Link Pengajuan NUPTK TA 2024-2025

Bingkaiberita.com – Sebagian guru honorer ataupun CPNS yang baru masuk ke sekolah tentunya ingin segera mememiliki NUPTK, apa sih nuptk ini? dan manfaatnya bagi para guru apakah sama dengan yang lain.

NUPTK adalah Nomor Unikt Pendidik dan Tenaga kependidikan yang harus dimiliki oleh seorang pengajar di sebuah satuan lembaga pendidikan. Pengajuan NUPTK diberikan kepada guru yang sudah terdaftar pada aplikasi sistem data pokok pendidikan yang disebut dengan Dapodik.

Untuk mengajukan NUPTK ini seorang guru tidak dapat melakukan pendaftaran sendiri, meskipun sudah tau link pengajuan NUPTK namun yang mengajukan adalah operator dapodik atau kepala sekolah.

Dalam hal ini pengajuan untuk mendapatkan NUPTK harus melalu proses yang panjang sampai beberapa bulan baru disetujui karena memang tidak hanya di validasi oleh dinas pendidikan namun penerbitannya langsung dari pusat.

Sebagai guru dan tenaga kependidikan kita hanya bisa menyampaikan beberapa syarat pengajuan NUPTK kepada pihak sekolah yaitu kepala sekolah atau operator dapodik. Mengenai syarat pengajuan NUPTK PNS maupun NON PNS dibedaa

Cara Pengajuan NUPTK PNS

Bagi PNS harus mengajukan kepada pihak sekolah dengan menyertakan syarat-syarat sebagai berikut:

1. SCAN SK Pengangkatan CPNS atau PNS
2. SCAN KTP
3. SCAN SK penugasan
4. SCAN Ijazah dari SD sampai dengan sarjana pendidikan
5. Surat penugasan atau surat pembagian jam belajar, SKMT dan sk dari sekolah lainnya

Setelah anda mengajukan persyaratan kepada pihak sekolah anda bisa memantau proses NUPTK kepada pihak operator dapodik

Cara Pengajuan NUPTK NON PNS

Bagi pengajuan NUPTK non PNS mereka juga harus mengajukan ke pada operator sekolah atau kepala sekolah dengan menyertakan syarat pengajuannya sebagai berikut:

1. SCAN SK Pengangkatan dari Bupati/ Walikota ataupun Gubernur
2. SCAN KTP
3. SCAN SK penugasan langsung dari kepala sekolah atau SK pembagian jam mengajar
4. SCAN Ijazah dari SD sampai dengan sarjana pendidikan

Nah, bagi guru memang tidak bisa mengajukan NUPTK, namun anda bisa menanyakan langsung kepada pihak operator dapodik.

Link pengajuan NUPTK

Untuk pengajuan NUPTK ,yang dapat menggunakan link pengajuan NUPTK dari operator dapodik. Nah, bagi para operator dapodik yang masih baru, mereka pastinya banyak yang tidak tau bagaimana cara mengajukan NUPTK silahkan lihat tutorialnya dibawah iniL

Pertama, Silahkan anda ajukan syarat pengajuan NUPTK tersebut dengan membuka link pengajuan NUPTK di vervalptk.data.kemdikbud.go.id

Login NUPTK

Kedua, Kemudian silahka anda masuk dengan menggunakan user dan password saat anda mendaftar SDM data kemdikbud.

Ketiga, Kemudian anda masuk di dashboard verval PTK dan memilih menu NUPTK kemudian untuk calon penerima NUPTK pilih guru yang akan diajukan

 

calon penerima NUPTKKeempat, Kemudian anda untuk masukkan semua data yang telah dipersiapkan dan silahkan anda masukkan semua dengan bentuk pdf.

Cara Pengajuan NUPTK

Kelima, Setelah anda upload semua, silahkan anda klik tombol OK.

Keenam, Selesai.

Dengan catatananda harus cukup lama menunggu verifikasi atau validasi data dari upload dokument kita yang pertama akan diverifikasi oleh Dinas setelah diapprove maka lanjut dan di Approve oleh LPMP kemudian jikalau lolos maka akan dilakuakn penerbitan dari pusat.

Itulah bagaiaman cara pengajuan dan link pengajuan NUPTK yang dapat anda jadikan refrensi silahkan ya pak dan ibu.

Link Pengajuan NUPTK TA 2024-2025 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5