Cara Membuat Bakso

Cara Membuat Bakso(bingkaiberita.com)- Ketika perut kita sedang lapar dan kita masih dalam suatu perjalanan pulang atau berangkat pasti kita banyak melihat penjual bakso dipinggir jalan, Banyak orang yang menyukai makanan bakso tersebut hingga akhirnya bakso menjadi makanan Favorit bagi  anak -anak hingga dewasa. Menjamurnya pangsa pasaran  bakso di Indonesia membuat pedagang bakso mengambil jalan pintas yaitu dengan mencampurkan daging sapi dengan daging babi Na’udzubillah yang disebabkan oleh melonjaknya harga daging sapi . Jalan pintas tersebut meresahkan banyak warga masyarakat Indonesia, Dengan mencampurkan daging selain daging sapi.

bakso

Konon kabarnya bakso merajai Indonesia karena aroma yang khas dari bakso . Bakso bisa merajai pangsa pasar dan menjadi salah satu peluang bisnis yang menjajikan  saat ini, Dengan banyaknya  orang yang gemar makan bakso maka pendapatan yang diperoleh dari penjualan bakso bisa meningkat.

Aroma yang ditimbulkan bakso membuat para pelanggannya bikin ludah srput sruput di kerongkongan. Hingga akhirnya seorang pembelipun datang untuk membeli penthol bakso apalagi pas waktu hujan hujan untuk itu siapa saja yang berkeinginan   berkeinginan untuk membuat usaha bakso ini harus tahu bagaimana membuat bakso? dan harus mengetahui macam macam bentuk olahan dari bakso  seperti yang telah adasaat ini yaitu bakso bakar, bakso ikan, bakso udang, bakso urat,  dan masih banyak macam macam bakso yang lain selain dari yang telah disebutkan diatas. Terus bagaimana cara membuat bakso tersebut?

Dalam pembuatan bakso harus tahu bahan dasar pembuatan  bakso  terlebih dahulu karena mungkin anda akan membuatnyaa palagi anda ingin berusaha menjadi penjual bakso di masyarakat karena bisnis bakso ini sangat menjanjikan. caranya gampang tinggal anda membeli bahan bahan dasarnya di pasar terdekat. Bahan dasar pembuatannya antara lain:

– Anda harus membeli satu kilogram daging sapi ( jangan sampai daging babi yah)
– setelah anda membeli daging sapi belilah satu ons tepung kanji
– untuk memberikan rasa enak gunakan 6 siung bawang putih
– Lebih enaknya memakai Mrica setengah sendok teh saja asalkan jangan mrica bubuk tidak terlalu beraroma khas
– tak lupa menyediakan satu sendok teh garam dan penyedap rasa biar beraroma

Cara membuat bakso atau proses dalam pembuatan bakso

1 langkah pertama kita harus menggiling daging sapi di tempat penggilingan biar halus dan agar dapat dicampur dengan bumbu bumbunya.
2. Bumbu-bumbunya diatas harus dihaluskan yaiu dengan menumbuk 6 siung bawang putih dengan garam di coek bahasa jawanya taklupa sama mricanya sekalian ditumbuk sampai halus.
3. Setelah bumbunya halus maka kita campur bumbu tersebut dengan tepung kanji dan daging yang telah digiling jangan lupa dikasih penyedap rasa biar enak dan mantap, kita aduk aduk hingga merata dan mencampur dan kita beri dikit dikit airnya hingga menjadi adonan sampai keras baru kita bentuk satu persatu menjadi bulatan bulatan
4. Usahakan dalam membentuk ukuran bakso yang bulat jangan terlalu besar besar karena akan susah matangnya tapi kalau anda ingin membuat bakso telur gunakan telur yang sudah direbus dan matang setelaH ITU lapisilah dengan adonan tersebut.

Banyak cara dalam pembuatan bulatan bakso sapi anda bisa lihat cara membentuk bulatan bakso sapi secara cepat dan tepungnya tidak lengket ditangan lihat video youtube dibawah ini untuk membentuk ukuran bakso atau membuat bulatan bakso:

5. setelah anda membentuk bulatan tersebut lalu lngsung masukkan Bulatan bakso kedalam air yang mendidih supaya bakso keras dan kenyal untuk itu rebuslah kurang lebih 10- 20 menitan.
6. setelh bakso sudah matang selama proses rebusan yang ada di panci lalu angkat panci tersebut dan tiriskan bakso agar airnya hilang.

Setelah bakso sudah jadi kita tinggal membuat kuah bakso dengan cara apa?  dan  apa bahan bahan kuah yang dipakai yaitu bumbu kuah da air jika ada tulang pakai aja tulangnya biar beraroma khas. dan bumbunya apa saja untuk bumbunya seperti dibawah ini:

– Bawang putih & bawang merah masing masing 5 siung jangan lupa digoreng dulu
– Sediakan gula pasir 2 sendok teh
– sediakan Bawang goreng yang dipotong kecil kecil atau diiris iris secukupnya
– Jangan lupa sediakan garam refina yang halus 1 sendok makan
– sediakan juga lada setengah sendok teh
– ambil 4 batang daun bawang bagian putihnya lalu diris iris
– Penyedap rasa memakai kaldu sapi instan, 2 sendok teh

Cara pembuatan kuah baksonya dengan cara seperti berikut:
– Bumbu yang sudah digoreng seperti bawang merah dan bawang putih,lada dihaluskan bersama garam
– Setelah bumbunya halus terus rebus air dengan tulang-tulang sapi kalau ada dan tambah bumbunya denga memasukkan kaldu sapi instan serta irisan daun bawang dan irisan bawang goreng
– lalu sajikan dengan saus , kecap, sambal dan bawang goreng tambahan tadi.

Begitu saja cara membuat bakso jika anda ingin cara yang lain silahkan untuk membaca cara-cara di buku sesuai dengan kreativitas anda masing masing silahkan mencoba sesuatu yang baru dan berinovasi  Dan jika anda percaya dengan kreativitas yang anda miliki dengan daya cita  rasa yang laur biasa dan rasanya berbeda dengan yang lain maka Bakso anda akan cepat terkenal atau laris di pasaran. semoga artikel cara membuat bakso bisa membawa pahala bagi saya pribadi

 

Cara Membuat Bakso | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5