Penerimaan PendaftaranTaruna Baru Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) 2015/2016

Advertisement

Bingkaiberita.comPENERIMAAN AMG TARUNA BARU 2015/2016 : AKedemi Meteorologi dan Geofisika (AMG) /STMKG 2015/2016, Bagi adik-adik Siswa SMA, MA, MAN, SMK Atau Siswa Sekolah SMK, SMA/MA yang sudah lulus sekolah ingin melanjutkan kuliah diperguruan tinggi kedinasan  tertanda kelahiran (1 September 1991 sampai dengan 30 Agustus 1997) bisa mengikuti test pendaftaran AMG Secara online diwebsite Resminya ptb dot amg dot Ac dot Id. AMG ini adalah sebuah singkatan dari nama  Akedemi Meterologi dan Geofisika  yang berubah -ubah nama, nama asalah dari AMG ini pertama kali pada tahun 1978 yang  semula bernama balai pendidikan dan latihan Meteorlogi dan Geofisika yang disingkat  (BPLMG) dengan statusnya dibawah naungan dari Badan Diklat Departemen Perhubuungan. Pada tahun 2010 yang lalu  BPLMG diubah nama menjadi AMG dan kampusnya pun pindah di Jalan perhungan 1, pondok betung, Pondok Aren, Tangerang, Banten.

Hingga pada tahun 2004 , AMG masih pada naungan Badan DIklat dan terhitung sejak 1 januari 2005 dan sampai sekrang ini AMG berada di Bawah Badan Meterologi dan Geofisika atau disbut dengan BMG sebagai lembaga non Departemen, kemudian BMG yang dimaksud kembali berubah Nama menjadi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofsika (BMKG) yang hingga saat ini belum ada Perubahan atas tata Kerja di AMG termasuk dalam Pendaftaran AMG

 Pendaftaran Kuliah di AMG ini belandaskan sekolah Ikatan dinas yang dibiayai oleh negara dan mendapatkan tunjangan ikatan dinas pada kuliah semester sat dan dua dengan besaran TID masing-masing orang mendapatkan 500 ribu perbulannya, Setelah anda selesai maka anda akan diwisuda menjadi Diploma 1, Pada tahun kedua anda akan ditempatkan di  beberapa stasiun-stasiun atau kantor BMKG dam sudah diangkat menjadi CPNS.  Dan pada tahun ketiga atau semester 3nya anda akan menjadi Pegawai Negri SIpil atau PNS yang berstatus sebagai taruna tugas belajar Sudah berhak mendapatkan gaji PNS 100% PNS ditambahkan dengan tunjangan tugas belajar.

AMG ini memang salah satu daya tarik bagi Siswa yang baru lulus dari SMA dan sewajrnya akan mendapatkan kelayakan yang khusus terutama dalam semua bidang. Dan sistem perkuliahan yang digunakan oleh AMG adalah Sistem Ketarunaan atau sistem Militer dala hal sebagai berikut ini:

– Memakai Pakaian Ikatan dinas
– Memakai Atribut, kepangkatan
– Sistem Senioritas
– Ada korps Batalyon Taruna dengan Jabatan-jabatannya
– Kerapian dan Potongan Rambutnya

Adapun pendidikan tinggi di AMG selalu menjamin kurikulum dan sistem pendidikan yang dilaksanakan harus tepat dengan sasaran dan berguna bagi BMKG dan stakeholdernya terutama bagi lulusan AMG sendiri, sehingga sistemnya memiliki Penjaminan Mutu Pendidikan atau SPMI yang dilaksanakan sebagai  salah satu sitem yang bekerjasama dengan universitas ternama seperti ITB, UI, UGM. Dan Saat ini AMG adalah salah satu pelopor Akreditasi Ban PT dari sekolah ikatan dinas lainnya.

Jadwal PenerimaanPendaftaran AMG Kapan?

Jadwal penerimaan pendaftaran AMG ini sudah dimulai sejak  5 maret sampai dengan 20 April 2015di website resmi ptb.amg.ac.id dengan mengklik pendaftaran secara online. Anda bisa memilih jurusan yang anda sukai terlebih dahulu sebelum anda mendaftarkan di situs resminya. Ada beberapa pilihan untuk jurusan di AMG  seperti berikut:

– Program D III Atau Ahli Madya dengan titile (A.Md) membuka beberapa jurusan yang terkait seperti berikut ini:

- Kosentrasi pada Jurusan Instrumentasi
– Kosentrasi pada Jurusan Klimatologi
– Kosentrasi pada Jurusan Geofisika
– Kosentrasi pada Jurusan Meteorologi

– Program D IV atau setara dengan tingkatan ke Sarjanaan  dengan titile kesarjanaan yang dapat diraih yaitu Sarjana Sains Terapan (S.S.T) yang dapat diambil kepada mahasiswa dengan Indeks Prestasi Komulatif yang telah dipersyaratkan (khusus bagi D III)

