2 Cara Cek SK Inpassing GBPNS (Guru Bukan PNS)

Bingkaiberita.com – Biasanya Guru Bukan PNS (GBPNS) ini jarang mengenal istilah GBPNS, dan yang dimaksud GBPNS ini adalah guru honorer yang telah diangkat oleh pemerintah daerah sehingga mereka memiliki gaji pokok yang dibayarkan setiap bulannya dari pemerintah daerah. Inpassing sendirri merupakan salah satu proses penyetaraan jabatan guru bukan PNS yang disetarakan dengan Guru PNS yang notabene sama-sama memiliki masa kerja yang diangkat dan bisa diajukan kenaikan jabatan dua tahun sekali. Sehingga gaji pokok akan mempengaruhi dari tunjangan profesi guru yang dibayarkan setiap triwulan.

Cara Cek SK Inpassing GBPNS

Inpassing GBPNS ini tertuang dari Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada no 38 tahun 2020 terkait dengan Sertifikat Pendidika bagi guru dalam jabatan. Bagaimana dengan honorer yang bukan PNS? Maka pembayaran sertifikasi guru diperoleh dari Gaji Pokoknya sehingga untuk mengajukan Inpassing GBPNS syaratnya harus memiliki sertifikat pendidik. Nah, berikut akan kami sampaikan cara cek SKN Inpassing GBPNS.

Cara CEK Inpassing GBPNS Melalui Laman Mutasi SDM Kemdikbud

– Silahkan anda cek informasi SK Penyetaraan Guru Bukan PNS di laman http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/layanan/

– Selanjutnya anda pencet tombol menu SK Penyetaraan GBPNS seperti gambar dibawah ini

– Isi sesuai dengan data yang benar berdasarkan nama guru, NUPTK, Nama sekolah dan kabupaten kemudian anda tekan tombol cari.

– Nah, selanjutnya apabila yang bersangkutan keluar datanya, maka dapat melihat detail dari Surat keputusan Inpassing yang dimilikinya.

– Kemudian apabila tidak ketemu datanya anda bisa cari data di menu SK inpassing guru bukan PNS yang ada di menu bawahnya. Apabila tidak ketemu maka guru honorer yang bersangkutan memang tidak memiliki SK Inpassing.

Cara Cek SK Inpassing GBPNS Dari Info GTK

Kemudian ada alternatif lainnya yang bisa dengan mudah untuk pengecekkan data SK Inpassing guru bukan PNS dari laman INFO GTK, setiap guru yang sudah masuk di data pokok pendidikan sekolah bisa melakukan verifikasi akun PTK dengan username dan password yang telah diberikan oleh prator dapodik. Sehingga untuk verivikasi email pribadi bisa anda lakukan dan rubah password sesuai dengan email yang dimiliki.

Untuk verifikasi akun ptk bisa melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dan untuk rubah email bagi yang emailnya tidak aktif operator sekolah bisa login ke sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan login menggunakan SSO.

Tidak semua honorer memiliki SK Inpassing, karena mereka tidak semua mengetahi apa itu Inpassing GBPNS. Mereka yang memiliki sertifikat pendidik wajib untuk melakukan pengiriman data ke pusat untuk pendaftaran Inpassing GBPNS ini yang nantinya akan di proses dan mendapatkan SK Inpassing.

Semoga dengan kabar ini, semua guru honor yang ada di sekolah bisa segera mengajukan inpassing. Selagi menununggu pendaftaran pppk guru yang notabene akan dilaksanakan dengan formasi jumlah pppk guru mencapai 1 juta formasi guru.

2 Cara Cek SK Inpassing GBPNS (Guru Bukan PNS) | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5