Pemeringkatan Universitas Menurut Webometric Versi Januari 2014

Pemeringkatan  Universitas Menurut Webometric Versi Januari 2014

Peringkat Universitas di nilai dari Webometric, Tidak semua Perguruan tinggi di Indonesia memaksimalkan marketing atau pemasaran melalui Versi Webometric Ini,  Masih banyak perguruan tinggi yang belum masuk di Webometric ini seperti sekolah tinggi kesehatan, Akedemi Keperawatan, Akedemi Kebidanan dan beberapa perguruan tinggi yang belum menjadi Universitas di Indonesia. Dari daftar yang ada di website perankingan  webometric bahwa Indonesia memiliki jumlah 358 universitas yang sudah terdaftar di website webometric.

Webometric & 4Aicu Menjadi Tumpuan Pelajar  dalam  mencari Universitas

Banyak diantara pelajar-pelajar di Indonesia yang masih mencari universitas berdasarkan atas kualitas dan kuantitas melalui pemeringkatan universitas, baik berdasarkan atas pemeringkatan universitas melalui 4 aicu atau webometric sendiri. Acuan ini dilihat para pelajar yang baru lulus dari sekolah menegah atas (SMA) untuk kelanjutan masa studinya. UGM, ITB dan UI merupakan salah satu tujuan para pelajar dalam melanjutkan studinya.

Pemeringkatan  Universitas Menurut Webometric Versi Juli 2013

20 Besar Universitas di Indonesia Yang menempati Posisi di Webometric Bisa anda lihat pada gambar screen shot yang ada dibawah ini yang diambil dari website webometric Pada Juli 2013 yang lalu

Pemeringkatan Universitas Versi Webometric Bulan Juli Tahun  2013

webo

 

Pemeringkatan  Universitas Menurut Webometric Versi Januari 2014

webometric januari 2014

Perbandingan Nilai Impact UMY (Jumlah Eksternal backlink yang masuk ke Universitas) pada bulan juli 2013 mengalami pemeringkatan 365. Setelah bulan Januari 2014 peringkat Impac Rank Turun menjadi  747  yang berakibat penurunan peringkat webometric dari 15 menjadi 17.

Penurunan Pemeringkatan Universitas Indonesia

Peroleham Pemeringkatan Webometric versi juli tanggal 2 agustus tahun 2013 ini berbeda dengan versi webometric pada tanggal 7  february2013,  jika kita lihat sebelumnya Universitas Gajah Mada menempati pada peringkat satu disusul dengan Institut Teknologi Bandung, jika sekarang kebalikannya ITB menjadi peringkat satu disusul oleh UGM. Berdasarkan pengamatan yang ada bahwa Universitas di Indonesia mengalami penurunan  karena tidak adanya universitas yang masuk 500 besar tingkat dunia. UGM yang tahun lalu berada di Nomer rangking 440 tingkat dunia sekarang berada di 640 tingkat dunia. begitupula dengan ITB yang juga mengalami penurunan di tingkat dunia dengan posisi sekarang berada di nomor urut ke 600 dari universitas-universitas yang ada di dunia.

Baik dari Perguruan tinggi dan Swasta dan Perguruan tinggi Negri di Indonesia mengalami dampak penurunan yang signifikan. Yang semula universitas islam indonesia yang berada di tingkat 16 dari seluruh Indonesia sekarang berada pada posisi 20 pada tingkat Indonesia. Adapun Sekolah tinggi yang mengalami kenaikan adalah STISI TELKOM dan Universitas Esa Unggul mengalami pelonjakkan yang sangat drastis.  Pada bulan February 2013  yang lalu STISI TELKOM berada pada urutan ke 37 dan Universitas Esa Unggul berada pada posisi ke 24 dari seluruh Indonesia sekarang menjadi pada posisi 20 besar universitas di Indonesia. Perubahan Metodology penilaian ini membuat universitas- universitas di Indonesia turun dan naik, Anda bisa research sendiri bagaimana penilaian yang dilakukan oleh webometric  pada website resminya.

 

Pemeringkatan Universitas Menurut Webometric Versi Januari 2014 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5