Apa saja sih Syarat-Syarat Untuk mendaftar AMG ini?
Syarat-syarat dalam pendaftaran sekolah ikatan dinas  adalah sebagai berikut ini:

– Pastinya adalah Warga Negara Indonesia dengan tinggi minimal untuk Pria 163 dan untuk wanita 156 dengan berat badan proposional dan tidak memiliki kelainan jiwa, buta warna, cacat fisik dan lainnya
– Umur yang boleh mendaftarkan adalah tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun
– Belum menikah, Tidak memakai Narkoba, Tidak Menjalankan ikatan dengan dinas lain dan Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.
– Lulus Atau Akan Lulus SMA, MA pada jurusan IPA atau SMA dengan keahlian teknik mekatronika, teknik elektronika Industri, teknik Jarinagan AKses, TKJ( Komputer jaringan, transimis telekomunikasi ( Hanya dapat memilih satu jurusan dari AMG yaitu jurusan Instrumentasi)
– Nilai MTK, BHS inggris dan Fisika pada kelas XI semester 2 dan Kelas XII semester satu minimal 70 ( bukan hasil rata-rata minimal)

Tata Cara Pendaftaran AMG 2015/2016

– Pendaftararan dilakukan secara online di website resmi panitia PMB AMG yang berada di alama website di http;//ptb.amg.ac.id

– Pendaftaran biasanya dilakukan pada bulan-bulan  maret atau april setiap tahunnya.

– Calon pendaftar harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh panitia seperti yang telah kami sampaikan diatas.

–  sebleum anda mendaftarkan secara online,  pastikan anda suah memiliki alamat email. Jika anda belum memilikinya silahkan anda buat email gmail terlebih dahulu dan juga anda pastikan anda sudah ada scanan gambar photo atau image  pasfoto yang berwarna dengan format jpg  dengan ukuran maksimal 500 kb

– Selanjutnya bukalah email anda untuk validasi aktivasi linknya  untuk pendaftaran AMG. setelah itu anda download bukti  validasi dari WEB dan  Nomer Pembayaran yang tertera pada download Validasi tersebut digunakan sebagai  alat untuk pembayaran di Bank BNI.

–  Gunakan Nomer Pembayaran setelah itu biaya pendaftaran AMG akan dikenakan sebesar 75 ribu rupiah  dan pembayaran harus dilakukan di Teller Bank BNI dan biaya Administrasinys sebesar 5 ribuan.

– Setelah calon pendaftar AMG membayar di Bank BNI , selanjutnya akan mendapatkan bukti pembayaran sekaligus dengan PIN pembayaran

– Setelah itu calon kembali membuka website panitia AMG pilih menu dan cetak kartunya Masukkan Nomer Pembayaran  dan Nomer Pin yang sudah tertera pada bukti pembayaran Bank BNI kemudian Klik Download  Kartu Tanda Peserta.

– Kartu tanda pesera harus di download maksimal selama 4X 24 jam jika selama 4 harian tidak di download maka  donwload akan hangus dan harus kembali mendaftrkannya dan uang pendaftaran yang sudah dibayar akan hilang dan harus melakukan pembayaran ulang sesuai dengan langkah diatas.

– Simpanlah kartu tanda peserta Ujian Pendaftaran AMG yang harus ditunjukkan ketika Test Kemampuan Dasar , Test Kemampuan Akademik dan pada waktu pendaftaran ulang apabila calon dinyatakan diterima sebagai Taruna.

Test Apa Saja Yang Akan diujikan?

–  Yah, seperti test Potensi Akedemik ( MTK, Fisika, Bahasa Inggris) dan lainnya so, pasti Test Kompetensi Dassar (TKD) juga dan terkahir ada pemeriksaan kesehatan dari RSUD Setempat, ndak mau dong kalau calon MABA tidak sehat Jasmani dan Rohaninya. Pikirlah sendiri.

Bagaimana sih cara daftarnya?

- Cara daftarnya sih mudah, tinggal koneksikan komputermu dengan internet lalu bukalah situs resmi dari AMg yang beralamat di ptb.amg.ac.id  setelah itu baru anda pih pendaftarannya yang pasti akan dibuka pada tanggal 5 maret sampai dengan 20 April 2014pendaftaran AMG

– Pastikan anda telah memenuhi persyaratan yang telah kami jelaskan diatas  dari beberapa point yang penting. Setelah itu,  anda harus mengisi formulirnya

So, pasti anda belum ada gambaran rekait ujian yang akan diujikan nantinya anda bisa belajar terlebih dahulu ketika mau menghadapinya dengan cara memesan bukunya:
Jika mau pesan buku soal-soalnya silahkan klik dibawah ini : https://www.facebook.com/pages/Buku-Panduan-Soal/723836514313763?ref=hl
ANda bisa memfollow twitter kami di: @bukupanduansoal

 

Penerimaan PendaftaranTaruna Baru Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) 2015/2016 | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply