CEK BLT Guru Honorer dan Dosen Non PNS Rp 1,8 Juta

Bingkaiberita.com – Alhamdulilah, Dosen dan guru honorer non PNS akan terima bantuan langsung tunai (BLT) sebesar 1,8 juta yang akan dibagikan kepada pendidik dan tenaga pendidik yang ada di lingkungan kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan jumlah total anggaran sebesar Rp 3,6 trilyun yang akan dibagikan ke 2 juta pendidik dan tenaga pendidik.

Adapun penerima BLT Rp 1,8 juta ini, seperti yang disampaikan oleh Menteri pendidikan, Nadiem Makarim digunakan untuk dosen tidak tetap, guru honorer, kepala sekolah yang ditunjuk, para pendidik di PAUD, Tenaga pendidik seperti tenaga laboratorium, tenaga perpusataakan, tenaga administrasi dan tenaga lainnya yang berada di lingkungn sekolah yang akan menjadi sasaran penerima BLT Rp. 1,8 juta.

Adapun rincian penerima yang sudah masuk dalam rapat kerja komisi 10 dan dukungan dari kementerian keuangan sebanyak 2.034.732. Terdiri dari 162.277 dosen pada PTN dan PTS, 1.634.832 guru dan pendidik sekolah negeri dan swasta dan 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium dan tenaga administrasi yang kita ambil datanya dar okezone.com

Bagi yang sudah menerima bantuan dari kartu prakerja atau bantuan lainnya guru yang bersangkutan tidak akan menerima BLT Dosen dan Guru Honorer ini. Syarat utama adalah belum menerima bantuan dari pihak manapun selama pandemi Covid 19.

Selanjutnya para guru dan dosen honorer termasuk tenaga adminsitrasi dan lainnya harus benar-benar terdata dalam aplikasi sistem data sekolah atau kampus. Jika Sekolah sudah masuk dapodik sekolah yang dapat dilihat data validasinya melalui info.gtk.kemdikbud.go.id

Seorang guru honorer dan tenaga pendidik (tenaga administrasi, tenaga lab, tenaga perpustakaan) bisa langsung login di laman info.gtk.kemdikbud.go.id dengan meminta email aktif dan password kepada para operator sekolah masing-masing. Karena waktu lalu sudah ada Verifikasi email dapodik sekolah.

Jika seandainya lupa password atau email aktif yang digunakan untuk login, maka para guru honorer meminta ke pada petugas operator sekolah untuk mengatur ulang akun atau reset akun ulan di Manajemen Dapodik sekolah.

Setelah anda masuk di laman info.gtk. kemdikbud.go.id langsung ada validasi data dari sekolah dan lihat tampilan tabulasi yang paling bawah sendiri bernama Tabulasi SK Bantuan Subsidi Upah guru honorer bukan PNS.

Jika belum ada SK silahkan anda tunggu dan jika ada kesalahan datanya silahkan diperbaiki melalui kontak operator dapodik sekolah masing-masing agar dilakukan perbaikan terhadap aplikadi Dapodik.

SK BLT Guru Honorer

 

Dalam Tabulasi tersebut memuat, Nomer SK, Tanggal Penerbitan SK, Nama Penerima bantuan SK, NUPTK, NIK, Kabuaten, kota, provinsi, Rekening Bank, Nama Bank, Cabang Bank anda perhatikan semuanya jangan sampai nomer rekening salah yang berakibat bantuan tersebut tidak cair pada rekening anda.

CEK BLT Guru Honorer dan Dosen Non PNS Rp 1,8 Juta | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5