Syarat Pendaftaran Tamtama Polri TA 2021-2022

Advertisement

Bingkaiberita.com – Tahun ini Polri kembali membuka penerimaan Tamtama Polri. Tamtama Polri akan berpangkat Bhayangkara Dua (Bharada) melalui pendidikan pembentukan Tamtama Polri. Berdasarkan Pengumuman Kapolri Nomor PENG/16/III/DIK.2.1/2021 tertanggal 18 Maret 2021, tahun ini akan diterima sebanyak 700 peserta didik yang terdiri atas 500 Tamtama Brimob dan 200 Tamtama Polair. Pendidikan akan dilangsungkan dalam 5 bulan, mulai dari 2 Agustus 2021 hingga 29 Desember 2021.

Sebelum melakukan Pendaftaran  silahkan anda lengkapi terlebih dahulu Syarat Pendaftaran Tamtama Polri ,  seleksi akan dilakukan di seluruh polres/polda di Indonesia. Sementara nantinya pendidikan dilaksanakan di Pusdik Brimob Watukosek Jawa Timur bagi Tamtama brimob dan Pusdik Polair Pondong Dayung Tanjung Priok Jakarta Utara bagi Tamtama Polair.

Daftar isi

Persyaratan Umum

Persyaratan umum bagi pendaftar Tamtama Polri tahun 2021 sebagai berikut:

  1. Pelamar tamtama seorang yang berkewarganegaraan Indonesia
  2. Pelamar tamtama seorang  yang memiliki keyakinan terhadap satu tuhan
  3. Pelamar tamtama seorang  yang Setia pada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945
  4. Pelamar tamtama seorang  yang  memiliki Kualifikasi pendidikan minimal SMA/ sederajat
  5. Pelamar tamtama seorang  yang  saat ini usianya mesih 18 tahun saat pelantikan anggota Polri
  6. Pelamar tamtama seorang  yang berbadan sehat baik sehat dari  jasmaninya ataupun  rohaninya
  7. Pelamar tamtama seorang  yang tidak cacat di mata hukum, tidak berbuat aniaya, berbuat yang membuatnya dipidana yang  dengan pembuktian dengan SKCK dari Polres setempat.

Persyaratan Khusus

Persyaratan khusus bagi pendaftar Tamtama Polri tahun 2021 sebagai berikut:

  1. Berjenis kelamin laki- laki dan tidak menjabat sebagai anggota/ mantan TNI/ Polri/ PNS atau sudah pernah ikut dalam pendidikan TNI/ Polri
  2. Adapun  Kualifikasi pendidikan minimal SMA/ sederajat dengan syarat:
  3. Lulusan tahun 2016 – 2019 memiliki rata- rata nilai UN minimal 55.00
  • Lulusan tahun 2020 memiliki rata- rata nilai rapor minimal 60.00
  • Lulusan tahun 2021 ditentukan kemudian

Mempunyai ijazah

Tamtama Brimob

  • lulusan SMA/MA/SMK semua jurusan kecuali Tata Kecantikan dan Tata Busana, bukan lulusan paket A dan paket B serta bisa mengemudi dibuktikan dengan kepemilikan SIM A.
  • lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM dengan tingkat yang sama dengan SMA) pada Pondok Pesantren dan Pendidikan Diniyah Formal (PDF dengan tingkat yang sama dengan SMA) serta bisa mengemudi dibuktikan dengan kepemilikan SIM A.

