Pendaftaran Program Kewirausahaan Mahasiswa Kampus Merdeka TA 2023-2024

Bingkaiberita.com –Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau yang disingkat dengan (PKMI) merupakan salah satu program yang dibentuk oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud yang bertujuan untuk membentuk lulusan yang mampu dalam menciptakan lapangan kerja, dengan membangun kesarana dan motivasi mahasiswa dalam berwirausaha.

Pendaftaran Program Kewirausahaan Mahasiswa Kampus Merdeka

Program Kewirausahaan ini memiliki 4 kegiatan yang ditujukan kepada mahasiswa dalam membangun usaha yang akan diikutkan dalam PKMI ini, bagi yang terpilih mereka akan mengikuti kegiatan Workshop Kewirausahaan, Kegiatan berwirausaha Mahasiswa Indonesia, Dan Akselerasi Start Up Mahasiswa Indonesia

Program ini nantinya akan dimentori oleh dosen pembimbing dan dievaluasi di akhir program, mahasiswa tersebut diwajibkan dalam melakukan kegiatan kompetensi kewirausahaan, penyusunan proposal wirausaha, hingga menjalankan kegiatan wirausaha yang digelutinya. Pada proses pertama Dalam Workshop Kewirausahaan, mahasiswa yang memilik usaha dan ide usaha untuk segera melakukan registrasi awal kemudian setelah pengumuman kelulusan maka akan diberikan pendanaan awal dan pendampingan, Dalam pendapingan wirausaha seorang mahasiswa akan diberikan penugasan, pendampingan dan pelaporan secara berkala terkait dengan usahanya kemudian akan di evaluasi.

Program Kegiatan Kewirausahaan Kampus Merdeka Belajar nantinya akan diberikah hak belajar 3 semester diluar program studi. Nantinya seorang mahasiswa akan diberi angka kredit (SKS ) sebanyak 20,76 SKS. Nah, jika kamu tertarik silahkan anda daftar segera dengan persyaratan sebagaimana berikut ini:

Persyaratan Peserta Pendaftar Program Kampus Merdeka

Ada dua jenis kegiatan berwirausaha untuk mahasiswa yaitu yang pertama kegiatan berwirausaha dan akselerasi startup Mahasiswa dengan persyaratan sebagaimana berikut ini:

Persyaratan Pendaftar Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI)

Bagi yang hendak mengikuti program KBMI tahun ini wajib memenuhi syarat sebagaimana berikut ini:

1. Mahasiswa Aktif di pergruuran tinggi yang telah terdaftar di PD Dikti
2. Mahasiwa terdiri dari 3-5 orang usulan
3. Setiap kelompok harus mendaftar di KBMI yang disahkan oleh perguruan tinggi baik sebagai ketua maupun anggota.
4. Mahasiswa berasal dari perguruan tinggi yang sama dari beberapa program studi yang mendukung sesuai dengan keahlian masing-masing.

Persyaratan Pendaftar Startup Mahasiswa

Bagi yang hendak mengikuti program Akselerasi StartUp Mahasiswa Indonesia (ASMI) tahun ini wajib memenuhi syarat sebagaimana berikut ini:
1. Mahasiswa Aktif di pergruuran tinggi yang telah terdaftar di PD Dikti
2. Memiliki stratup yang aktif berjalan minimal 6 bulan baik itu web apss maupun mobile apps, sudah memeilik transaksi, bisa diunduh dan lain sebagainya.
3. Telah memiliki Pitch Deck Sesuai dengan Format

Tujuan diadakan Program Kewirausahaan Kampus Merdeka

Nah, untuk tujuan kedua jenis program kewirausahaan Kampus meredeka hampir sama, namun ada sedikit perbedaan yang masing-masing dapat kami ulas sebagaimana berikut:

Tujuan Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI)

1. Untuk menumbuhkan karakteristik wirausaha mahasiswa
2. Mengembangkan jiwa wirausaha yang inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan zaman.
3. Menentukan peluang usaha yang cocok sehingga dapat menentukan celah pasat untuk mencapai peluang keberhasilan dalam berusaha
4. Mengimplemntasikan kebijakan kampus merdeka.

