Batas Usia Menjadi Faktor Penyebab Sulitnya Mendapat Pekerjaan

Bingkaiberita.com – Salah satu penyebab banyaknya pengangguran di Indonesia yang muncul adalah faktor batas usia. Sistem yang membuat sebagian orang merasa kecewa dalam mendapat pekerjaan. Sulitnya mendapat pekerjaan ditambah dengan syarat batas usia yang menghambat seseorang mendapatkan pekerjaan yang layak. Tidak semua orang dapat lolos dalam penerimaan lowongan kerja, satu formasi atau posisi jabatan harus diperebutkan banyak orang, ditambah lagi ada ketentuan batas usia yang notabene menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mendapatkan pekerjaan hingga tua.

Apalagi ada beberapa perusahaan yang mesyaratkan untuk memiliki persyaratan pengalaman dibatas kemampuan seseorang. Dan sangat disayangkan sekali jika pengukuran kompetensi ini bukan berdasarkan atas sertifikasi melainkan sesuai dengan pengalaman bekerja sesuai dengan masa kerja dan fokus pada usianya. Apalagi perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang memiliki banyak kemampuan yang sebenarnya diperlukan atau dibutuhkan.

Jika seseorang sudah pada masa usia 30-an keatas, hampir sulit sekali mendapatkan pekerjaan untuk lulusan Sarjana Strata Satu, ataupun Strata Dua, Mereka harus mencari bidang lain untuk mencari pengetahuan yang berbeda untuk mendapatkan life skill agar dapat mengurus keluarga kelak di masa mendatang. Terlebih dunia usaha saat ini banyak yang tidak pro dengan usia tersebut.

Dan pemerintah haruslah memberikan ruang dan peluang bagi para pengangguran yang usianya lebih dari 30-an atau membagikan pelatihan secara gratis sehingga dapat membantu taraf hidup mereka sehingga dapat mengatasi masalah pengangguran yang ada di Masyarakat. Apalagi sistem kerja dengan batasan usia ini menjadi faktor mengapa Indonesia banyak kejahatan yang terjadi karena dampak pengangguran yang terjadi di Masyarakat.

Tidak hanya pemerintah saja yang harus menyelesaikan masalah pengangguran ini, sektor swastapun juga harus andil dan berpartisipasi untuk membantu para penggauran dalam mengadakan pelatihan kerja, magang, hingga pendidikan yang layak sehingga para pelaku pasa mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhannya

Dan pemerintah harus menerapkan kebijakan baru untuk persyaratan dan kualifikasi yang lebih luas tanpa harus melihat dari faktor batas usia. Sehingga para pengangguran ini tidak patah semangat sebelum mencari kerja. Dukungan pemerintah sangat dibutuhkan untuk Indonesia lebih maju dengan memanfaatkan teknologi, peningkatan kemampuan dalam bekerja dengan banyak mengadakan pelatihan gratis bagi masyarakat dan dibukanya seluas-luasnya pekerjaan bagi tenaga lulusan sarjana strata satu hingga strata tiga sebagai salah satu poin dari keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Apalagi bagi masyarakat yang belum pernah merasakan mendapatkan pekerjaan haruslah diberi kesempatan agar mereka mampu mendapatkan life skill dan pengalaman yang menjadi modal utama di masa depan.

Berbeda dengan sistem penerimaan kerja di luar negeri yang sudah secara objektif dan memberi kesempatan yang sama bagi para pencari kerja tanpa memandang usia. Perubahan tetap harus dilaksanakan, tanpa harus melihat sistem yang dapat menimbulkan kekecewaan bagi para pelaku kerja karena setiap orang memiliki potensi yang berbeda untuk dikembangkan tanpa harus melihat batas usia.

Batas Usia Menjadi Faktor Penyebab Sulitnya Mendapat Pekerjaan | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5