Harga Mobil Listrik 2023-2024

Bingkaiberita.com Beberapa produsen mobil kini sudah terlihat mengusung
produk mobil listrik , para produsen memiliki semangat membangun visi nol emsisi alias semangat menebar manfaat untuk memperhatikan lingkungan agar polusi di Udara semakin berkurang dengan kesadaran mengkonversikan mobil dengan tenaga bensin menjadi mobil listrik.

Seperti namanya, mobil listrik tak lagi menggunakan bahan bakar minyak BBM untuk sumber energi melainkan menggunakan tenaga baterai yang diisi ulang layaknya pengechargean sebuah smartphone yang kita pegang setiap harinya.

Harga Mobil Listrik

Berikut sejumlah mobil listrik yang sudah merilis dan meluncurkan produknya di Indonesia.

Hyundai

Harga IONIQ 5 Sebesar Rp 748.000.000

Sudah lebih dulu dari wuling dan lainnya, mobil ini lebih dulu rilis sebuah mobil yang disinyalir menggunakan baterai Liquid Cooled Lithium ION dengan menggunakan kapasitas 58 kWh.

Mobil ini dilengkapi dengan portable charger yang dapat terhubung dengan stop kontak dinding pada umumnya. Pengisian daya yang digunakan melalui arus DC sebesar 350 kW dengan lama pengisian 18 menit bisa sampai 80 persen pengisian.

Untuk hasil dari pengisian jika full maka energi yang dihasilkan mencapai 170 Ps dengan torsi 350 Nm. Baterianya menggunakan kapasitas 39,2 Kwh yang bisa dihasilkan dengan jarak sekitar 305 Kilometer.

Pengisian daya bisa menggunakan arus AC Charger meskipun untuk DC Fast Charger cuma membutuhkan waktu kurang dari satu jam.

Harga Mobil Hyundai KONA Electric sebesar: Rp 742.000.000

Begitupula dengan Kona Electric yang memang menghasilkan jarak tempuh yang hampir sama dengan iONIC yaitu 305 kilometer dalam sekali charge untuk full, karena dalam pengechargeannya tidak membutuhkan waktu satu jam.

Kona Electric sendiri juga dilengkapi fast chrger yang mampu memaksimalkan perjalanan dengan cara pengsiain daya mengguanak DC Fast Charger yang membutuhkan waktu tidak lama dengan tenaga mesin maksimalnya mencapai 395 Nm.

Harga Mobil Hyundai IONIC Electric Rp. 682.000.000

Sementara itu untuk IONIC Electric harganya lebih murah dari pada yang diatasnya karena memang kapasitas kurang sedikit dibandingkan dengan yang lain. Untuk baterai masih dibekali dengan baterai Lithium-ION Polymer dengan menggunakan kapasitas mencapai 38,3 kWh.

Sementara itu mobil ini dapat menghasilkan kekuatan hingga 136 PS dengan torsi maksimalnya sebesar 295 Nm,

WULING

WULING AIR EV

Ternyata dibandingkan dengan Hyundai, Ada mobil listrik yang harganya lebih murah dan sudah rilis di Indonesia dengan nama Air EV dengan dua jenis yang tersedia.

Tipe pertama adalah Air ev-Long Range: Rp 295.000.000
Tipe kedua adalah Air ev-Standard Range: Rp 238.000.000

Kedua tipe tersebut beda harga namun tetap menggunakan baterai yang sama yaitu dengan baterai jenis Lithium Ferro-Phosphate dengan IP67 Rating.

Nah, untuk perbedaannya apa? untuk perbedaannya hanya pada masalah kapasitas saja, tentunya harga yang lebih mahal menggunakan kapasitas yang lebih tinggi yaitu 26,7 kWh, sedangkan untuk yang harganya lebih murah menggunakan kapasitas sebesar 17,3 kWh.

Bagaimana dengan pengisian dayanya? untuk pengisiannya mengunakan durasi yang cukup lama dibandingkan dengan Hyundai yaitu selama selang waktu 4 jam dengan 6,6 kw AC untuk Long Range dan 8,5 Jam dengan 2.0 kW AC

Sesuai dengan kebutuhan masyarakat bahwa mobil ini mampu melaju dengan jarak tempuh mencapai 200 Km untuk standard Range dan 300 Km untuk Long Ranes.

Harga Mobil Listrik 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5