Ternyata Segini, Gaji Paskibraka, Nasional, Provinsi dan kabupaten

Bingkaiberita.com – Paskibraka nasional menjadi perbincangan hangat di tengah pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Indonesia yang ke-78. Seorang pembawa baki bendera disorot media karena sepatunya terlepas hingga tak mengenakan sepatu.

Apa itu Paskibraka?

Paskibraka sendiri merupakan sebuah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Setiap tahunnya pemerintah harus menyiapkan pasukan ini menjelang HUT RI untuk Nasional, Provinsi dan kabupaten sehingga ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang Paskibraka.

Sementara itu untuk menjadi seorang paskibraka tingkat nasional, provinsi dan kabupaten tidaklah mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya harus selesi di tingkat kabupaten maupun kota dan selanjutnya akan diseleksi tingkat provinsi, maka nantinya akan dikirimkan satu pasang dari provinsi ke tingkat seleksi nasional. Dan yang terpilih akan masuk sebagai tim paskibraka nasional.

Syarat Jadi Paskibraka Nasional

1. Warga Negara Indonesia.

2. Siswa atau siswi SLTA sederajat, pada waktu seleksi Tingkat Provinsi duduk di kelas X atau kelas satu SLTA atau sederajat.

Baca Juga:
3 Rekomendasi Drama Korea tentang Anak Tertukar, Alur Ceritanya Bikin Syok!

3. Siswa atau siswi SLTA sederajat pada 17 Agustus 2023, duduk di kelas XI atau 2 SLTA.

4. Tinggi badan putra minimal 170 centimeter sampai dengan maksimal 180 centimeter, dan putri minimal 165 centimeter maksimal 175 centimeter

5. Berkepribadian dan berakhlak mulia.

6. Tegak dan tidak cacat atau kaki tidak berbentuk O atau X, serta sehat jasmani dan rohani, terutama gigi, kulit dan mata, yang dinyatakan Laporan General Check Up satu bulan terakhir dari dokter Rumah Sakit Daerah setempat.

7. Penampilan segar, gembira, simpatik, dan menarik.

8. Belum pernah menjadi Paskibraka tingkat nasional, yang dibuktikan oleh Surat Pernyataan ditandatangani calon peserta diketahui Kadispora Provinsi.

9. Memiliki pemahaman dan penguasaan seni budaya daerah yang diwakili.

10. Berat badan sesuai ketentuan, sebagaimana tertera pada tabel lampiran.

11. Lulus seleksi Calon Paskibraka tingkat Provinsi yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga atau Instansi yang menangani kepemudaan

12. Mendapat surat ijin tertulis dari kepala sekolah dan orang tua atau wali untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Nasional di Jakarta.

13. Aktif mengikuti kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan kemasyarakatan.

14. Memiliki prestasi akademik yang baik, nilai raport rata-rata baik.

15. Untuk perempuan atas dasar keyakinannya diperbolehkan menggunakan jilbab.

16. Bersedia mengikuti pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka.

Berapa Gaji Paskibraka Nasional?

Selain mendapatkan sertifikat nasional, seorang paskibraka akan memperoleh peluang beasiswa pendidikan yang digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yang diperkirakan mendapatkan gaji honor sebesar Rp 3 juta sampai dengan 10 Juta

Berapa Gaji Paskibraka Tingkat Provinsi

Sementara itu sesuai dengan standarisasi pengupahan bahwa seorang paskribaka selain mendapatkan gaji yang diperkirakan sebesar Rp 1,5 juta tergantung dari wilayahnya masing-masing, sekaligus mereka juga akan memperoleh sertifikat dan peluang beasiswa pendidikan

Berapa gaji Paskibraka Tingkat Kabupaten?

Sementara itu untuk diwilayah tingkat kabupaten seorang paskibraka yang akan mewakili di tingkat kabupaten mereka akan diberikan sertifikat sekaligus mendapatkan honor sebesar mulai dari Rp. 500 ribu rupiah.

 

Penutup

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan gaji paskibraka yang bisa dijadikan panduan, jika adik-adik siswa ingin berniat mendaftar biasanya mereka bisa mendaftarkan diri di koramil untuk melakukan

Ternyata Segini, Gaji Paskibraka, Nasional, Provinsi dan kabupaten | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5