut tergantung dari keuangan negara. Sudah direncanakan matang tapi kurang dana yang tidak akan jadi dibuat. Saat ini Menteri Komunikasi telah menyusun anggaranya. Siapa tau nanti anggaran belum ada.

Banyaknya aplikasi yang ada di pemerintah pusat dan daerah membuat tidak efisien, akan lebih efisien jika semua aplikasi yang ada dipemerintah semua digabung menjadi satu dan diberinama Super Apps.

Super Apps tidak berlaku untuk aplikasi besar di kementerian atau lembaga yang banyak pengguna dari kalangan masyarakat. Seperti aplikasi pemerintah yang saat ini populer di masyarakat adalah aplikasi peduli lindungi dan aplikasi e-kemenkeu serta aplikasi lainnya yang nanti yang akan diintegrasikan menjadi delapan aplikasi

Dari 24 ribuan aplikasi yang ada nanti tinggal delapan atau sembilan aplikasi yang tersedia dalam satu aplikasi dan nantinya akan diatur secara teknis dan bagaimana melakukan konfigurasinya terlebih dahulu menjadi delapan aplikasi

Ada beberapa aplikasi besar itu tinggal disatukan terutama bagi yang populer atau yang tidak poluer di masyarakat sehingga nantinya akan lebih ringkas dan efisien dalam penggunannya.

Integrasikan 24.700 Aplikasi, Pemerintah Bakalan Kembangkan Super Apps | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5