Cara Kompor Listrik Bekerja, Bahaya Mana dibanding Gas?

Bingkaiberita.com – Pemerintah memiliki program lain selain mengkonversi BBM ke Listrik, yaitu program pemberian kompor listrik sebagai salah satu implementasi program koneversi kompor konvensional dengan menggunakan gas elpiji 3 kilogram dengan kompor listrik.

Pemerintah Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM ) akan memberikan paket kompor listrik dengan besaran senilai Rp 1,8 juta kepada 300 ribu warga miskin secara gratis.

Cara Kerja Kompor Listrik

Kompor ini bekerja ketika, aliran listrik sudah dialirkan pada kompor dan arus listrik bisa dilewatkan dari dalam badan kompor melalui gulungan kawat yang ada pada kompor.

Alat masak diklaim lebih cepat panas ketika diletakkan diatas kompor karena memang penyebaran induksinya lebih merata sehingga lebih menghemat waktu, dan kompor listrik ini ketika dialirkan ke alat masak dan anda menyentuhnya tidak akan terasa panas atau relatif lebih aman.

Kelebihan Kompor Listrik

Dibandingkan dengan kompor yang menggunakan tabung, kompor listrik ini lebih praktis karena hanya menggunakan listrik sebagai energi panasnya, dan para pengguna kompor listrik tidak perlu menukar tabung layaknya tabung LPG sudah habis.

Kelebihan lainnya juga tidak ada potensi ledakan akibat bahan bakar, karena tidak menimbulkan api dan asap sehingga tidak ada resiko kebakaran. Dan keunggulan lainnya adalah kompornya lebih aman untuk digunakan

Kompor Listrik Bahayakah?

Kompor listrik ini aman digunakan seperti yang telah kami sebutkan diatas, bahwa dibandingkan dengan kompor gas, penggunaan kompor listrik lebih aman karena ketika kompor bersentuhan dengan anggota tubuh tidak ada aliran listriknya alias tidak akan panas di tangan atau anggota tubuh lain.

Dan kompor listrik ini tidak keluar api atau asap sehingga minim terjadi resiko kebakar karena memang aliran listrik akan diinduksi ke alat masak langsung pada kumparan logam yang ada dibawah permukaan kaca atau keramik.

Selanjutnya anda bisa melihat bagaimana proses menghasilkan panas kompor listrik ini

Proses Panas Kompor listrik

Kompor Listrik ini bisa digunakan jika ada arus listrik yang mengalir pada kumparan logam yang ada dibawah kaca atau keramik.

Saat kumparan yang ada mulai bersinar cahaya merah atau menjadi panas, panas tersebut akan mentransfer dengan energi inframerah ke permukaan

Energi itulah nantinya digunakan untuk menghasilkan panas yang menjalar ke seluruh permukaan kompor. Sehingga panasnya akan merata saat memasak

Anda bisa meletakkan panci atau wajan diatas permukaan kompor, lalu panasnya akan dipindahkan ke peralatan masak dan kemudian di pindah ke makanan. Proses tersebut disebut dengan konduksi termal

Penutup

Kompor ini bisa anda bawa kemanapun dan lebih simpel karena tidak menggunakan tabung, tapi sayangnya kompor listrik ini tidak cocok digunakan di seluruh Indonesia karena tidak semua wilayah di Indonesia sudah dialiri listrik.

Cara Kompor Listrik Bekerja, Bahaya Mana dibanding Gas? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5