Cara Mengecek NUPTK Aktif atau Tidak

Cara Mengecek NUPTK aktif atau tidak dengan menggunakan portal resmi yang ada di portal resmi gtk.data.kemdikbud.go.id yang dapat dilogin oleh operator dapodik sekolah sehingga sahabat GTK hanya bisa meminta operator untuk melakukan pengecekkan.

NUPTK merupakan sebuah singkatan bagi kode identitas seorang guru PNS, NON PNS maupun honorer yang telah melakukan pengajuan NUPTK. NUPTK sendiri adalah Nomor Induk Bagi seorang guru atau tenaga kependidikan (GTK). Nomor tersebut terdiri dari 16 angka yang sifatnya unik dan tetap.

Baca Juga: Syarat Pengajuan NUPTK

Nomor identitas ini tidak serta merta tersemat oleh seorang pendidik, mereka harus melakukan pengajuan NUPTK untuk mendapatkan nomor unik tersebut. NUPTK ini terdiri dari 16 angka yang tidak akan berubah meskipun seorang pendidik tersebut telah berpindah sekolah. Dan NUPTK tidak akan berubah data riwayat status kepagawaian.

Cara cek status keaktifan NUPTK Online dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Sistem NUPTK dapat dengan mudah menulusuri nomer NUPTK pada database yang dapat ditampilkan. seperti yang akan kami sampaikan pada tutorial berikut:

1. Silahkan anda cek status keaktifan NUPTK, dengan mengunjungi portal gtk kemdikbud yang beralamat di gtk.data.kemdikbud.go.id

Cara Mengecek NUPTK Aktif Atau Tidak

2. Kemudian silahkan anda masukkan nomer kode unik NUPTK yang terdiri dari 16 digit.

3. Selanjutnya silahkan anda tekan pada logo pencarian di klik dan lihat status NUPTK Aktif atau Tidak

CEK NUPTK
4. Maka setelah ditelusuri pada kolom diatas, akan tampil nomer NUPTK, nama, tempat tanggal lahir NIK dan status NUPTK apakah telah terdata di Dapodik

Baca Juga: Cetak Kartu NUPTK

Demikianlah Cara Mengecek NUPTK Aktif atau Tidak di portal resmi GTK yang beralamat di gtk.data.kemdikbud.go.id.

Cara Mengecek NUPTK Aktif atau Tidak | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5