Tamtama Polair

  • lulusan SMA/MA/SMK semua jurusan kecuali Tata Kecantikan dan Tata Busana, bukan lulusan paket A dan paket B.
  • lulusan SMK jurusan Pelayaran.
  • lulusan Satuan Pendidikan Muadalah (SPM dengan tingkat yang sama dengan SMA) pada Pondok Pesantren dan Pendidikan Diniyah Formal (PDF dengan tingkat yang sama dengan SMA).
  • Pendaftar yang masih berada di bangku kelas XII SMA/ sederajat memiliki nilai rata- rata rapor semester 1 minimal 65.00 dan apabila sudah lulus maka perlu menyertakan ijazah seperti pada syarat nomor 2 dan 3.
  1. Minimal berusia 17 tahun 8 bulan dan maksimal 22 tahun saat pendidikan dibuka.
  2. Memiliki tinggi badan minimal 165 cm dan khusus Ras Melanesia (Provinsi Papua dan Papua Barat) minimal 163 cm.
  3. Tidak memiliki tato dan tindik telinga atau anggota badan lain, kecuali atas ketentuan adat/ agama.
  4. Bebas Napza berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh Panpus/ Panda.
  5. Tidak ikut atau mendukung organisasi/ paham yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.
  6. Tidak melanggar norma hukum, kesusilaan, agama, dan sosial.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh NKRI dan ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian dibuktikan dengan menulis surat pernyataan bertandatangan di atas materai dan diketahui orang tua/ wali.
  8. Menulis surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan tidak keluar dari fungsi Brimob dan Polair dengan tanda tangan di atas materai.
  9. Menulis surat pernyataan bahwa tidak percaya pada pihak yang menawarkan, menjamin, atau menjanjikan kelulusan seleksi penerimaan terpadu dengan tanda tangan di atas materai dan diketahui orang tua/ wali.
  10. Membuat surat pernyataan bahwa tidak termasuk dalam golongan seperti yang disebut dalam nomor 9 dan 10 dan ditandatangani di atas materai.
  11. Domisili di wilayah Polda tempat mendaftar minimal dalam 2 tahun berdasarkan administrasi dan terhitung dari pembukaan pendidikan dibuktikan dengan KTP, KK, dan surat pindah (untuk pendaftar yang pindah tempat tinggal) dan dokumen lain yang berkaitan dengan domisili. Jika terbukti ada pemalsuan/ duplikasi/ rekayasa akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.
  12. Belum menikan secara hukum/ agama/ adat dan bersedia tidak menikah selama pendidikan berlangsung.
  13. Bersedia melaksanakan ikatan dinas pertama minimal selama 10 tahun terhitung sejak diangkat menjadi Tamtama Polri
  14. Mendapatkan persetujuan dari orang tua/ wali.
  15. Bebas dari perjanjian ikatan dinas dengan instansi yang lain.
  16. Melampirkan kartu BPJS bagi Tamtama yang dinyatakan lulus seleksi.
  17. Pendaftar yang telah bekerja sebagai pegawai/ karyawan harus menyertakan persetujuan/ rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan sebagai pegawai/ karyawan jika dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Tamtama Polri.
  18. Mengikuti dan lulus dalam pengujian/ pemeriksaan dengan sistem gugur dan/atau ranking dalam masa seleksi Tamtama Polri.

Rangkaian Tes Seleksi Tamtama Polri 2021

  • Rangkaian Seleksi yang dijalani oleh Pendaftar Tamtama Polri Tahun 2021 anyata lain:
  • Pemeriksaan administrasi tahap 1
  • Pemeriksaan Kesehatan tahap 1
  • Tes psikologi tahap 1
  • Uji Kesamaptaan jasmani (A dan B), ujian renang, dan pemeriksaan antropometri
  • Tes akademik meliputi Pengetahuan Umum, Wawasan Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, Wawasan Nusantara, dan Kewarganegaraan), Bahasa Inggris, dan Matematika.
  • Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2
  • Pendalaman PMK
  • Tes psikologi tahap 2 (wawancara)
  • Pemeriksaan administrasi akhir
  • Sidang terbuka penentuan kelulusan

Semoga dengan informasi terkait dengan Syarat Pendaftaran Tamtama Polri dapat dijadikan refrensi bagi adik-adik yang akan mengikuti penerimaan polri di tahun ini. Semoga anda sukses diterima dengan baik di lingkungan kepolisian dan perlu diingat bahwa penerimaan tamtama polri ini tidak dipungut biaya alias gratis

Other articles you might like;

Iam a master of education from one of the state universities in Yogyakarta, has a writers and travelling hobby in wordpress or blogger platform, I Have stayed at Raja Ampat and Yogyakarta City, You can Connect Me in Bingkai Berita| Belajar Internet|Travel and Kuliner |Seputar Wisata

Syarat Pendaftaran Tamtama Polri TA 2021-2022 | Topik Nugroho, M.Pd. | 4.5