Tujuan Start Up Mahasiswa

1. Membangun ekosistem startup di kalangan Mahasiswa dengan meningkatkan motivasi kwiraushaan
2. Mempersiapkan start up Indonesia menjadi startup global
3. Membangun jaringan startup yang ada di Indonesia.

Kegiatan kewirausahaan ini sebagai salah satu role model kampus merdeka dalam memanhukan pendidikan tinggi dalam mewujudkan manusia yang mememiliki daya saing, sehat, cerdas, kreatif dan inovatif yang sesuai dengan nilai pancasila dalam memunculkan wirausaha muda di perguruan Tinggi

Kategori Usaha dalam Program Kewirausahaan Kampus Merdeka

Ada beberapa kategori yang dapat diajukan dalam menentukan usaha yang akan dikembangkan yang bukan digital maupun startup adalah sebagai berikut:

1. Usaha Makanan dan minuman
2. Usaha Jasa dan perdagangan
3. Idustri Kreatif
4. Produksi dan Budidaya
5. Teknologi terapan.

Jadwal Pendaftaran Program Kewirausahaan Kampus Merdeka

Ditjen Dikti telah memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk mengikuti program ini dengan mengajukan usulan usaha yang terdiri dari 3-5 orang yang nantinya akan dilaukan seleksi menjadi peserta yang dimulai dari tangga; 8 februari sampai dengan tanggal 26 maret.

Pendaftaran Online Program Kewirausahaan Kampus Merdeka

Pendaftaran Program Kewirausahaan Kampus Merdeka dilaksanakan secara online yang beralamat di portal sim-pkmi.kemdikbud.go.id dengan memenuhi syarat pengusulan usaha dan memenuhis persayratan lainnya untuk mendapatkan dana pengembangan wirausaha yang didampingi dosen pembimbing sekaligus dari CEO Academy. Perguruan tinggi dapat mengajukan usulan usaha mahasiwanya paling banyak 20 usulan usaha.

1. Perguruan tinggi diwajibkan login di Program Kewirausahaan Kampus Merdeka dengan laman protal di sim-pkmi.kemdikbud.go.id bagi perguruan tinggi yang belum memiliki akun silahkan untuk melakuan registrasi terlebih dahulu yang diperuntukkan bagi operator perguruan tinggi.

2. Mahasiswa yang hendak mengusulkan usahanya mengajukan login mahasiswa ke Operator Perguruan tinggi untuk dapat login mahasiswa yang dibuatkan langsung oleh operator PT dan Loginnya diberikan ke Mahasiswa yang bersangkutan.

3. Mahasiswa dapat login di sistem SIM-PKMI dan mengisi semua formulir online dan usulan usahanya yang telah disediakah termasuk lembar pengesahan PT yang harus diunduh dan diisi oleh mahasiswa

4. Mahasiwa mengisi lembaran pengasahan Perguruan tinggi untuk diajukan ke Perguruan tinggi untuk validasi dan pengesahannya.

5. Jika Perguruan tinggi telah mengesahkan sialhkan untuk mengunggah kembali lembaran pengesahan tersebut ke SIM-PMI sekaligus megakhirinya dengan submit usulan sudaha termasuk dengan lampiran pendukung yang berupa gambar atau video.

Untuk lebih lengkapnya terkait dengan program kewirausahaan kampus merdeka bisa anda lihat dibawah ini:

 

 

Silahkan bisa anda unduh klik disini

Semoga dengan informasi ini bisa bermanfaat bagi anda yang sedang ingin melakukan usaha melalui program kewirausahaan kampus merdeka atau anda yang ingin menjadi pengajar bisa langsung melakukan pendaftaran program kampus mengajar.

Pendaftaran Program Kewirausahaan Mahasiswa Kampus Merdeka TA 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5