Android digantikan HarmonyOS, HyperOS, pada Hp China, Apa itu?

Bingkaiberita.com – HyperOS menjadi salah satu sistem operasi yang hadir di hp China untuk mengantikan MIUI sebagai sistem operasi Xiaomi yang sudah digunakan belasan tahun yang lalu. Sebagai salah saatu evoluasi baru nampaknya kita harus mengetahui terkait sistem operasi tersebut

Apa Itu HyperOS?

HyperOS merupakan salah satu sistem Operasi yang digunakan disemua perangkat koneksi yang tak hanya produk smartphone saja melainkan juga mendukung perangkat lainnya seperti mobil pintar atau mobil listrik, dan alat pendukung rumah tangga lain yang diproduksi oleh Xiaomi.

HyperOS masih termasuk Android Open Source namuna sudah melebur dengan Vela yang sudah didukung dengan Internet of Thing atau LoT yang dapat digunakan disemua perangkat LOT untuk berbagai koneksi dan masih diterapkan di Xiaomi versi china yang belum ada di kancah pasar Internasional

Apa Beda OS MIUI dan HyperOS?

Untuk perbedaannya mungkin baru dibeberapa bagian saja yang dapat terlihat seperti dari tampilan kunci, dan beberapa opsi layar kunci, template, desain font, jam, beberapa widet dan beberapa hal yang terlihat lebih minimalis dibandingkan dengan sebelumnya.

Pengembangan sistem operasi baru ini memang masih mengandalkan perang yang masih ada dengan bergantung ke Android, namun secara pelan sudah mandiri karena dibuat dalam bentuk fushion dari android dengan menampilkan platform yang dapat digunakan dalam sebuah perangkat internet yang dinamaka dengan Vela berbeda dengan MIUI yang lebih menggantungkan dirinya ke Android.

Dengan adanya satu sistem yang digunakan maka dapat terintegrasi dengan semua produk pintar yang digunakan selain dari smartphone, ada produk alat rumah tangga sampai dengan mobil. Sehingga secara pelan-pelan mereka akan meninggalkan android

Keunggulan HyperOS dari MIUI?

Dengan adanya sistem baru dari evolusi android tersebut, maka para pengguna dapat secara sederhana dalam menyatukan smartphone, smartwatch dan smarttv dalam satu genggaman karena sudah menggunakan teknologi LOT yang sudah dikembangkan dan sampai saat ini memang pengguna lebih dapat menikmati pengalaman yang lebih mulus.

Sementara itu masih ada beberapa smartphone lain yang memang mengikuti langkah Huawei yang lebih dulu membuat sistem lain yaitu HarmonyOS milik Huawei yang benar-benar sudah lepas dari okesistem Android atau tanpa dukungan Android setelah rilis OS.

Apalagi Mate 60 Pro akan laris manis dipasarang setelah berjalan menggunakan operating system Harmony dan lebih dari 700 juta perangkat, apalagi saat ini dikuasai oleh Android 70 persen masih menjadi pangsa pasar yang dimiliki oleh operasi mobile.

Sementara itu berbeda dengan Xiaomi yang didukung oleh Android yang masih optimal dengan OS dari Amerika ini berbeda dengan Huawei yang sudah lebih dulu meninggalkan OS Android.

 

Android digantikan HarmonyOS, HyperOS, pada Hp China, Apa itu? | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5