Peluncuran Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 1 TA 2023-2024

Bingkaiberita.com – Kampus Mengajar merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program ini adalah lanjutan dari program sebelumnya yaitu Kampus Mengajar Perintis yang sukses dilaksanakan pada akhir  lalu. Program Kampus Mengajar dibuka bagi seluruh mahasiswa dari seluruh program studi dan perguruan tinggi di Indonesia. Seluruh mahasiswa dapat berkontribusi dalam program ini untuk membuat perubahan dan mengembangkan diri.

Pendaftaran Kampus Mengajar 

kampus mengajar

image from youtube.com

Program Kampus Mengajar  melalui Youtube chanel Kemendikbud RI. Peluncuran program ini dilakukan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Program Kampus Mengajar mengajak para mahasiswa untuk berkontribusi dalam memajukan pendidikan di daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Program ini diharapkan dapat memberikan bantuan bagi Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T dengan memberdayakan mahasiswa untuk membantu dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pembelajaran literasi dan numerasi. Mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar juga diharapkan dapat membantu adaptasi teknologi dalam proses pembelajaran baik daring maupun luring.

Program Kampus Mengajar rencananya akan dilakukan dalam 12 minggu. Nantinya dengan mengikuti program tersebut para mahasiswa peserta program Kampus Mengajar akan mendapatkan bantuan pembayaran UKT, uang saku, dan pengakuan konversi mata kuliah sebesar 12 SKS. Secara rinci, bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000,00 per bulan, bantuan uang kuliah (UKT) maksimal sebesar Rp 2.400.000,00 bergantung pada UKT di masing- masing kampus.

“Jangan tahan niat baikmu. Mari bersama saling ulurkan tangan dan memberikan dampak sosial langsung dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.” Demikian ajakan langsung dari Kemendikbud bagi para mahasiswa. Beliau berharap para peserta Program Kampus Mengajar akan dapat mengubah tantangan menjadi harapan. “Saya berharap setiap mahasiswa akan menjawab tantangan saya untuk terus memelihara api optimisme dan memberikan kontribusi terbaiknya.”

Jadwal Pendaftaran Kampus Mengajar 

Program Kampus Mengajar Angkatan 1 dibuka untuk periode 9 Februari 2021 hingga 11 Juli 2021. Alur pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Pendaftaran: 9 – 21 Februari
  2. Seleksi: 22 Februari – 12 Maret 
  3. Pembekalan: 15 – 21 Maret 
  4. Penugasan: 22 Maret – 25 Juni 
  5. Penarikan Mahasiswa: 26 Juni 
  6. Transfer SKS di perguruan tinggi: 5 – 11 Juli 

Syarat  Pendaftaran Kampus Mengajar

Pendaftaran dibuka husus bagi mahasiswa yang memasuki semester 5 ke atas dari seluruh program studi. Kemudian mempunyai IPK minimal 3,00 dan aktif di organisasi serta mendapatkan izin dan rekomendasi dari masing- masing kampus. Aktivitas mengajar dilakukan dalam 6 jam setiap hari senin hingga jumat. Kegiatan utamanya adalah membantu mengajar seperti membaca dan berhitung disesuaikan dengan kemampuan siswa. Dengan demikian mahasiswa peserta program ini akan mendapatkan pengakuan setara 12 SKS.

Sasaran Program Kampus Mengajar

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Nizam menyebutkan ada beberapa syarat Sekolah Dasar sasaran program Kampus Mengajar, yaitu:

  1. Sekolah Dasar dengan akreditasi C terutama di daerah 3T
  1. Mahasiswa yang mengajar bertempat tinggal dekat dengan Sekolah Dasar Sasaran agar tidak terjadi mobilisasi
  1. Mahasiswa pengajar berperan sebagai duta edukasi perubahan perilaku Covid-19.

Program Kampus Mengajar diharapkan dapat membantu pembelajaran di daerah 3T dengan tetap meminimalisir mobilisasi di tengah pandemi Covid-19.

Sumber: kompas.com

Peluncuran Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 1 TA 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5