Sistem Zonasi ppdb 2018 - Bingkai Berita

Sistem Zonasi ppdb 2018

Pendaftaran PPDB di sejumlah daerah di Indoesia sudah dilakukan, namun kali ini pemerintah mengatur pendaftaran PPDB dengan sistem yang telah diatur di peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan atau permendikbud nomer 14 tahun 2018 atau dapat dikatakan sebagai sistem zonasi ppdb 2018.

Adapun Sistem Zonasi PPDB 2018 menurut permendikbud nomer 14 tahun 2018 memiliki aturan yang harus diperhatikan antaralain adalah sebagai berikut:

1. Sekolah wajib menerima calon peserta didik yang memilik domisili pada radius zona terdekat paling sedikit 90% dari jumlah peserta didiknya, dan sekolah telah diselenggarakan oleh pemda atau pemprov.

2. Zonasi yang dimaksudkan adalah zonasi sekolah yang didasarkan pada alamat orang tua yang tertera ada Kartu keluarga paling lambat enam bulan sebelum melakukan pendaftaran PPDB.

3. Zonasi yang diberlakukan adalah radius zona yang dekat dengan alamat rumah yang tergantung pada ketersediaan anak atau pendaftar dari daya tampungnya.

4. Penetapan radius zona sesuai dengan penentuan dari pemda yang telah melibatkan kepala sekolah dan stakeholdernya.

5. Bagi yang berada di alamat perbatasan provinsi maka akan ada kesepakatan tertulis antara pemda yang berbatasan langsung pada zona terdekat di perbatasan.

Namun, ada juga ketentuan diluar zonasi untuk calon siswa yaitu dengan beberapa cara yaitu:

a. Sekolah menerima siswa yang berprestasi dengan kuota paling banyak 5% dari jumlah peserta didik atau siswa yang akan diterima.

b. Sekolah menerima siswa perpindahan domisili karena alasan suatu hal seperti bencana alam dengan kuota paling banyak 5% dari jumlah siswa yang akan diterima.

Sistem Zonasi ini akan menjadi salah satu faktor tahap seleksi kedua setelah faktor usia dan hal ini tidak berlaku utuk jenjang SMK dan diberlakukan untuk Tingkat SD, SMP dan SMA. Sistem Zonasi ini akan diberikan pada tahap awal seleksi dan pada tahap kedua baru dilihat dari hasil ujian nasional SD atau SMP.

Baca Juga:

Pendaftaran PPDB Sidoarjo

Untuk jarak zonasi sendiri menutu Dirjen Pendidikan dan Dasar dan Menengah dengan memberlakukan Jarak 3 kilometer untuk jenjang pendidikan sekolah dasar, 5 s/d 7 untuk jenjang SMP dan pada jenjang SMA atau SMK diberlakukan jjarak 9 s/d 10 km. Dan untuk beberapa daerah tertentu yang jaraknya jauh dari sekolah akan diatur oleh dinas pendidikan. Dan bagi sekolah yang zonanya kelebihan anak yang akan masuk sekolah yang paling dekat maka dinas pendidika harus mencari sekolah lainnya.

Itulah beberapa hal terkait dengan sistem zonasi ppdb 2018

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2018| Official Topik Nugroho Web|Topik Wisata |Seputar Wisata | Harga Mobil Toyota

Advertisement
Sistem Zonasi ppdb 2018 | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply