8 Perguruan Tinggi Kedinasan Lulusan Jadi CPNS, Tak Kalah Dengan PTN

Advertisement

Bingkaiberita.com –  Setiap lulusan perguruan tinggi ingin bekerja menjadi Calon pegawai negeri Sipil. Karena tak banyak mereka yang masuk di perguran tinggi negeri setelah lulus malah kebingungan, mondar-mandir sana sini untuk mencari pekerjaan.

Bagi seorang siswa memang sebelum mencari jurusan kadang mencari tahu prospek kerja untuk lulusan jurusan yang diinginkan, karena tidak semua sekolah kedinasan ini memang menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun, ada juga siswa yang ingin mendapatkan kepastian kerja setelah mereka usai lulus nantinya tanpa memikirkan passion yang dimilikinya.

8 Perguruan Tinggi Kedinasan Lulusan Jadi CPNS

Untuk masuk ke perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan seorang mahasiswa harus memiliki mental dan jiwa yang kurat karena untuk masuk menjadi seorang calon praja selain memiliki kecerdasan, mereka juga harus memiliki mental yang kat apalagi antara perguruan tinggi memiliki ketetan masing-masing atau kriteria masing-masing untuk syarat masuk ke perguruan tinggi negeri

Seperti yang dikutip dari kompas.com tertanggal 7 September 2021 bahwa sekolah kedinasa adalah kumpulan perguruan tinggi negeri yang memiliki ikatan dinas dengan beberaga instansi pemerintahan sebagai salah satu penyelenggara pendidikan.

Berikut 8 perguruan tinggi kedinasan yang nantinya bisa anda jadikan refrensi sebagai bahan pertimbangan melanjutkan ke perguran tinggi selanjutnya

1. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah kementerian keuangan yang menawarkan program pendidikan studi dengan gelar Diploma dalam bidang keuangan dan jasa sampai dengan perpajakan. Dan nantinya lulusan PKN STAN akan bekerja dibawah naungan kementerian keuangan.

Pada tahun ini Seleksi penerimaan mahasiswa baru PKN STAN menggunakan hasil ujian yang diambil dari nilai Uji Tulis berbasi Komputer (UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT)

Selengkapnya simak Pendaftaran PKN STAN

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Kampus IPDN berlokasi di Jatinangor yang letaknya tak jauh dari kota Bandung yang mana menjadi pilihan banyak anak SMA yang lulusannya akan bekerja di Bagian pemerintah kota, daerah, kabupaten, provinsi, dan dibawah naungan kemendagri yang nantinya lulusan dari IPDN akan mendapat gelar diploma tiga maupun empat dengan program studi Kebijakan pemerintahan, politik pemerintahan, manajemen keuangan dan lain sebagainya Lulusan IPDN akan diangkat langsung menjadi calon pegawai negeri sipil

Selengkapnya simak Pendaftaran IPDN

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Sekolah Kedinasan STIS ini awalnya bernama Akademi Ilmu Statistik yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menawarkan program studi Komputasi Statistik dan Ststisik pada jalur Diploma tiga maupun empat.

Selengkapnya simak di Pendaftaran STIS

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara

Sekolah TInggi Inetelijen Negara Ini adalah sebuah perguruan tinggi yang memfokuskan pada ilmu intelijen yang mana diawasi dan diselenggarakan langsung oleh Badan Intelijen Nasional alias BIN yang merupakan organiasi intel yang mana jikalau di Amerika Serika sana, disebut engan Central Intelligence Agency (CIA). Menawarkan pada program studi Agen dan Analisis Intelijen.

Selengkapnya simak Pendaftaran STIN

5. Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG)

Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dibawah nangan BMKG yang mana lulusannya akan bekerja menjalankan tugas badan meteorologi dengan program studi Ilmu Meteorologi, Klimatologi, Geofisikan dan Instrumentasi

Selengkapnya simak Pendaftaran STMKG

6. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Poltek SSN merupakan perguruan tinggi negeri dibawah naungan Badan Siber dan Sandi Negera (BSSN) yang waslnya organisasi ini berada di bawah kementerian Pertahanan yang dikenal sebagai nama Bagian Code Kementerian Pertahanan bagian B.

Seorang calon Mahasiswa akan dibebaskan dari biaya pendidikan dan biaya tinggal selama belajar menjadi mahasiswa dengan tiga program studi dengan jalur program Diploma empat.

Simak, Pendaftaran Politeknik Sandi Negara

7. Sekolah Kedinasan Dibawah Naungan Kementerian Perhubungan

Ada banyak sekali sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan kementerian perhubungan, seperti yang kami kutip dari wikipedia.org bahwa ada sekitar 10 lebih politeknik yang berada dibawah kementerian perhubungan.

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang
Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali
Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Politeknik Pelayaran Surabaya
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
Politeknik Pelayaran Barombong
Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
Politeknik Penerbangan Makassar
Politeknik Penerbangan Medan
Politeknik Penerbangan Surabaya
Politeknik Penerbangan Jayapura

Simak Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub

8. Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan poltekim)

Kementerian Kemenkumham juga menyelenggarakan pendidikan sekolah kedinasan yang nantinya para lulusannya akan bekerja dibawah Kementerian Hukum dan HAM dengan dua lembaga pendidikan yaitu

Politeknik Ilmu Pemasarakatan dan Politeknik Imigrasi yang keduanya merupakan salah satu pendidikan kedinasan yang lulusannya akan menjadi calon pegawai negeri sipil

Simak selengkapnya untuk melihat Pendaftaran Poltekip Poltekim

Selain dari Perguruan Tinggi Kedinasan yang kami sebutkan diatas lulusannya tidak akan menjadi calon pegawai negeri sipil ada Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN ) yang juga dibawah naungan kementerian pertanahan namun lulusannya tidak diangkat menjadi CPNS.

Other articles you might like;

8 Perguruan Tinggi Kedinasan Lulusan Jadi CPNS, Tak Kalah Dengan PTN | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5