Tak Usah Berdebat, Terkait Viralnya Wisuda TK-SMA. Inilah yang harus dilakukan!

Bingkaiberita.com – Di Media sosial ramai tentang perdebatan dan kontroversi wisuda jenjang pendidikan TK, SD, SMP hingga SMA yang menjadi topik pembahasan yang sempat viral di Media Sosial. Banyak orang yang tak mempermasalahkan perayaan wisuda kelulusan tersebut

Namun, ada beberapa orang tua yang memang keberatan akan adanya acara kelulusan seperti wisuda ini karena memang harus membayar mahal atau apa.

Sementara itu, Walikota Solo tidak mengapa dirayakan wisuda tersebut asalkan orang tua tidak keberatan, karena anak-anak senang dan acara tersebut cuma sekali seumur hidup atau setiap jenjang sekolah.

Namun, jika ada sekolah yang merasa keberatan karena harus membayar mahal atau apa harus dilaporkan menurut pak wali kota Solo.

Sebelumnya memang ada argumen istilah wisuda sudah hilang maknanya lagi karena dulu hanya dilakukan di bangku Kuliah, hingga ada yang meminta kementerian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi untuk melarang adanya wisuda yang diadakan setiap jenjang. atau dnilai membebani orang tua dan dinilai pemborosan.

Namun, hal itu tak perlu diperdebatkan lagi, urgensi dari wisuda adalah kelulusan dan perpisahan sekolah itu sendiri, dan ada beberapa masyarakat yang memang tidak bisa mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi karena keterbatasan biaya sehingga mereka tidak dapat yaitu moment wisuda sendiri

Jika memang diadakan wisuda adalah hal yang penting, masyarakat tak perlu berdebat lagi, namun yang menjadi perdebatan adalah biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan acara wisuda tersebut.

Pokok point dari kegiatan wisuda itulah yang menjadi pokok permasalahan yang ada di Sekolah karena memang dirasa akan membebani orang tua siswa. Jika wisuda jenjang pendidikan TK hingga SMA tersebut berbiaya gratis maka tidak akan jadi masalah wisuda tersebut.

Maka yang harus diperhitungkan oleh para pemangku kepentingan di sekolah negeri maupun swasta adalah harus adanya kekompakan jika wisuda dilakukan secara sederhana tanpa harus membebani para orang tua wali murid. Dan sekolah sudah menyediakan toga masing-masing dan diadakan ditempat yang memang tidak berbiaya mahal seperti di lingkungan sekolah sendiri dengan membuat panggung kecil.

Nah, intinya orang tua tidak terbebani dengan biaya wisuda tersebut. Itulah hal pokok yang memang menjadi salah satu hal yang menjadikan perdebatan di Media Sosial

Tak Usah Berdebat, Terkait Viralnya Wisuda TK-SMA. Inilah yang harus dilakukan! | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5