Biaya Pendaftaran Masuk Pondok Modern Gontor Darussalam Ponorogo - Bingkai Berita

Biaya Pendaftaran Masuk Pondok Modern Gontor Darussalam Ponorogo

Bingkaiberita.com – Siapa sih yang nggak kenal Pondok Modern Gontor? pasti para orang tua yang ingin mencarikan anaknya masuk pesantren mengenal Pondok Modern Gontor dari beberapa refrensi ketika mencari pondok terbaik di Indonesia karena pesantren gontor masuk 10 besar pesantren terbaik di Indonesia. Gontor merupakan salah satu pesantren terbaik yang menggunakan kurikulum sendiri tidak mengikuti proses pembelajaran pemerintah karena memang salah satu motonya adalah berdikari atau dengan kata lain gontor mencetak alumninya untuk berdiri diatas untuk semua golongan. Gontor pernah tidak diakui pemerintah hanya diakui diluar negeri karena banyak dari alumninya menjadi menteri, pejabat dan semua kalangan karena memang sistem yang digunakan gontor berbeda dengan pondok-pondok lain di Indonesia. Gontor menerima santri baru hanya pada bulan Ramdhan dan Syawal dan mereka harus digembleng untuk mengikuti program tamhidi atau persiapan di Gontor dua untuk mempelajari dasar-dasar agama mulai dari membaca al-Qur’an dan bahasa arab. Selain itu ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi ketika mendaftar! Apa saja sih persyaratan pendaftaran menjadi santri PMDG.

Biaya Masuk Gontor Darussalam Ponorogo dibayarakan selama persemester, selain biaya masuk mereka juga harus membayar biaya bulanan dan semster untuk daftar ulang. Pembiayaan tersebut antara lain untuk uang sekolah dan uang makan. Adapun beberapa persyaratan pendaftaran masuk KMI gontor adalah sebagai berikut:

Biaya masuk gontor

Syarat Pendaftaran Masuk KMI Gontor
1. Memberikan Fotokopi Ijazah terakhir sebanyak dua lembar yang telah dilegalisir
2. Tidak menerima santri yang sakit jiwa, hanya santri yang berbadan sehat, baik jasamani dan rohani yang dapat masuk di Gontor dengan memberikan surat keterangan dokter.
3. Memberikan pasfoto yang berukuran 4×6 dengan jumlah foto sebanyak 4 lembar dan 3×4 sebanyak 2 lembar dan untuk pas foto berjilbab atau untuk santriwati ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar dan ukuran 3×4 sebanyak 8 lembar.
4. Membayar biaya masuk yang telah ditentukan.
5. Menyerahkan fotokopi akta kelahiran untuk putra sebanyak 1 lembar sedngkan untuk putri sebanyak 3 lembar.
6. Khusus untuk putra menyerahkan 1 lembar fotokopi KTP 1 lembar
7. Khusus untuk putri memberika fotokopi Kartu keluarga satu lembar.
8. Mendaftar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Tempat Pendaftaran dan Waktunya
Masing-masing pendaftaran antara santriwan dan santriwati berbeda. Khusus untuk Putra alamat pondok gontor berada di Siman, Ponorogo untuk Kampus Gontor 2. Sedangkan khusus putri calon santriwati mendaftar di Kampus 2 gontor yang berada di Sambirejo, Mantingan Ngawi.

Waktu pendaftaran santriwan dan satriwati biasa dilaksanakan setelah kelulusan SD maupun SMP karena penerimaan santriwan mulai dari lulusan SD dan SMP bagi lulusan SMA juga boleh mendaftarkan diri dan untuk Tahun Ajaran Baru di Gontor Pada bulan Syawal. Santriwan dan Santriwati bisa mengikuti ujian pada bulan Syawal bagi yang sudah mempersiapkan diri baik itu dari bacaa Al-Qur’an, berhitung soal, test bahasa arab dll. Pendaftaran hanya dapat dilakukan ditempat pendaftaran dan tidak dapat dilakukan secara online atau internet.

Pelaksanaan Ujian di Gontor dilakukan melalui 2 metode.

