Siap Siap Tambahan Insentif Bagi Guru Di Daerah Sepi Peminat

Bingkaiberita.com – Pemerintah akan terus memberikan sejumlah apresisasi bagi guru di daerah tertinggal, terdepan dan terluar alias 3T untuk mendorong para guru agar berminat untuk bekerja di daerah. Apalagi antara guru yang bekerja di kota sama saja pemberian insentifnya dan hal itu tergantung dari kebijakan dinas pendidikan yang memang tidak memiliki keadilan, sehingga guru lebih memilih tinggal dan mengajar di kota dibandingkan mengajar di daerah sepi peminat ini.

Ada juga guru yang kenal atau memiliki keluarga yang bekerja di dinas ini tidak mau bekerja di daerah tertinggal, terdepan dan terluar meskipun tertera nama. Akan tetapi dengan mudahnya mereka tidak mau mengisi formasi kosong tersebut dan memilih untuk mengajar di kota yang serba ada, apalagi insentif yang diberikan sama saja.

Dalam hal ini pemerintah memiliki rencana untuk memberikan apresiasi berupa insentif tambahan bagi guru yang mau mengajar di daerah 3T dan memastikan pada akhir tahun ini, KemenPAN-RB dapat merekrut 1 juta guru PPPK untuk dapat mengisinya.

Kemudian juga pemerintah akan memastikan adanya ketersediaan guru di daerah yang tertinggal dan terluar. Dengan kebijakan baru yang dimilikinya namun belum secara mendetail hanya saja ada statment yang memberlakukan insentif bagi mereka yang rela mengabdi di daerah tersebut dengan menyusun peraturan pemerintah dan surat edaran dengan memberikan reward dan penghargaan bagi guru yang memiliki kinerja yang baik

Selama ini memang banyak guru yang memiliki prestasi yang enggan untuk mau ke daerah terpencil dan kondisi peminat guru yang ada di daerah 3T masih minim dan diharapkan nanti banyak guru hebat yang mau masuk daerah 3T selain itu bagi guru yang memang diberikan beasiswa dari pemerintah wajib bertugas di daerah 3T selama 3 Tahun.

Kemudian terkait dengan afirmasi tersebut bagi yang belum S1 namun sudah mengabdikan diri di daerah pedalaman maka bisa otomatis diangkat menjadi ASN. Dan perbincangan tersebut telah didiskusikan dengan kementerian kesehatan bahwa juga berkaitan dengan formasi dokter yang ada di daerah 3T dan memang harapannya semua kebutuhan yang ada di daerah terpencil dapat terpenuhi.

Siap Siap Tambahan Insentif Bagi Guru Di Daerah Sepi Peminat | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5