Jadwal Pendaftaran Sipss Polri Ta 2023-2024

Bingkaiberita.com – Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) Polri telah membuka penerimaan polri untuk kriteria lulusan sarjana dan pascasarjana sesuai dengan jurusan dan bidang yang dibutuhkan. Sekolah inspektur ini nantinya akan bertugas sesuai dengan bidang pendidikan dan setip tahun mabes polri membuka pendafaran polri sesuai dengan Jadwal Pendaftaran Sipss Polri

Jadwal Pendaftaran SIPSS Polri

Pendaftaran Polri ini akan berlangsung selama 2 minggu dan calon ciswa polri lulusan sarjana yang nantinya lolos tes penerimaan mereka akan dibina, dilatih dan didik di Akademi Kepolisian Lembaga Pendidikan latihan polri semarang, Jawa tengah selama 6 bulan. Bagi yang lolos pendidikan ini mereka akan diberikan pangkat seperti lulusan Akpol dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA)

Pembukan pendidikan ini akan berlangsung akan berlangsung selama 6 bulan mulai dari bulan maret sampai penutupan akan berakhir pada bulan september. Berikut beberapa hal terkait dengan tahapan-tahapan penerimaan pendidikan polri sipss sesuai dengan keputusan tanggalnya

Jadwal pendaftaran SIPSS Polri biasanya rsmi dibuka pada bulan januari selama 15 hari atau lebih sesuai dengan keputusan dari Kepala Biro Pengendalian Pengelolaan Sumber daya  polri.

Jadwal Tanggal Pendaftaran Sipss Polri

Karena setiap tahun penerimaan sipss dibuka untuk umum, maka untuk jadwal pendidikan selanjutnya akan dilakukan berbeda sesuai dengan tanggal dan jadwal pendaftaran polri yang berbeda.

No KegiatanJadwal
1Pendaftaran Secara Online6 Jan s/d 24 jan
2Verifikasi Calon dan Dokument06 jan s/d 24 jan
3Penandatangan pakta Integritas ukur tinggi badan dan berat badan25-Jan
4Admnistrasi, peng dan kirim hasil26-Jan
5Uji TKK, Aspek Pengetahuan, Peng dan Kirim hasil27-Jan
6Rikes tahap 1, Peng & kirim hasil28-Jan
7Pmeriksaan Psikologi, Peng & kirim hasil29-Jan
8Sidang terbuka menuju Rikes 2 di tingkat Panda30-Jan
9Rikes 2, Peng & kirim hasil31 jan s/d 1 feb
10Penulusuran Mental Kepribadian2-Feb
11Pemeriksaan administrasi akhir, peng, hasil akhir3 feb
12Sidang terbuka kelulusan Tingkat Panda5 Feb
13Persiapan calos=n sisw ake Lemdiklat6-Feb

Bagi lulusan sarjana yang memang belum memiliki kesiapan pada tahun ini untuk menunggu tahun berikutnya dan melengkapi beberapa syarat pendaftaran seperti yang telah ditentukaan oleh pendaftaran sipss polri.

Syarat Pendaftaran Sipss Polri

Beberapa hal terkait dengan persyaratan sipss polri yang harus disiapkan mulai dari sekarang ini adalah sebagai berikut:

1. Pelamar adalah warga negara Indonesia yang berkriteria umur minimal 18 tahun yang dibuktikan sesuai dengan kartu keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Pelamar memiliki kesehatan jasmani, rohani dan bebas narkoba yang dibuktikan melalui surat keterangan dokter dari RSUD setempat.
3. Pelamar belum pernah masuk dijeruji besi alias tidak terlibat tindak pidana yang dibuktikan dengan SKCK
4. Pelamar bersedia ditugaskan di satuan kerja sesuai dengan bidangnya di seluruh wilayah Indonesia
5. Pelamar belum pernah memiliki hubungn ikatan dinas dengan instansi manapun
6. Pelamar bersedia menjalani ikatan dinas pertama selama 10 tahun setelah dilantik menjadi perwira polri
7. Pelamar memiliki kriteria tinggi badan minimal untuk pria 158 cm sedangkan untuk wanita 155 cm
8. Kriteria umur untuk lulusan Sarjana ataupun diploma 4 Adalah 26 tahun, sedangkan untuk sarjana yang sudah berprofesi berumur 29 tahun, dan untuk lulusan pascasarjana (s2) berumur 33 tahun dan terakhir untuk lulusan S2 Profesi kedokteran berumur 40 tahun.

Biaya Masuk SIPSS Polri

Pendaftaran SIPSS Polri setiap tahunya dibuka untuk umum, untuk biaya masuk polri sipss tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis sehingga bebas dari praktik KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Apabila ada yang mengaku panitia dapat meloloskan seleksi silahkan anda laporkan di aplikasi yang dapat anda unduh diwebsite resmi yang ada di penerimaan.polri.go.id

Pembukaan Perwira khusus Sarjana Polri ini dilakukan sesuai dengan prosedur penerima dengan syarat khusus yang utama adalah jurusan perwira polri.

Itulah beberapa hal terkait dengan jadwal pendaftaran sipss polri, tanggal dan syaratnya. Semoga dengan informasi yang sedikit ditas menambah keilmuan and.

Jadwal Pendaftaran Sipss Polri Ta 2023-2024 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5