Divonis 2 Tahun, Pendukung Ahok Menggelar Aksi Solidaritas - Bingkai Berita

Divonis 2 Tahun, Pendukung Ahok Menggelar Aksi Solidaritas

Advertisement

Bingkaiberita.com – Setelah vonis 2 tahun yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim terhadap kasus Penistaan Agama yang dialami oleh Gubernur DKI Jakarta, yaitu bapak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), beliau resmi ditahan dan dibawa ke Rutan Cipinang.

Setelah keputusan Majelis hakim tersebut, sekelompok masyarakat yang mendukung Ahok melakukan berbagai aksi Solidaritas dalam mendukung dan membela Ahok. Tidak hanya diwilayah Jakarta, Namun diluar jakarta tidak sedikit yang mengadakan aksi solidaritas, seperti di Yogyakarta, hingga sampai ke masyarakat Papua, Nusa Tenggara Timur. Berikut aksinya :

1.    Ratusan Masyarakat pendukun Ahok Penuhi Tugu Proklamasi dengan Berpakaian hitam dan menyalakan lilin.

Bentuk dukungan untuk Ahok yang dilakukan oleh pendukungnya adalah dengan berkumpul di Tugu Proklamasi yang berada di Menteng, Jakarta Pusat, dengan seragam menggunakan pakaian berwarna hitam serta membawa lilin untuk di nyalakan sebagai bentuk harapan pendukung Ahok agar segera dibebaskan.

Tidak hanya itu, mereka menunjukkan dukungannya kepada Ahok melalui spanduk dan poster yang mereka bawa. Sembari menyanyikan lagu kebangsaan, para pendukung Ahok menyuarakan dukungan dan harapannya kepada Gubernur yang mereka cintai sehingga bisa tetap kuat menghadapi masalah ini.

2.    Aksi Solidaritas pendukung Ahok di Tugu Yogyakarta
Tidak hanya diwilayah Jakarta, akan tetapi aksi pendukung Ahok juga melakukan aksinya dengan berkumpul di Tugu Yogyakarta.

Aksi tersebut dilakukan oleh sekelompok masyarakat Yogyakarta yang bergabung dengan Aliansi Merawat Pancasila (Merapi). Dalam Aksi tersebut, pendukung Ahok menyanyikan beberapa lagu, yang didahulukan dengan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan Lagu Gugur bunga, Indonesia Pusaka, Garuda Pancasila, Syukur, dan Maju Tak Gentar.

Seiring dengan hal tersebut, para pendukung Ahok menyuarakan orasinya untuk menuntut kedaulatan dalam hukum dinegara Indonesia. Selain itu, mereka juga menginginkan agar Ahok bisa dibebaskan.

3.    Warga Papua suarakan kebebasan Ahok dengan nyalakan 1000 lilin
Kasus Penistaan agama yang menimpa Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini ternyata menarik perhatian dari masyarakat yang berada di papua Nusa Tenggara Timur.

Terbukti dengan adanya aksi yang dilakukan oleh ratusan masyarakat Kota Jayapura, Papua, yang bertempat di Taman Imbi, ikut mendukung dan menyuarakan Ahok supaya dibebaskan dari vonisnya. Dengan menyalakan lilin berwarna merah dan putih.

Menurut keterangan dari sekretaris Forum Umat Kristen Papua yaitu Pendeta Jimmy Koirewaoa bahwa lilin merah putih tersebut melambangkan negara dan bangsa, karena sesuai dengan warna bendera negara Indonesia. Bukan hanya itu, pendeta jimmy juga mengutarakan bahwa masyarakat papua ikut mendukung Ahok, karena Ahok merupakan sosok pemimpin teladan, antikorupsi, peduli terhadap orang miskin, serta membangun jakarta menjadi lebih baik.

Other articles you might like;

Divonis 2 Tahun, Pendukung Ahok Menggelar Aksi Solidaritas | Husnul Khatimah | 4.5

Leave a Reply