Panduan Aplikasi E-RKAM (Rencana Kerja Dan Anggaran Madrasah) MI/MTS/MA Contoh dan Unduh

bingkaiberita.com – Aplikasi E-RKAM merupakan salah satu aplikasi yang digunaka untuk rencana kerja dan anggaran madrasah setiap setahun sekali. Diselenggarakan sebagai rencana dalam penggaran dana bos madrasah. Aplikasi pengelolaan keuangan yang menjadi informasi keungan yang tepat waktu, akuntabel, transparan efisien dan effektif.

Panduan Aplikasi E-RKAM (Rencana Kerja Dan Anggaran Madrasah)

Apa Itu Aplikasi E-RKAM

Aplikasi E-RKAM ini merupakan salah satu aplikasi dari Kementerian agama sbagai implementasi dari manajemen pengelolaan keuangan yang baik mulai dari perencanaan anggaran, pengelolaan anggaran, pelaporan yang dapat dilakukan secara online.

Tujuan e-RKAM

Dengan adanya aplikasi e-RKAM ini ini maka layanan pengelolaan keuangan madrasah akan terintegrasi hingga sampai pusat mulai dari tingkat madrasah yang berada di Kabupaten, Kota, hingga provinsi semua akan terhubung dengan pusat data dari Kementerian agama.

Selain itu aplikasi e-RKAM ini sebagai bentuk pengelolaan keuangan yang baik dalam manajemen keuangan sehingga pelaporan dan penggunaan keuangan yang diberikan kepada pihak mandarasah dapat secara efektif, efisien, akuntabel dan transparan.

Manfaat e-RKAM Madrasah

Dengan adanya aplikasi e-RKAM ini diharapkan seluruh pengelolaan keuangan di Madrasah baik itu di Kabupaten, kota, dan provinsi dan meningkat kualitasnya dibandingkan dengan pengelolaan keuangan yang memang tidak tahu arah dan tujuannya secara jelas.

Kepala Madrasah Sebagai Penanggung Jawab Admin e-RKAM

– Setiap Kepala Madrasah harus menyimpan dan menerima nomer registrasi e-RKAM
– Setiap Kepala Madrasah harus menyerahkan nomer registrasi e-RKAM kepada Kepala Madrasah yang baru jika kepala madrasah dimutasi
– Setiap Kepala Madrasah harus memberikan akses maksimal ke 8 orang staf untuk diberikan otoritas akses. Dan dapat mendaftarkan, mengganti dan reset password
-Setiap Kepala Madrasah harus menhitungan jumlah pendapatan
– Setiap Kepala Madrasah harus menetukan kegiatan dan sub kegiatan dengan prsetujuan atas rincian biaya atau anggaran kas dan biaya yang telah disusun oleh seorang staff
– Setiap Kepala Madrasah harus melakukan persetujuan atas nota yang telah dibuat oleh STAF

Panduan Aplikasi e-RKAM Online

1. Seorang kepala sekolah dapat melakukan simulasi akses secara online menggunakan PC maupun laptop yang telah dimiliki.

Latihan Simulasi Aplikasi e-RKAM

Sebagai latihan untuk pengisian sudah diberikan simulasinya di erkam-latihan.kemenag.go.id

Praktik Aplikasi e-RKAM

Sebagai ajang pengisian keuangan dan implementasinya harus dilakukan di
erkam.kemenag.go.id

2. Semi Online
Bagi madrasah yang brada di wilayah 3T atau daerah yang tidak memiliki akses internet, madrasah telah mengembangkan aplikasi semi oline dengan tahapan akses sebagaimana berikut

– Madrasah mengunduh aplikasi di web Kemenag
– Madrasah dapat mengisi aplikasi e-RKAM secara offline
– Setelah itu aplikasi e-RKAM dapt disinkron atau diungguh ke pusat data yang telah ditentukan.

UNDUH APLIKSI e-RKAM Lama

Anda bisa melihat e-RKAM dalam aplikasi semi online dengan mengunduhnya sebagaimana berikut

Disini

Semoga dengan adanya aplikasi e-rkam ini pengelolaan keuangan madrasah dapat efektif, efisien, akuntabel dan transparan.

Panduan Aplikasi E-RKAM (Rencana Kerja Dan Anggaran Madrasah) MI/MTS/MA Contoh dan Unduh | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5