Rekomendasi Aplikasi Belajar Online di Rumah Gratis

Advertisement

Bingkaiberita.com – Dampak virus corona membuat pemerintah menghimbau untuk tidak keluar rumah dan melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan Aplikasi Belajar Online yang dapat digunakan dimanapun saja berada. Tidak hanya belajar saja melainkan para Aparatur Sipil Negara yang sejatinya dapat menghandle pekeraannya dirumah dapat bekerja dirumah.

ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA/NZ

Beberapa Startup Indonesia dalam hal ini memberikan bantuan gratis akses, seperti ruang guru, Zenius, Quipper, Google, Kelas Pintar. Bukan hanya startup Indonesia yang memberikan bantuan gratis akses melainkan juga dari pihak telkom jaringan seluler Telkomsel memberikan hak akses gratis selama 30 GB untuk Aplikasi belajar Online.

Adapun beberapa aplikasi belajar Online yang direkomendasikan untuk digunakan dalam membantu pembelajaran dengan menggunakan Video Animasi belajar, Latihan-lathan soal ujian yang secara lengkap ada di aplikasi tersebut adalah sebagaimana berikut:

1. Aplikasi Ruang Guru

Salah satu aplikasi yang menawarkan program belajar online yang digratiskan mulai senin sampai jumat selama liburan dari jam 08.00 s/d 12.00 WIB.

Aplikasi ruang guru ini direkomendasikan pemerintah dan jaringan telkomsel dengan memberikan gratis 0 rupiah dengan gratis akses sebanyak 30GB yang dapat digunakan guru maupun siswa dari jenjang sekolah dasar, ssekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas dengan jurusan IPA dan IPS.

Bagi sekolah yang saat ini diliburkan tidak usah untuk pergi kemana-mana bisa duduk nonton video animasi dari guru-guru ruang guru sesuai dengan bab-babnya yang jika anda merasa belum paham bisa memutar kembali videonya selain itu ada beberapa bank soal yang bisa dilihat dan dipelajar bagi kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA pada fitur Try Out secara gratis.

Aplikasi ini dapat anda unduh atau download menggunakan Smartphon Android ataupun menggunakan Iphone di App Store.

2. Quipper

Aplikasi belajar online Quipper merupakan aplikasi pembelajaran dalam bentuk Video Animani dan try out bank soal untuk Ujian nasiona untuk jenjang SMP dan SMA. Apalagi mereka juga merambah Bank Soal SBMPTN yang disediakan dalam video animasi dan latihan soal dengan Bank Soal.

Ribuan Video pembelajaran dan latihan soal tersebut dapat anda nikmati dengan mengunduhnya di Aplikasi Google Play Store maupun App Store yang telah diunduh sebanyak 100 ribu kali.

3. Zenius

Zenius merupakan salah satu layanan belajar mandiri yang bisa diakses secara lengkap untuk jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP)hingga Sekolah menengah Atas (SMA).

Pembelajaran mandiri aplikasi belajar online Zenius sendiri dapat diunduh melalui PlayStore maupun aplikasi App Store yang videonya dihadirkan dalam format video yang kecil sehingga hemat kuota internet.

4. Google Suite For Education

Fitur google yang satu ini telah menyediakan aktivitas belajar mengajar secara online maupun offline denga fitur yang diber nama dengan Classroom. Fitur ini adalah membuat kelas dengan sistem jarak jauh.

Seorang guru membuat kelas yang didalamnya siswa-siswa yang juga membuka PC atau Laptop dengan bertatap muka menggunakan streaming Video, Seorang guru bercakap-cakap dan memberikan materi maupun tugas dengan siswa secara interaktif sehingga mereka benar-benar bertatap muka secara online.

5. Microsoft Aplikasi Office 365 for Education

Salah satu Aplikasi belajar online yang memiliki fitur online dengan menciptakan ruang kelas sendiri fitur word, excel, power point dengan hanya memasukkan alamat email sekolah yang membahas tentang edukasi pembalajar online.

6. Kelas Pintar

Kelas pintar juga memberikan beragam materi ajar secara gratis selama sebulan untuk guru dan murid dengan jam operasional untuk pertanyaan kepada guru pada fitur tanya guru pada pukul 09.00 sampai dengan 12.00 dan fitur kedua untuk proses berlanjut pada jam 18.00 sampai dengan 21.00.

Selain itu kelas pintar memiliki fitur assesment atau evaluasi penilaian seca online yang dapat ditanyakan kepada guru.

7. Sekolahmu

Banyak aplikasi belajar online yang menyediakan pembelajaran jarak jauh yang hampir mirip dan sama. Sekolahmu telah bekerjasama dengan pemerintah terkhusus dengan lembaga pendidikan seperti Cikal, Yayasan diponegoro Sekolah Lazuardi.

Semua materi pelajaran sekolah dapat anda temukan di Sekolahmu secara gratis, Dengan format streamin melalui Youtube dipandu guru.

Itulah beberapa aplikasi belajar online yang dapat digunakan ketika anda saat ini sedang berlibur atau liburan sekolah untuk menghindari penyebaran virus corona

sumber: katadata.co.id,  7 Aplikasi Belajar Online Gratis untuk Siswa dan Guru,  diakses tanggal 19 maret 2020

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Advertisement
Rekomendasi Aplikasi Belajar Online di Rumah Gratis | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5
Total
0
Share