Aplikasi e-Raport Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, SLB

Bingkaiberita.com – Penerapan Kurikulum Merdeka sudah diimpelemntasikan oleh sebagian jenjang pendidikan di tanah air. Akhir tahun atau evaluasi pendidikan berguna untuk mendapatkan hasil nilai peserta didik yang tentukan bukan hanya diimpelemntasikan pada sekolah penggerak saja melainkan juga digunakan untuk semua jenjang pendidikan dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, pendidikan khusus hingga pendidikan kesetaraan.

Aplikasi Raport Kurikulum Merdeka

Sementara itu pemerintah belum secara seratus persen mewajibkan sekolah untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka. Namun, bagi sekolah yang sudah menggunakan kurikulum merdeka dan sudah memiliki kesiapaan untuk menggunakan kurikulum tersebut, sekolah harus melakukan tahap yang harus dilalui mulai dari pelatihan guru untuk kesiapan dalam mengimpelemntasikan kurikulum tersebut dan juga sampai pada panduan penilaian pada aplikasi rapor kurikulum merdeka.

Di satu sisi penerapan sudah dilaksanakan sedemikian rupa akan tetap kemdikbudristek sendiri belum rilis secara resmi raport untuk kurikulum merdeka secara resmi pada portal yang mereka miliki

Sampai saat ini masih menggunakan aplikasi e-raport yang lama dengan versi SP V.2023 yang dapat digunakan sesuai dengan jenjang pendidikan Dengan kata lain aplikasi software ini nantinya digunakan untuk menyusun laporan dari hasil pencapaian pembelajaran sisiwa disekolah atau yang disebut dengan raport yang bersifat intrakulikuler maupun pada aspek penguatan profil pelajar pancasila untuk semua jenjang pendidikan dalam melaksanakan atau melakukan implementasi terhadap kurikulum baru yang dilakukan secara mandiri, baik itu sekolah penggerak maupun sekolah pusat keunggulan.

Unduh Aplikasi e-Raport Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA, SMK dan SLB

Aplikasi e-raport kurikulum merdeka ini dikembangkan oleh I Nyoman Pasek untuk versi SP V. 2023 yang mana setiap guru yang hendak mencoba mengunduh harus izin kepada si pemiliknya dengan form ini https://forms.gle/yFb7ZeTnxWmBZfuJ7

Kemudian setelah anda meminta izin mengunduhnya anda harus mengikuti panduan sebagai berikut

Silahkan anda matikan antivirus sebelum melakukan proses instalasi telebih dahulu

Pastikan anda menggunakan windows 64 Bit, dengan instlasi broswes yang fresh tanpa ada plugin

Kemudian anda install apalikasi dengan klik run as administrator pada aplikasi e rapor SP V.2023

Silahkan anda tunggu sampai proses selesai dan lakukan restart pada komputer yang anda miliki

Jika sudah selesai silahkan anda baca panduan dan gunakan username dan password adminnya dengan menuliskan “administrator”

Penutup

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda bahwa aplikasi e raport kurikulum merdeka semua jenjang pendidikan belum benar -benar dirilis oleh kementerian pendidikan.

Aplikasi e-Raport Kurikulum Merdeka Jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, SLB | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5