Mudah Sekali, Simak Cara Cek NISN dan Verval NISN

Advertisement

Bingkaiberita.com – Setiap siswa jenjang SD hingga SMA tentu telah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). NISN merupakan kode pengenal identitas siswa yang berlaku sepanjang masa, bersifat unik, dan standar. NISN setiap satu siswa dengan yang lainnya tentu berbeda, karena NISN ini memang untuk membedakan siswa baik yang bersekolah di seluruh penjuru Indonesia atau yang bersekolah di sekolah Indonesia di luar negeri. Siswa yang telah memiliki NISN berarti telah terdata di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, karena pemberian NISN dilakukan pada sekolah- sekolah yang telah mempunyai NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) yang terdaftar di referensi Kemendikbud. Pengelolaan NISN dilakukan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud dan terkoneksi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Tujuan NISN

Ada beberapa tujuan dari pembuatan NISN, diantaranya adalah:

  1. Identifikasi siswa di seluruh Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  1. Dapat digunakan dalam sistem pengelolaan nomor induk secara online dari tingkat sekolah hingga dinas pendidikan daerah dan unit kerja di bawah naungan Kemendikbud secara standar, terpadu, dan akuntabel dengan teknologi informasi dan telekomunikasi.
  1. Dapat mendukung sistem dapodik dalam mengembangkan dan menerapkan program pendidikan seperti statistik pendidikan, perencanaan pendidikan, dan lainnya di berbagai tingkatan. Mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, hingga tingkat sekolah. Contohnya dalam program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional (UN), PIP, dan SNMPTN.

Cara Cek NISN dan Verval NISN

Siswa yang telah lulus jenjang SMA/SMK bisa melakukan cek NISN dan verval NISN secara mandiri untuk keperluan pendaftaran SNMPTN/ SBMPTN dan untuk mendaftar PIP Kuliah. PDSPK memberikan informasi hasil proses identifikasi secara terbuka dan terbatas melalui laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Cek NISN

cara cek nisn

Untuk melakukan cek NISN ikuti langkah- langkah berikut:

  1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.
  2. Pilih pencarian NISN
  3. Tuliskan NISN
  4. Tuliskan nama ibu kandung
  5. Klik Captcha
  6. Klik Cari Data

LUPA NISN/ CARI NISN

lupa NISN

Apabila belum mengetahui atau lupa NISN, maka pengecekan bisa dilakukan berdasarkan nama siswa. Anda dapat mengikuti langkah- langkah berikut:

  1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.
  2. Pilih pencarian nama
  3. Tuliskan nama siswa
  4. Tuliskan tempat lahir siswa
  5. Tuliskan tanggal lahir siswa
  6. Tuliskan nama ibu kandung
  7. Klik Captcha
  8. Klik Cari Data

Setelah data keluar, akan ada informasi yang muncul terkait NISN, nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, dan status aktif di sekolah.

Verval NISN

Verval NISN

Verifikasi dan Validasi (Verval) NISN juga dapat dilakukan secara mandiri. Namun, verval NISN dilakukan oleh siswa yang telah lulus jenjang SMA/SMK. Berikut langkah- langkahnya:

  1. Siapkan NISN, NIK, dan scan ijazah (format pdf/jpg/jpeg/png maksimal 1 Mb)
  1. Buka laman https://pd.data/kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/pengajuanlulusan
  1. Lengkapi kolom- kolom yang disediakan.
  1. Klik Ajukan

Verval NISN bagi lulusan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) langkah- langkahnya sebagai berikut:

  1. Siapkan NISN, NIK, dan scan SK Penyetaraan (format pdf/jpg/jpeg/png maksimal 1 Mb)
  2. Buka laman https://pd.data/kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/pengajuanlulusanLN
  3. Lengkapi kolom- kolom yang disediakan.
  4. Klik Ajukan

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Mudah Sekali, Simak Cara Cek NISN dan Verval NISN | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5