Formulir Pendaftaran Polri TA 2021-2021

Advertisement

Bingkaiberita.com – Setelah kita memilih jenis pendaftaran polri, maka kita akan dihadapkan pada sistem online baru yaitu mengenai pengisian formulir registrasi online yang memberikan keuntungan bagi peserta dan panitia dalam mendapatkan data yang lebih cepat tanpa harus melakukan input data secara manual ke komputer. Karena hasil pengisian formulir tersebut dapat langsung dicetak atau diprint.

Formulir Pendaftaran Polri ini memudahkan para panitia dan pelamar dalam proses pendaftaran yang dilakukan secara mandiri yang harus dilakukan pada setiap pelamar dengan sebaik mungkin, baik kebenaran dan keakuratan datanya harus sesuai dengan dinas kependudukan dan pencatatan sipil

Daftar isi

Tips Mengisi  Formulir Pendaftaran Polri

Setelah para pelamar mengisi seluruh formulir pendaftaran, mereka harus melakukan pencetakan dan hasil cetak formulir pendaftaran polri tersebut harus diverifikasi dengan berkas dokument lainnya ke polres atau polda terdekat. Dan berikut beberapa tips melakukan pengisian formulir secara online.

Isikan Data Dengan Benar

Anda harus mengisikan formulir pendaftaran polri secara benar sesuai denga data yang telah diterbitkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil, jangan sampai anda membuat nama yang berbeda dengan kartu keluarga ataupun KTP.

Isikan Data Dengan Hati-Hati

Jangan sampai anda tergesa-gesa dalam mengisikan data identitas diri dan identitas orang tua, perlu kehati-hatian dan pengecekkan kembali apakah data yang anda isikan tadi sudah benar.

Bacalah panduan Pengisian Data

Simak dengan baik-baik panduan pengisian datanya jangan sampai anda salah mengisi karena tidak melihat panduan data yang harus diisi dengan benar. Kalau perlu anda melihat bagaimana cara mengisinya dengan melihat contohnya.

Contoh Pengisian Formulir

Ada beberapa contoh pengisian data yang benar yang menjadi refrensi dalam melakukan pengisian, jangan sampai anda melakukan kesalahan dalam pengisian.

Formulir Pendaftaran Online

Nah, dalam melakukan pengisian data dalam formulir pendaftaran polri yang harus anda siapkan dan pilih data-datanya pada portal penerimaan.polri.go.id adalah sebagai berikut:

Identitas Diri

Pertama kali melihat formulir anda harus menyiapkan berkas dokument KTP ataupun kartu keluarga juga akte kelahiran karena agar sesuai dengan kebenaran data yang akan anda isikan pada fomulir pendaftarannya.

Anda isikan NIK yang tertera pada Kartu tanda penduduk (KTP) kemudian anda unggah file kterangan disdukcapil yang berbentuk jpeg, pdf yang terdaftar dalam sistem dukcapil.

Selanjutnya anda harus memilih waktu penerbitan E-KTP. Bau anda melengkapi data diri seperti melengkapi atau mengisi nama lengkap yang sesuai dengan KTP, memilih jenis kelamin, mengisi tempat lahir anda sesuai dengan akta kelahiran, meemilih tanggal lahir dengan format dd/mm/yy yang berarti pertama adalah tanggal, bulan dan tahun. Kemudian anda pilih golongan darah dan agama. Setelah itu mengisi alamat lengkap, kelurahan, kecamatan, kota atau kabypaten dan memilih provinsi. Jenis Pekerjaan anda tidak diisi tidak apa apa, memilih status kawin. Mengisi tinggi, berat badan, suku apa, nomor hp dan mengisi email aktif, kemudian anda isikan prestasi, bahasa daerah dan bahasa asing kemudian anda unggah foto yang berukuran 4×6 dengan backgorund warna merah dengan kemeja putih dengan jenis file yang berbentuk jpg atau png.

Latar Belakang Pendidikan

Setelah anda isikan data diri, anda bisa ambil ijazah pendidikan anda mulai dari SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi bagi yang mengikuti seleksi penerimaan inspektur satu.

Adapun data latar belakang yang harus anda isikan adalah sebagai berikut: Data Pendidikan Jenjang SD hingga SMP adalah dengan mengisikan Nama SD, Nama KOta anda bersekolah, Provinsi, tahun lulus dan nilai UN

Nah, untuk latar belakang jenjang SMA ini ada tambahan selain dari Nama SMA, nama KOta, Nama Provinsi tahun lulus dan nilai UN. Untuk Tambahannya adalah anda apakah dari pendidikan pesantren, madrasah aliyah, sma taruna atau SMA krida dengan penjurusan pendidikan diniyah formal dibawah kemenag atau satuan pendidikan muadalah yang sistemnya berbeda dengan yang diniyah. Jika anda dari pondok pesantren gontor anda tentukan memilih yang satuan pendidikan muadalah.

Data Orang tua atau Wali

Pada bagian ini anda harus melakukan pengisian data dengan benar yang dapat anda peroleh dari kartu keluarga atau data wali yang saat ini mengasuh anda jika anda diasuh bukan dari orang tua dengan melengkapi data seperti berikut:

Isikan data nama ayah ibu atau wali anda, kemudian isikan tanggal lahir, agama, nomor hp, kelompok pekerjaan, jenis pekerjaan, golongan atau pangkat, jabatan, nama kantor dan alamat kantor dan terakhir anda pilih status masih hidup atau meninggal

Asal Polda / Polres

Anda harus memilih polda asal anda selanjutnya anda harus memilih polres. Polda disini merupakan singkatan dari Kepolisian Daerah jika anda berada di Jogja maka anda pilih Polda DIY, dan memilih polres atau Kepolisian Resort ini dengan memilih Kabupaten contohnya Polres Sleman.

Data SOSMED

Terakhir yang harus anda isikan adalah data sosial media seperti akun data facebook anda, data akun twitter, instagram dan sosial media lainnya yang harus anda kirim atau anda simpan

DAFTAR

Dengan menekan tombol paling bawah anda telah menyetujui bahwa anda melakukan pengisian data formulir pendaftaran polri dengan benar dan sesuai dengan kebenaran yang ada di berkas dokument anda. Sebelum anda menekan tombol yang paling bawah usahakan anda memeriksa kembali data-data yang nantinya anda kirimkan karena nantinya data tersebut digunakan untuk syarat pendaftaran polri dan dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Catatan Penting: Biasanya akan ada perubahan informasi dari portal resminya, apabila terjadi perbedaan maka yang berlaku untuk dicontoh dan dijadikan panduan adalah dari portal resmi.

Semoga dengan informasi singkat terkait dengan Formulir Pendaftaran Polri ini bisa menjadi gambaran saat anda sedang melakukan pengisian data formulir. Bagi yang sudah membaca bingkaiberita.com kami doakan anda dapat lolos dan memenuhi syarat menjadi Anggota Polri.

sumber: https://penerimaan.polri.go.id/

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Formulir Pendaftaran Polri TA 2021-2021 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5