Daftar Gaji UMR Tertinggi Dan Terendah di Jawa Timur 2021-2022

Advertisement

Bingkaiberita.com – Lowongan Kerja memang selalu menjadi pokok utama setelah kelulusan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, kebanyakan lulusan SMK ini sudah siap kerja dibidang industri karena memang sudah diajarkan pokok kejuruan yang mereka geluti. Salah satu daya tarik seorang siswa lulusan SMK untuk bekerja ada gaji yang dibayarkan pada suatau daerah termasuk Daftar gaji UMR Terendah dan tertinggi di provinsi Jawa Timur.

Sesuai dengan surat keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/538/KPTS/013/2020 tentang Upah Minimum Kabupaten atau UMK bahwasanya kata-kata UMR ini adalah sebuah kepanjangan dari Upah Minimun Regional atau wilayah masing-masing daerah yang saat ini istilah tersebut sudah di ganti dengan UMP dan UMK yang mana setiap kabupaten dan provinsi memiliki upah minimum masing-masing.

Provinsi jawa timur memiliki 38 kabupaten yang masing-masing daerah memiliki ketentuan masing-masing gaji yang telah ditetapkan dan UMR sebagai patokan seorang pengusaha membayar upah para pekerjanya.

Biasanya kebutuhan suatu daerah ini berdasarkan atas UMR sehingga jika kebutuhan suatu daerah ini tinggi maka UMR yang didapatkan seorang karyawan juga tinggi. UMR tertinggi pada suatu wilayah atau regional ini berdasarkan pada acuan kebijakan yang ada pada UMP dan UMK.

Mengenal Istilah UMR, UMP dan UMK

UMR merupakan kepanjangan dari Upah Minimum Regional yang mana setiap keputusan upah minimum ini diputusakan pada wilyah masing-masing dan diputuskan oleh surat dari keputusan gubernur

UMP merupakan kepanjangan dari Upah Minimum Provinsi yang mana kebijakan suatu provinsi atau suatu daerag menjadi patokan dalam pembayaran dan biasanya pembayaran pada suatu provinsi ini ditentukan oleh surat keputusan yang diberikan oleh gubernur

UMK merupakan kepanjang dari Upah Minimum Kabupaten dimana setiap kabupaten yang ada di provinsi tersebut diputuskan berapa persen peningkatan upah berdasarkan dari tahun sebelumnya.

Dan biasanya UMR setiap daerah berbeda-beda untuk di jawa timur sendiri tergolong memiliki gaji UMR tertinggi di Indonesia dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Daftar UMR tertinggi Jatim

Peringkat gaji UMR Tertinggi di Indonesia ada di Jawa Timur, sedikitnya ada 5 kabupaten jawa timur yang masuk gaji UMR Tertinggi di Indonesia seperti Surabaya, Kabupaten Gresik, Sidoarjo, Pasuruan, dan Mojokerto

Gaji UMR Tertinggi di Jawa Timur ada di Kota Surabaya, upah minimum yang diberikan di Ibu Kota Provinsi Jatim dengan upah 4.300.479,19 Urutan berikutnya oleh daerah yang berada di sekitar kota pahlawan yang juga masuk pada Daftar UMR tertinggi di Indonesia.

Berikut daftarnya

1. Kota Surabaya: Rp 4.300.479,19
2. Kabupaten Gresik: Rp 4.297.030,51
3. Kabupaten Sidoarjo: Rp 4.293.581,85
4. Kabupaten Pasuruan: Rp 4.290.133,19
5. Kabupaten Mojokerto: Rp 4.279.787,17

Daftar UMR Terendah di Jatim

Selanjutnya, ada beberapa kabupaten di Jawa Timur masih memiliki gaya hidup dan kebutuhan yang minim atau tidak tinggi. Meskipun anda bisa lihat daftar gaji UMR di beberapa kabupaten di Jawa Timur mampu bersaing dengan gaji yang ada di beberapa wilayah di indonesia. Bahkan angka gaji UMR terendah ini timpang dibandingkan beberapa daerah lainnya.

Adapun Gaji UMR terendah di Jawa Timur ini juga dilihat dari kebutuhan masyarakat yang semakin murah sehingga gaji yang diberikanpun juga cukup terjangkau untuk memenuhi kebutuhan hidupnya adapun daftar daerah dengan gaji UMR terendah adalah sebagai berikut:

1. Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Sampang: Rp 1.913.321,73
2. Kabupaten Madiun: Rp 1.951.588,16
3. Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Sumenep, dan Kota Madiun: Rp 1.954.705,75
4. Kabupaten Ngawi: Rp 1.960.510,00 Kabupaten Pacitan: Rp 1.961.154,77

Bisa kita lihat bersama meskipun kebutuhan di daerah jawa timur ini murah, seperti nasi pecel, harga pisang satu tundun 30 ribu namun gajinya lebih dari cukup dibandingkan dengan UMR Yogyakarta yang hampir sama diangkat 1,9 juta namun untuk harga pisang satu tundun dan sayur mayurnya lebih mahal di Yogyakarta.

Itulah beberapa hal terkait dengan Daftar Gaji UMR Tertinggi Dan Terendah di Jawa Tmur yang bisa jadi patokan ataupun refrensi untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan anda saat ini

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Daftar Gaji UMR Tertinggi Dan Terendah di Jawa Timur 2021-2022 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5