Pro Kontra Harga Swab Test PCR, Syarat Penerbangan

1 min read

Harga Swab Test PCR

Bingkaiberita.com – Tarif harga yang tidak sesuai di kanton menjadi pemicu masyarakat untuk swab tes PCR yang dinilai menimbulkan polemik. Kementerian Kesehatan waktu awal pandemi mematok harga tes usap ini sebesar 900 ribu rupiah, apalagi jika dilihat dari negeri seperti India Harga Swab Test PCR kurang dari 100 ribu.

Menindaklanjuti dari Harga Swab Test PCR yang mahal, maka presiden Joko Widodo Sebagai pemimpin di negeri ini meminta kepada Kementerian Kesahatan untuk menurunkan sedikit harganya menjadi 450 ribu hingga 550 ribu rupiah.

Sehingga jika Harga Swab Test PCR diturunkan dengan harga yang tidak tinggi diharapkan akan memperbanyak testingnya dilapangan dari orang yang bepergian pada syarat penerbangan ataupun aktivitas lainnya yang menggunakan Swab Test PCR untuk persyaratannya.

Meskipun masih diupayakan untuk turun harganya, jika dibandingkan tiket pesawat memang hampir sama dikisaran setengah jutaan. selain itu juga diharapkan untuk hasilnya bisa segera diketahui dengan waktu maksimal 1X24 jam.

Ketentuan Harga Tes PCR yang masih berlaku sebelumnya sesuai dengan surat edaran Nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Pemberlakuan Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction sebesar 900 ribu

Menyoal komponen yang digunakan untuk tes PCR yang membuat mahal karena bahan baku didatangkan dari luar negeri mesikupun produksinya di dalam negeri dan itu dibenarkan oleh praktisi di Lapangan karena satu alat tes PCR saja banyak menggunakan komponen yang masih impor sehingga mempengaruhi mahalnya biaya tes covid

Namun, pihak praktisi juga menekankan bahwa untuk Harga Swab Test PCR tidak mungkin semurag di Indonesia yang mampu dikisaran 150 ribu hingga 200 ribuan karena memang India punya produksi sendiri untuk berbagai peralatan laboratorium dari plastik

Selain biaya reagen dan komponen lainnya juga menjadi mekanisme harganya lebih mahal apalagi Indonesia ini mekanisme pengadaan barangnya buka di datangkan dari Supllier langsung melainkan dari mekanisme lelang dan tender jadi dari pihak ketiga.

Nah, itulah mengapa Harga Swab Test PCR di Indonesia lebih mahal dibandingkan dengan negara yang lainnya yang memang memiliki alat dan komponen sendiri sehingga menunjang pembuatan alat tes tersebut.

sumber: kompas.com

Other articles you might like;

Topik Nugroho, M.Pd. Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata