5 Kota Dengan Biaya Hidup Mahasiswa Termurah di Indonesia

Advertisement

Bingkaiberita.com – Banyak Pilihan Kampus di Indonesia yang memiliki sepak terjang yang bagus di Masyarakat. Kontribusi lulusannyapun banyak yang terlihat, namun selain dari pada itu kamu yang ingin memilih kampus pada seleksi masuk perguruan tinggi yang kini sedang berlangsung juga harus mempertimbangkan biaya hidup nya, karena selain nanti bayar semster harus juga biaya kos, atau biaya hidup lainnya

Biaya Hidup Mahasiswa Termurah di Indonesia

Ada sejumlah kota dengan biaya hidup mahasiswa termurah di Indonesia. Dari mulai harga makanan hingga biaya kos di kota tersebut. Jangan sampai setiap bulannya kita habiskan untuk membayar biaya hidup mahasiswa. Untuk itu kami akan sediakan ulasan lengkap. cara memilih kampus dengan biaya hidup yang pas-pasan.

1. Yogyakarta

Pilihan pertama kampus yang populer di Indonesia terletak di Jogjakarta. Kampus UGM adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Selain itu masih banyak kampus swasta dan negeri yang dinilai bagus dari lulusannya. Selain itu biaya hidup yang murah menjadi tujuan orang ingin menempuh pendidikan tinggi di Jogja

Biaya Kos atau tempat tinggal di Jogja dari yang termurah 100 ribuan hingga 700 ribuan sampai jutaan rupiahpun ada. Selain itu untuk uang makan dan biaya hidupnya anda bisa menggunakan uang 1 juta sampai dengan 2 juta dengan harga biaya maka dibawah 10 ribu per porsipun ada.

2. Solo

Tak beda dengan kota jogja, meskipun kota solo ada di provinsi jawa tengah namun ada di sebelah timurnya dari kota jogja yang dinilai biaya hidup mahasiswa di Solo dinilai paling bersahabat di kantong dibandingkan dengan kota Jogja. Dan kampus yang ada di Solopun tidak hanya satu

Untuk biaya hidup di solo hampir sama, anda cukup membawa uang saku mulai dari 1 juta sampai dengan 2 jutaan perbulan untuk makan dan biaya transportasi, Dan kota solo terbilang sangat ramah ditinggali karena lingkungan dan biaya hidupnya.

3. Cirebon

Selain dua kota tersebut ada juga kota yang menawarkan kehidupan yang murah baik bagi pelajar mahasiswa bahkan untuk para pekerja pemula untuk biaya hidup dikota ini antara 1,5 juta sampai dengan 2 juta rupiah sudah termasuk sewa kamar, transportasi hingga uang makan.

4. Banyuwangi

Selain kota cirebon yang layak menjadi sorotan adalah kota banyuwangi, meskipun tidak banyak kampus yang populer anda bisa tinggal dan hidup di lingkungannya lebih rendah dibandingkian 3 kota diatas tersebut karena biaya hidup perbula dari 800 ribu perbulan hingga 1,5 juta rupiah dan kota banyuwangi layak menyandang predikat kota termurah bagi mahasiswa.

5. Bandar Lampung

Selain itu untu di Bandar lampung sendiri juga banyak kampus yang notabene cocok bagi mahasiwa dengan biaya rendah untuk biaya maka dan hidup di bandar lampun ini setandar mulai dari 1,5 juta sampai jutaa rupiah karena untuk biaya kos mulai dari 350 ribu hingga 4 jutaan pun ada.

Nah, 5 kota tersebut dinilai dari kompas.com sebagai kota dengan biaya hidup termurah bagi mahasiswa. Silahkan anda pilih kampus yang ada di 5 kota tersebut ya. Namun, jangan lupa anda juga lihat apakah kampus tersebut layak anda pilih sebagai kampus pilihan anda saat ini.

sumberL kompas.com

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

5 Kota Dengan Biaya Hidup Mahasiswa Termurah di Indonesia | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5