Login https://apb.kemdikbud.go.id/ Cek Penerima BLT Pelaku Budaya (Seniman)

Advertisement

Tak Hanya guru, dosen dan tenaga honorer yang ada dibawah naungan Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, yang mendapatkan BLT Guru. Pelaku Budaya juga mendapatkan BLT subsidi gaji dengan bantuan sebesar 1 juta rupiah perorangnya dengan login ke https://apb.kemdikbud.go.id untuk penyempurnaan data calon penerima Apersiasi Pelaku Budaya.

Pelaku budaya hanya memerlukan Nomer identitas Kependudukan pada kartu tanda penduduk untuk cek nama yang masuk di kemdikbud.

Mengenal Apa itu APB?

APB merupakan singkatan dari Apresiasi Pekau Budaya sebagai salah satu program dari kemdikbud untuk memberikan dukungan kepada mereka yang terdampak pandemi Covid 19 untuk terus berkreasi melalui wahan Virtual yang telah disediakan sebagai program perlindungan maupun pembinaan.

Melalui program kemdikbud APB ini, 59 ribu pelaku budaya yang memiliki dampak besar terhadap kiprah dan konsistensi dalam bidang kebudayaan ketika pandemi ini dapat meringankan beban mereka dengan menyalurkan bantuan dala beberapa tahap. Pada tahap pertama bantuan telah diberikan sebanyak 10.107 pelaku budaya.

Sementara itu pelaku budaya harus melakukan pendaftaran pada program tersebut diwebsite resmi kemdikbud yang ada di https://apb.kemdikbud.go.id/ yang akan dilaksana tahap kedua untuk penyaluran dana yang masih dalam taha verifikasi dokument.

Dalam tahap pertamapun masih ada 232 penerima yang masih terhambat karena perlu perbaikan data yang lengkap untuk informasinya yang dapat dilihat di website tersebut.

Login dan Lengkapi data di apb.kemdikbud.go.id

Bagi yang sudah cek NIK KTP di laman tersebut dan terdaftar sebagai pelaku budaya yang terdampak Covid 19 yang dilaksanakan oleh Kemdikbud. Anda harus melakukan penguplodtan data secara lengkap berkas berkas yang telah dimiliki seperti unggahan karyanya sebagai syarat pencairan APB.

Bagi yang sudah ada nama, dan tercantum dalam Surat Keputusan Penerima bantuan pelaku budaya bisa langsung membuat akun dan melengkapi datanya di website resmi program Apb.kemdikbud.go.id

Login menggunakan email dan passowrdnya setelah itu mengunggah Kartu tanda Penduduk, Buku rekening dan bukti karya sesuai dengan profesinya. Setelah itu akan diverifikasi dan diajukan dananya ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan negara (KPPN). Sedangkan KPN akan mengirimkan dana ke Bank BUMN yang telah ditunjuk dan diteruskan ke rekening penerima pelaku budaya yang masing-masing mendapat 1 juta.

Jika seandainya rekening yang diunggah di website tersebut tidak aktif atau valid makan dananya akan dikembalikan dan akan dibukakan rekening baru oleh bank penyalur untuk peerimaan APB tersebut.

Bagi yang dibuatkan rekening baru maka dapat mencairkan dana ke bank setelah mendapatkan notifikasi di email para pelaku budaya yang melakukan pendaftaran di apb.kemdikbud.go.id

Kriteria Penerima BLT Seniman di https-apb-kemdikbud-go-id/

Perlindungan pelaku budaya yang mendapatkan BLT seniman ini ada dua prioritas.

Prioritas pertama yaitu pelaku budaya yang tidak memiliki mata pencaharian alias usaha berhenti total ketika masa pandemi, atau penghasilan kurang dari 5 juta rupiah saat wabah berlangsung dan berstatus sudah memiliki keluarga

Perioritas kedua adalah bagi yang belum memiliki keluarga dengan hasil perbulannya kurang dari 10 juta sampai dengan 5 juta rupiah saat wabah pandemi ini berlangsung.

Penyaluran dana APB ini dilakukan secara transparan dengan penggunaan format digital dalam pengumpulan karya para pelaku budaya dan bila terjadi masalah maka dapat menghubungi layanan suara di nomer 0878-1904-9115 aktif dari senin s/d jumat pukul 08.00 s/d 16.00 sumber tribunnews.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Login https://apb.kemdikbud.go.id/ Cek Penerima BLT Pelaku Budaya (Seniman) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5