1. Pertama Metode ujian Syafahi (Lisan)
Metode praktek yang dilakukan anatara calon santri dan ustads dalam satu ruangan dengan 3 orang penguji yang masing masing akan menguji sesuai dengan materinya. Penguji Pertama adalah ujian membaca al-Qur’an. Penguji Kedua adalah praktek Tajwid dan penguji ketiga adalah praktei Ibadah
2. Kedua Metode Ujian Tahriri (Tulis)
Metode ujian tulis tanpa ada solah pilihan a,b,c,d. Metode ini dilakukan dengan cara menjawab soal dengan tulisan tangan. Untuk Materi ujiannya biasanya adalah Bahasa Arab, baik itu imla'(penulisan dengan cara di dekte) dan bahasa arab dasar. Berhitung soal dan angka atau matematika dasar. Bahasa Indonesia.
3. Tidak ada perbedaan materi antara lulusan SD dan calon pelajar lulusan SMP. semua sama untuk materi yang akan diujikan.

Nah, Pendaftaran Gontor dibuka 2 Gelombang:
1. Gelombang pertama setelah lulusan sekolah. Program tamhidi atau persiapan masuk KMI gontor dengan belajar beberapa materi seperti materi ujian lisan dan ujian tulis. Selama 6 bulan mereka harus mengikutinya di Gontor 2.
2. Bagi yang tidak lulus program persiapan diperkenankan untuk mendaftarkan kembali pada gelombang kedua pada bulan syawal tanggal 3 sampai dengan 14 Syawal, bagi yang sudah mempersiapkan semua materi dari gontor.

Bagi yang mengikuti ujian gelombang kedua harus membawa stopmap dengan persyaratan dokument sebagai berikut ini
1. Formulir Psycotest.
2. Menyerahkan 2 fotokopi ijazah terakhir.
3. Surat keterangan dokter dari BKSM.
4. Kwitansi pembayaran dan kartu ujian.
5. Fotokopi akta kelahirang
6. Pas foto yang berukuran 4×6 dan 3×4 seperti persyaratan dokument diatas
7. FFotokopi Kartu keluarga dan KTP orangtua.

Program Ujian Lanjutan dan Program Akselerasi.
– Bagi calon pelajar yang sebelumnya sudah pernah belajar di pondok diberikan kesempatan untuk mengikuti program ujian akselerasi atau ujian lanjutan ke kelas yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan dan bekal keilmuawannya.
– Bagi yang belum pernah mondok dan mengerti pelajaran pondok bisa mengikuti ujian penempatan kelas ketika sudah terdaftar sebagai siswa KMI darussalam Gontor.

Berapa Biaya Masuk Pondok Gontor Darussalam Ponorogo?

Setiap tahun uang pendaftaran masuk dan uang bulanan akan berbeda untuk lebih validnya bisa langsung ke website resminya di www.gontor.ac.id dan untuk rincian biaya sesuai dengan tahun lalu adalah sebagai berikut ini:

Biaya Bulanan di Pondok Gontor

1 Iuran Makan setiap Bulan 310 k
2 Iuran Asrama dan sekolah setiap bulan 300 k
Jumlah 610 k

Biaya Sekolah di Pondok Gontor

1 Uang Pangkal Masuk KMI Rp 1,7 juta
2 Uang penambahan bangunan baru 850 k
3 uang kepantian awal tahun ajaran 210 k
4 uang kertas (1 tahun sekali) 370 k
5 uang majalah gontor (1 tahun sekali) 270 k
6 Uang Kesehatan 290 k
7 Uang Pembangunan 600 k
8 Iuran Makan setiap bulan 310 k
9 Iuran sekolah  dan Asrama setiap Bulan 300 k
10 Iuran Organisasi Pondok 335 k
Jumlah 5.235.000,00

Biasa Masuk Gontor dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan yang juga menjadi acuan setiap tahunnya, karena setiap tahun harganya bertambah bukan berkurang namun tiap tahun bertambah sesuai dengan kebutuhan lauk pauk dan lainnya.

Other articles you might like;

Iam a blogger from a wordpress and blogger platform, I have started blogging in 2011 at BLOG UMY and I Have stayed at Yogyakarta City, You can Connect Me in CPNS 2018| Official Topik Nugroho Web|Topik Wisata |Seputar Wisata | Harga Mobil Toyota

Advertisement
Biaya Pendaftaran Masuk Pondok Modern Gontor Darussalam Ponorogo | Topik Nugroho | 4.5

Leave a Reply